Di masa pandemi Covid-19, memenuhi kebutuhan vitamin menjadi suatu hal krusial yang tidak boleh dilewatkan. Seperti diketahui, vitamin termasuk nutrisi esensial yang berperan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Jika imunitas sudah kuat, maka risiko terkena penyakit pun bisa diminimalisir, lho.

Namun, apa saja vitamin untuk daya tahan tubuh yang dapat dikonsumsi? Tentunya, ada vitamin C yang memang dikenal dapat meningkatkan kekebalan. Selain itu, masih ada beragam jenis vitamin untuk daya tahan tubuh lainnya – yang harus dipenuhi asupannya setiap hari.

Ingat, tubuh tidak dapat menghasilan vitamin dengan sendirinya, lho. Jadi, kamu perlu mendapatkan asupan vitamin dari makanan maupun suplemen.

Tak perlu berlama-lama, yuk, simak informasi mengenai vitamin untuk daya tahan tubuh di bawah ini!

 

 

Vitamin C

Credit Image - thespruceeats.com

Nutrisi yang satu ini memang dikenal sebagai salah satu vitamin untuk daya tahan tubuh. Kamu pasti sudah tahu akan hal tersebut, ya? Umumnya, vitamin C dapat membantu melawan pilek, bahkan mempercepat proses pemulihannya, atau meredakan gejala – kalau kamu meminumnya sebelum jatuh sakit.

Sebagai antioksidan, vitamin C akan membantu mengurangi peradangan, dan tentunya meningkatkan daya tahan tubuh, lho. Asupan vitamin ini sangat baik, apalagi tubuh tidak bisa memproduksi vitamin C – atau menyimpannya dalam waktu lama.

Vitamin C bisa diperoleh dari beragam sumber makanan, seperti jeruk, stroberi, paprika, bayam, kangkung, dan brokoli. Selain itu, seperti yang sudah disebutkan, kamu juga direkomendasikan mengonsumsi suplemen vitamin untuk daya tahan tubuh, ya!

 

Vitamin B1 – Thiamin

Selanjutnya, ada vitamin B1 yang juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Nah, selain itu, vitamin untuk daya tahan tubuh ini juga dapat menjaga fungsi jantung dan otak dalam kondisi sehat, lho.

Dan, vitamin B1 juga bisa membantu proses pembentukan energi. Perlu diketahui, makanan yang kamu konsumsi akan dicerna dalam lambung menjadi bentuk yang paling kecil. Setelah itu, barulah usus halus bisa menyerap karbohidrat, lemak, dan protein. Vitamin B1 kemudian membantu mengubah semua zat gizi tersebut menjadi ATP – atau adenosine trifosfat.

ATP adalah molekul yang membawa energi ke dalam sel sehingga sel dapat menjalankan fungsinya. Ketika kehabisan ATP, tubuh akan lemas dan tidak berenergi. Ini berarti tubuhmu perlu makanan untuk membuat ATP yang baru.

 

Vitamin B6 – Pyridoxine

Credit Image - borneo24.com

Vitamin B6 akan membantu tubuh dalam memproduksi antibodi dan juga sel darah putih untuk meningkatkan imun tubuh. Selain itu, vitamin B6 juga meningkatkan produksi sel darah merah dan daya ikat hemoglobin pada oksigen dalam darah. Mengingat Covid-19 dapat memengaruhi saturasi oksigen dalam darah, jadi mendapat asupan vitamin untuk daya tahan tubuh yang satu ini tak boleh dilewatkan, ya!

Vitamin B6 memang penting untuk menjaga sistem kekebalanmu dalam kondisi prima. Pastikan untuk mendapatkan cukup vitamin B sebagai suplemen, sebagai bagian dari makanan harian. Vitamin B6 dapat dengan mudah didapat dari asupan harian dari sumber serealia atau dalam multivitamin.

 

Vitamin B9 – Asam Folat

Tidak hanya untuk meningkatkan metabolisme DNA, tetapi vitamin B9 juga diperlukan dalam proses peningkatan imunitas tubuh, lho. Memenuhi kebutuhan vitamin B9 setiap harinya membantu dalam menjaga sistem pertahanan tubuh dan juga meningkatkan simpanan energi.

Selain itu, vitamin B9 juga dapat menjaga kesehatan jantung – nah, organ yang satu ini juga dapat dipengaruhi oleh paparan virus corona. Faktanya, asam folat terbukti dapat menurunkan kadar homosistein. Peningkatan homosistein sering dihubungkan dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular.

 

Vitamin B12 – Kobalamin

Credit Image - draxe.com

Vitamin untuk daya tahan tubuh ini bermanfaat dalam pembentukan protein, sel darah, hingga jaringan dalam tubuh yang dapat memengaruhi kondisi imun tubuh. Untuk itu, penting sekali memenuhi kebutuhan vitamin B12 yang diperlukan setiap harinya.

Vitamin B12 juga dapat membentuk energi untuk tubuh, lho. Meski tidak memberikan energi secara langsung, namun vitamin ini sangat dibutuhkan dalam proses pembentukan energi dari karbohidrat. Bahkan, salah satu ciri utama kekurangan kobalamin yaitu tubuh letih dan tidak bertenaga.

Sebagai vitamin B kompleks, kobalamin memegang peran penting dalam pembentukan energi dan pemeliharaan sel saraf. Selain manfaat yang sudah dikenal, zat gizi mikro ini juga diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang, rambut, hingga janin.

 

Bagaimana Cara Penuhi Kebutuhan Vitamin Tersebut?

Mengonsumsi sejumlah vitamin untuk daya tahan tubuh memang penting dilakukan, kan? Mengingat peran vitalnya, terutama selama pandemi. Selain dari sumber makanan, deretan vitamin yang bagus untuk daya tahan tubuh di atas bisa diperoleh dari rutin mengonsumsi suplemen multivitamin, lho.

Kamu dianjurkan untuk rutin minum Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Multivitamin Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk memberikan perlindungan ekstra – terutama buatmu yang harus bekerja di luar rumah.

Bagimu yang punya masalah lambung sensitif, direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tak mudah lelah – dan pastinya menjaga imunitas tubuh tetap optimal.

Tak hanya membantu menjaga kekebalan saja, namun kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir tubuh mudah lelah, ya!

 

Gimana? Sekarang kamu sudah tahu ya deretan vitamin untuk daya tahan tubuh yang penting dikonsumsi selama pandemi. Jadi, pastikan kamu memenuhi kebutuhannya setiap harinya, ya!

 

 

Featured Image – huffpost.com