Meningkatnya kasus infeksi varian Omicron berimbas pada kegiatan sekolah anak. Jika sebelumnya sudah melakukan sekolah tatap muka – kini, sebagian anak pun harus kembali melakukan pembelajaran jarak jauh. Mengingat, sekolah bisa saja menjadi tempat penyebaran virus, terlebih anak-anak yang masih susah patuh akan penerapan protokol kesehatan.

Meski lebih aman belajar di rumah, tapi pembelajaran jarak jauh lebih mudah membuat Si Kecil jenuh, lho, moms. Tentu saja, orangtua pun harus mencari cara agar kegiatan belajar menjadi lebih menyenangkan.

Nah, biar moms tak lagi kebingungan, berikut ini 5 tips membuat kegiatan pembelajaran jarak jauh menjadi lebih menyenangkan. Pastikan kamu menyimak informasinya sampai habis, ya!

 

 

#1 – Patuhi Jadwal

Credit Image - stie-tamansiswajakarta.ac.id

Meskipun anak melakukan pembelajaran jarak jauh, tapi moms tetap harus melakukan kebiasaan yang selalu diterapkan saat bersekolah. Misalnya, anak harus bangun jam 6 pagi, mandi, sarapan, dan bersiap-siap untuk ke sekolah.

Setelah anak menyelesaikan sarapannya, moms bisa meminta anak untuk mulai belajar sampai waktu istirahat tiba. Sebaiknya ikuti jadwal pelajaran seperti di sekolah, misalnya jika hari Senin pukul 8 anak biasanya belajar tentang kesenian di sekolah, maka lakukan hal yang sama di rumah. Ini membuat anak tetap disiplin meskipun ada di rumah.

Ketika tiba waktunya untuk beristirahat, biarkan anak menghentikan kegiatan belajarnya. Ini penting untuk merelaksasi pikiran dan membuat anak kembali fokus. Demikian juga bila sudah waktunya untuk selesai belajar, hentikan kegiatan belajar.

 

#2 – Periksa Tugas Sekolah

Selanjutnya, biar tidak keteteran, selama pembelajaran jarak jauh moms juga mesti rutin memeriksa tugas sekolah anak, lho. Ingatkan padanya, meski berada di rumah bukan berarti Si Kecil boleh bersantai dan bermain sepanjang hari. Anak juga memiliki tanggung jawab yang harus diselesaikan, yaitu tugas sekolah.

Untuk ini, jangan lupa untuk memastikan dengan anak tugas apa saja yang diberikan oleh guru-guru di sekolah. Bersama dengan anak, buat jadwal untuk menyelesaikan tugas sekolah tersebut. Pastikan anak untuk menyelesaikan semua tugas yang diberikan dengan tepat waktu, ya, moms!

 

#3 – Dampingi Anak Ketika Belajar

Credit Image - id.theasianparent.com

Ada sekolah yang menerapkan belajar online atau melakukan video conference dengan guru. Tapi bagi anak yang tidak mendapatkan hal ini, tentu perlu ada pendampingan dalam belajar, lho.

Misalnya, moms dapat berlaku sebagai guru dengan mengajari anak agar ia mengerti tentang materi yang sedang dipelajari. Jika kamu sibuk atau bekerja, coba minta pengasuh atau guru les untuk datang ke rumah dan menggantikanmu. Dengan ini, anak tidak akan ketinggalan pelajaran meski moms memiliki kesibukan lain.

Selain itu, jika kamu mengalami kesulitan, jangan sungkan untuk menghubungi guru di sekolah, ya. Dengan cara ini, kamu bisa berkonsultasi dengan guru mengenai solusinya, sekaligus update informasi mengenai pelajaran dan tugas yang harus diselesaikan.

 

#4 – Ciptakan Suasana Belajar yang Kondusif

Hal yang tak kalah pentingnya selama anak melakukan pembelajaran jarak jauh, yakni memiliki suasana belajar yang kondusif.

Untuk itu, tentukan tempat belajar khusus di rumah dan pastikan agar anak selalu belajar di tempat tersebut. Mungkin ada kalanya anak merasa bosan dan ingin belajar di luar meja belajarnya, di sofa, atau di kamar. Jangan dibiarkan ya, moms! Sebab konsentrasi anak dapat terganggu dan cenderung tergoda untuk bermalas-malasan.

Dengan membiasakan anak belajar di meja belajar, anak dapat selalu fokus pada pelajarannya. Kemudian, pilih ruangan yang tenang untuk menghindari potensi gangguan agar anak dapat tetap fokus. Selain itu, suasana tenang juga sangat penting untuk kelancaran pembelajaran jarak jauh.

 

#5 – Dukung Proses Belajar Anak, Berikan Ia Asupan Multivitamin

Credit Image - alodokter.com

Nah, biar proses pembelajaran jarak jauh makin maksimal, penting untuk moms juga memastikan bahwa si kecil telah mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuhnya. Hal ini bisa dilakukan dengan memberi si kecil buah, sayuran, serta vitamin yang cukup.

Sebagai pelengkap dan juga memastikan agar anak mendapatkan nutrisi yang cukup, moms bisa memberikannya multivitamin dengan kandungan lengkap – seperti Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Kandungan vitamin yang terkandung dalam Enervon-C Plus Sirup berperan penting untuk mendukung perkembangan kecerdasan anak – yang juga dapat membantu mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil, sehingga dapat membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya dan meningkatkan nafsu makannya.

Dengan asupan vitamin yang tepat, maka Si Kecil pun bisa memiliki energi yang cukup untuk mendukung proses pembelajaran jarak jauh, moms.

 

Wah, gimana? Sejumlah tips untuk mendukung pembelajaran jarak jauh Si Kecil tak sulit untuk diterapkan, ya, moms? Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – klikdokter.com