Setiap karyawan tentu ingin mendapatkan penilaian kinerja yang baik. Benar, kan? Namun sayangnya masih ada kemungkinanmu memperoleh nilai yang buruk ketika performance appraisal, lho. Tapi tenang, penilaian kinerja yang kurang baik bukan akhir dari segalanya, kok!

Hal yang paling penting untuk dilakukan, yakni bagaimana caramu merespons hasil yang kurang memuaskan tersebut – setelah itu, kamu juga perlu mengidentifikasi kembali kekuranganmu. Jadi, kamu tak perlu langsung panik.

Nah, jika kamu mendapat penilaian kinerja yang kurang memuaskan, 5 langkah berikut ini juga bisa membantumu menghadapi situasi tersebut, lho. Apa saja? Yuk, simak ulasannya sampai habis, ya!

 

 

#1 – Beri Waktu Untuk Diri Sendiri

Credit Image - klikdokter.com

Hal pertama yang bisa kamu lakukan setelah mendapat penilaian kinerja yang buruk adalah dengan mengambil waktu untuk diri sendiri. Jangan memaksakan diri untuk langsung bekerja. Ambil cuti atau beristirahat sejenak untuk memproses hasil penilaian tersebut.

Lakukan juga hobi atau hal-hal yang kamu suka. Hal ini dapat membantumu untuk meredam emosi dan mendinginkan kepala. Tidak apa jika kamu merasa sedih, karena itu adalah hal yang wajar. Toh, kamu sudah memberikan yang terbaik.

Justru dengan tidak menekan perasaan sedih, maka hal ini bisa menjadi penyemangat untuk bangkit dan menjadi lebih baik lagi, lho!

 

#2 – Lihat Lagi Hasil Penilaian Kinerja

Kamu sudah tenang? Kalau begitu, cobalah untuk melihat kembali dan merenungkan hasil dari penilaian kinerja yang kamu peroleh. Memang sih hasilnya kurang memuaskan, tapi melakukan evaluasi terhadap penilaian kinerja dapat memberikanmu perspektif baru.

Dengan melakukan ini, kamu bisa melihat feedback secara objektif. Setelah itu, kamu pun jadi tahu apa yang harus diperbaiki. Meskipun menyakitkan, tapi ini juga menjadi sarana untukmu belajar dan berkembang jadi lebih baik lagi.

 

#3 – Buatlah Tujuan Baru

Credit Image - cfmanitoba.ca

Setelah mengetahui apa yang harus diperbaiki dari kinerjamu, saatnya membuat tujuan baru berdasarkan hal tersebut.Dalam tujuan ini, tambahkan tantangan untuk dirimu sendiri, tapi tetap realistis, ya!

Tidak apa-apa jika berbagai tujuan terlihat kecil, tapi yang penting adalah setiap goals tersebut tercapai dan kamu berkembang di waktu bersamaan, sehingga kamu pun bisa melihat progres diri dalam mencapai tujuan tersebut.

 

#4 – Susun Rencana Pengembangan Diri

Ada baiknya juga membuat rencana pengembangan diri setelah mengetahui apa saja kekuranganmu dari hasil penilaian kinerja. Dengan mengembangkan diri, kamu dapat lebih mudah mencapai tujuan yang telah dibuat.

Untuk melakukannya, kamu bisa mempertimbangkan untuk ikut kursus atau workshop hingga membaca buku. Jika perlu, kamu juga bisa mencari seorang mentor. Menerapkan tips ini dapat membantumu untuk memperbaiki kelemahan yang dimiliki dan mengasah atau menambah skills.

 

#5 – Minta Feedback

Credit Image - idntimes.com

Menghadapi penilaian kinerja yang buruk juga bisa dilakukan dengan meminta feedback ke atasan maupun rekan kerja. Ketika meminta feedback, jangan lupa untuk menjelaskan tujuan dan rencana pengembangan dirimu ke mereka.

Dengan melakukan hal ini, atasan atau rekan kerja bisa memberikan input untuk rencana yang telah kamu buat. Mungkin saja mereka punya masukan dan bisa memberikan sejumlah tujuan atau rencana yang lebih menguntungkan untukmu.

 

#6 – Pastikan Energi Tubuh Tetap Terjaga!

Kamu pasti tahu bahwa menjaga stamina tubuh, lho.

Kalau stamina tubuh sudah terjaga dengan baik, maka tingkat produktivitas pun bisa jalan terus, sehingga pekerjaan bisa dilakukan secara maksimal – dan penilaian kinerja yang kurang memuaskan dapat diperbaiki. Setuju, kan?

Untuk itu, sangat direkomendasikan rutin mengonsumsi Enervon Active – multivitamin tepat untuk menemani berbagai rutinitas harian, dan pastinya nyaman di lambung!

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari, lho.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan pastinya produktivitas tidak akan terganggu, ya.

 

Apakah kamu baru saja mendapat penilaian kinerja yang kurang memuaskan? Tak perlu berkecil hati, kamu dapat segera melakukan sejumlah langkah di atas, sehingga kamu dapat memperbaiki performa dan mendapat review yang baik di kemudian hari!

 

 

Featured Image – klikdokter.com