Bagi sebagian orang, bangun pagi mungkin terasa berat, apalagi jika dilakukan di akhir pekan. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti tidur terlalu malam – atau justru sudah terlalu malas untuk bangun di pagi hari.

Tapi, tahukah kamu bahwa bangun pagi, setidaknya 30 menit lebih awal dari jadwalmu ternyata punya banyak manfaat baik, lho. Seperti kamu dapat melakukan hal baru yang mungkin tidak sempat dilakukan karena kesibukan di pagi hari.

Lantas, apa saja sih hal-hal yang dapat dilakukan jika kamu rajin bangun pagi? Yuk, simak informasinya berikut ini!

 

 

Melakukan Kegiatan Bermanfaat

Credit Image - reviewed.com

Hal-hal kecil tapi bermanfaat bisa kita lakukan di awal hari. Seperti membereskan tempat tidur, mengecek kelengkapan tugas di kantor, atau sekedar menyimpan benda-benda yang sulit dicari pada tempatnya.

Sesuatu seperti ini memang tidak berdampak banyak bagi kamu. Tapi, setidaknya hal ini bisa memberikan kesan keteraturan dalam hidup. Menyelesaikan hal-hal kecil juga membebaskan kamu dari masalah tidak penting yang berpotensi mengganggu fokus dalam suatu pekerjaan.

 

Menyelesaikan Tugas Berat di Awal Hari

Mengerjakan tugas berat di pagi hari saat beban mental belum menumpuk dan membuat lelah adalah ide yang bagus. Kamu bisa menyelesaikan tulisan yang kamu buat sebelumnya, mengecek e-mail – atau jika ingin lebih sering menulis, pagi hari merupakan teman terbaikmu.

Mengetahui bahwa tugas berat pada hari tersebut sudah selesai, mental pun akan lebih santai menyelesaikan masalah-masalah yang tersisa. Tapi, perlu diperhatikan juga bahwa pagi adalah waktu yang sempit. Jadi, tidak semua tugas penting yang ingin dikerjakan bisa selesai. Nah, di sinilah kepandaianmu dalam mengatur prioritas diuji. 

 

Menulis Jurnal

Credit Image - liputan6.com

Jurnal bisa membuatmu mengambil pelajaran dari hal-hal lalu yang sebelumnya tidak terpikirkan. Selain itu, jurnal juga bisa menjadi pengingat serta kompas kamu untuk menjalani hidup dan mencapai tujuan. Jadi, kenapa tidak untuk menuliskannya di awal hari?

Mulailah tulis motivasi untuk menjalani hari secara maksimal. Atau kamu bisa tulis poin-poin kecil yang ingin kau capai setiap hari. Tidak harus tujuan yang besar, sesuatu seperti membaca satu halaman buku setiap hari atau mengucap salam pada beberapa orang baru per hari bisa menjadi target yang sangat penting, lho.

Tidak perlu terpaku pada bagaimana cara menulis jurnal yang benar, kok. Jurnal pribadi harus bersifat sesuai dengan kebutuhan orang yang menulisnya. Jadi, bebaslah untuk menulis apapun yang ingin kamu tulis asal itu bisa memotivasimu setiap harinya.

 

Melakukan Sosialisasi

Bersosialisasi kadang menjadi hal yang sulit dilakukan saat kesibukan melanda. Banyak orang yang melewatkan waktu berharga mereka untuk berkumpul bersama teman dan keluarga demi pekerjaan yang sangat menyita waktu dan tenaga. Secara tidak sadar, kamu pun menjadi sendirian di tengah sibuknya dunia.

Kamu harus meluangkan waktu sejenak menempatkan tugas di laci kerja dan benar-benar bersosialisasi dengan keluarga, teman, bahkan orang yang belum kita kenal. Satu atau dua percakapan saat berpapasan dengan keluarga di pagi hari adalah awal yang bagus. Kamu bisa bertanya apa yang akan mereka lakukan pada hari tersebut. 

 

Menyusun Jadwal Harian

Credit Image - ekrut.com

Coba ingat kembali, berapa banyak waktu yang dibuang untuk kamu memilih tugas apa yang akan dikerjakan? Atau, antara memilih menonton film atau mengabiskan waktu sendirian di rumah, seberapa lama kamu memutuskan hal itu?

Sesuatu semacam ini sangat tidak penting sekaligus menyita perhatianmu. Maka dari itu, tentukanlah hal-hal yang ingin kamu lakukan hari begitu mata kamu terjaga dari tidur. Jika perlu, buatlah janji yang mengikat, seperti mematikan ponsel saat sendirian di rumah. Hal ini bertujuan agar jadwal berhargamu lebih pasti dan tidak lekas bergeser ke hal-hal lain.

Melakukan sejumlah aktivitas di atas memang bisa membuatmu semakin produktif di akhir pekan. Setuju, kan? Nah, biar produktivitas makin lancar, pastikan kamu sudah memiliki energi – dan stamina tubuh yang cukup.

Energi yang baik bisa kamu peroleh dengan mengonsumsi makanan kaya akan sumber vitamin dan mineral, lho. Selain itu, direkomendasikan juga buat minum multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C dan Enervon Active setiap harinya.

Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Kandungan vitamin C di dalam Enervon-C dan Enervon Active dapat membantu menjaga kesehatan jantung, sekaligus mendukung fungsi organ tubuh lainnya, ya. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama.

 

Jadi, itulah deretan hal-hal sederhana yang bisa kamu lakukan ketika rajin bangun pagi, termasuk di akhir pekan. Meski terlihat sepele, namun sejumlah hal di atas punya dampak yang besar bagi harimu, lho!

 

 

Featured Image – detik.com