Tahukah kamu bahwa yoga menjadi salah satu olahraga yang dapat meningkatkan imunitas tubuh sekaligus melancarkan saluran pernapasan? Ya, untuk itu, tak heran kalau banyak yang merekomendasikan melakukan olahraga yang satu ini.

Selama pandemi, menjaga kesehatan pernapasan tentu menjadi hal yang penting, kan? Mengingat, virus tersebut gampang menyerang sistem pernapasan bagian atas, sehingga menguatkan otot pada paru-paru agar risiko infeksi dapat dikurangi pun mesti dilakukan.

Nah, menjaga kesehatan pernapasan sekaligus menguatkan imunitas dapat dilakukan dengan melakukan beberapa gerakan yoga, lho. Apa saja gerakan yang direkomendasikan? Yuk, simak informasinya di bawah ini!

 

 

Shishuasana – Child Pose

Credit Image - sehatq.com

Pose ini bisa membuat pikiran dan tubuhmu terasa lebih rileks. Cara melakukan child pose terbilang mudah, lho. Kamu bisa mengawalinya dengan duduk di tumit. Pertahankan pinggul pada tumit, tekuk ke depan, lalu turunkan dahi ke lantai secara perlahan. 

Jaga supaya lengan tetap di samping tubuh. Kamu bisa menghadapkan telapak tangan ke atas atau bawah sesuai tingkat kenyamanan. Tekan dada ke paha secara lembut. Rasakan sensasi tulang belakang jadi lebih rileks. Lakukan gerakan ini sampai kamu benar-benar terasa nyaman.

 

Anjaneyasana – Crescent Lunge Pose

Pose ini akan memperkuat otot-otot dada, bahu, dan tubuh bagian atas. Selain itu, crescent lunge juga bisa membantu keseimbangan serta stabilitas tubuh, lho. Posisikan tubuh seperti segitiga dimana kaki kanan di belakang dan kiri di depan. Tarik napas dalam-dalam, angkat kaki kanan yang ada di belakang ke depan sambil membuang napas.

Jaga keseimbangan tubuh dengan menurunkan paha kanan ke bawah sejajar dengan  pergelangan kaki kanan. Kemudian, tarik perut bagian bawah ketika mengeluarkan napas dan angkat lengan ke atas hingga kedua telapak tangan bertemu.

Dorong lutut kaki kiri ke depan sehingga tulang ekor seakan-akan ke belakang. Biarkan telapak kaki kiri sedikit terangkat. Buka dada lebar-lebar, tarik rusuk ke depan. Tahan pose ini sekitar lima napas. Kemudian, turunkan kedua tangan perlahan dan kembali ke posisi semula. Lakukan pose ini dengan kaki yang berbeda, ya. 

 

Setu Bandhasana – Bridge Pose

Credit Image - dewimagazine.com

Setu Bandhasana membuat pergerakan jantung lebih terbuka sehingga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan imunitas tubuh. Untuk memulainya kamu perlu menelentangkan tubuh. Untuk melakukannya, lipat tubuh sambil menjaga jarak pinggul di lantai sekitar 25-30 cm dari panggil dimana lutut dan kaki dalam keadaan lurus. Jaga lengan tetap di samping tubuh dengan telapak tangan menghadap bawah.

Tarik napas santai, perlahan angkat punggung bawah-tengah-atas dari lantai. Buat bahu terasa nyaman. Dekatkan dada ke arah dagu. Pusatkan beban tubuh ke bahu, lengan, serta kaki. Rasakan bagian bawah terasa kencang. Biarkan kedua paha sejajar dengan lantai, ya.

Tahan pose ini selama kurang lebih 1-2 menit. Buang napas perlahan sambil mengembalikan posisi tubuh seperti semula. 

 

Bhujangsana – Cobra Pose

Cobalah tengkurap dengan jari kaki dan dahi menempel di lantai. Jaga supaya kaki dalam keadaan rapat dengan kaki serta tumit saling bersentuhan.

Letakkan tangan di bawah bahu dengan kedua siku sejajar dan dekat dengan tubuh. Ambil napas dalam-dalam. Secara perlahan angkat kepala, dada, serta perut dengan tetap menjaga pusat menempel lantai. Lakukan sampai kamu merasa tidak nyaman.

Tetaplah bernapas dengan penuh kesadaran sambil melengkungkan ruas tulang belakang ambil napas perlahan. Luruskan juga lengan dengan melengkungkan punggung sejauh yang kamu bisa. Usahakan mata melihat atas sambil lengkungkan kepala ke belakang. Setelah cukup, buang napas, bawa kepala, perut, dan dada kembali ke lantai. 

 

Matsyasana – Fish Pose

Credit Image - theyogacollective.com

Untuk melakukannya, kamu perlu berbaring telentang. Biarkan kedua kaki menyatu dengan tangan rileks di samping tubuh. Kemudian, letakkan tangan di bawah pinggul. Biarkan telapak tangan menghadap bawah, tapi jika tak nyaman, telapak boleh menghadap atas – dan  usahakan antar siku saling mendekat.

Tarik napas dalam-dalam. Angkatlah kepala serta dada ke atas. Jaga supaya dada tetap tinggi. Perlahan-lahan, turunkan kepala ke belakang hingga bagian atas kepala menyentuh lantai. Tekan siku kuat ke tanah dengan menaruh beban di siku, bukan di kepala.

Angkat dada di antara tulang belikat sambil menekan paha serta kaki ke lantai. Biarkan bertahan dengan pose ini senyaman kamu. Ambil napas panjang yang lembut, lalu buat tubuh jadi lebih santai. Secara perlahan, angkat kepala ke atas, turunkan dada dan kepala ke lantai, bawa tangah ke belakang di sisi tubuh. Atur napas dengan tenang.

 

Selain Yoga, Jaga Kesehatan dengan Cara Ini!

Nah, selain rutin melakukan yoga untuk meningkatkan imunitas sekaligus menjaga kesehatan pernapasan, kamu juga perlu menerapkan gaya hidup sehat lainnya, lho, seperti mengonsumsi makanan bergizi dan bernutrisi, mendapat waktu istirahat yang cukup, dan hindari stres.

Lalu, optimalkan gaya hidup sehatmu dengan rutin mengonsumsi multivitamin dengan dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C dan Enervon Active, ya!

Multivitamin Enervon-C memiliki kandungan lengkap, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat ini dapat membantumu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Nah, kamu bisa minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent — dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra dan sensasi rasa segar sepanjang hari.

Namun, jika kamu memiliki masalah lambung yang cukup sensitif, maka direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Selain dapat menjaga kekebalan tubuh, kedua multivitamin dari Enervon ini dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi energi yang lebih tahan lama. Nah, ini berkat manfaat vitamin B kompleks di dalam multivitamin Enervon!

 

Jadi, itulah deretan gerakan yoga yang baik untuk menjaga imunitas dan melancarkan pernapasan. Tertarik mencobanya?

 

 

Featured Image – prevention.com

Source – idntimes.com