Dalam urusan finansial, setiap orang pasti memiliki goals yang berbeda-beda. Misalnya, ada yang ingin berada di titik stabil dalam kebutuhan ekonomi sehari-hari – yang tentunya membutuhkan berbagai upaya, termasuk mempertimbangkan passive income sebagai sumber penghasilan tambahan.

Sejatinya, passive income merupakan pendapatan yang dapat diperoleh tanpa harus melakukan jobdesk tertentu. Mudahnya, kamu bisa menghasilkan uang meskipun tidak ada kegiatan rutin harian. Sangat menarik, kan?

Tak perlu repot untuk mendapat passive income. Di tengah perkembangan teknologi yang makin canggih, mencari bisnis passive income adalah hal yang mudah. Karena, mayoritas kegiatan penghasil pendapatkan hanya memerlukan gadget saja.

Nah, untuk kamu yang ingin memiliki sumber pendapatan tersebut, berikut ini 6 tips yang dapat kamu lakukan. Simak ulasannya secara seksama, ya!

 

 

#1 – Lakukan Investasi Properti

Credit Image - thinktax.id

Investasi adalah langkah yang paling umum dipilih masyarakat Indonesia untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Seperti yang kamutahu banyak sekali jenis investasi yang bisa jadi alternatif seperti reksadana, emas, saham, hingga properti. Investasi properti menawarkan nilai keuntungan pendapatan pasif yang cukup tinggi, namun di satu sisi juga membutuhkan modal yang cukup banyak.

Caranya dapat kamu lakukan dengan cara menyewa atau mengelola transaksi properti jenis apapun. Langkah ini bisa tergolong ke dalam bisnis passive income yang aman dilakukan dalam jangka waktu yang lama, karena permintaan pasar pada kebutuhan rumah akan selalu meningkat.

 

#2 – Investasi Saham pun Direkomendasikan

Kamu pasti sudah tahu kalau beberapa perusahaan besar menjual saham mereka kepada masyarakat luas melalui pasar modal. Cara ini bisa dipilih untuk memperoleh pendapatan pasif dengan sistem keuntungan capital gain atau nilai tukar saham.

Namun, sebelum menjalani sumber passive income yang satu ini, pastikan kamu sudah memilih jenis saham yang tepat ya. Pasalnya, langkah ini tergolong riskan bagimu yang masih asing dengan cara bermain jual beli saham. Karena itu, coba pelajari dan cari wawasan lebih lanjut tentang saham terlebih dahulu sebelum berinvestasi saham.

 

#3 – Menjalani Afiliasi Marketing

Credit Image - buildingjerusalem.blog

Apakah kamu punya blog? Nah, platform tersebut juga dapat menjadi ladang passive income, lho. Jika blog sudah memiliki banyak pengunjung, kamu bisa mulai menghasilkan uang dari blog kamu dengan menghasilkan komisi sebagai afiliasi.

Di sinilah kamu mengiklankan produk atau layanan orang lain di situs kamu. Pastikan produk atau layanan ini relevan dengan blog tersebut. Misalnya, blog akuntansi bisa menjadi afiliasi untuk perangkat lunak akuntansi atau faktur. Setelah menemukan mitra afiliasi kamu akan diberi kode unik sehingga setiap kali pengunjung mengklik link di situs, maka kamu akan mendapatkan komisi.

Hal kedua adalah dengan menemukan sponsor. Ini sedikit berbeda dengan hanya menjual iklan di situs kamu. Sponsor dapat berupa konten disponsori satu kali atau logo permanen yang disematkan di footer. Pemberi sponsor tentunya harus membayar kepada kamu jika ingin logonya ditampilkan di situs yang kamu miliki.

 

#4 – Menjual Aset Gambar

Selanjutnya, cara mendapatkan passive income yang satu ini cocok bagi kamu yang gemar fotografi. Sejumlah situs photo stock di internet menyediakan fitur bagi kamu untuk berpartisipasi sebagai kontributor.

Namun pasti ada syarat dan ketentuan tertentu sebagai kriteria foto yang akan dijual. Foto tersebut bisa dikatakan terjual jika ada creator lain yang mengunduh karyamu. Dari pekerjaan ini, jumlah pendapatan pasif yang bisa kamu dapatkan tergantung dari kebijakan masing-masing situs.

 

#5 – Membuat Video di YouTube

Credit Image - quasa.io

Cara menghasilkan passive income selanjutnya adalah dengan membuat konten video di YouTube. Kamu bisa memulai membuat konten dari bidang yang kamu suka, misalnya tutorial tentang makeup, vlog saat traveling, review film bahkan menunjukan kebolehan dalam bermusik atau beropini.

Pastikan kamu membuat hal yang kamu sukai supaya bisa terus konsisten ke depannya. Nantinya, jika kamu sudah konsisten dan mendapatkan banyak viewers bahkan subscribers, kamu bisa menyertakan Google AdSense di dalam video.

Video kamu akan ditambahkan iklan secara otomatis, lalu saat penonton mengkliknya, maka kamu akan mendapatkan uang dari AdSense. Kuncinya untuk bisa sampai ke tahap itu adalah membuat konten video yang tidak hanya menarik, tapi juga relateable dan informatif.

Selain itu, gunakan media sosial lain untuk mempromosikan video kamu supaya semakin banyak orang yang melihatnya. Memang, sebelumnya kamu harus melakukannya dengan ekstra keras, tapi kedepannya kamu bisa mulai menghasilkan passive income.

 

#6 – Jangan Lupa, Tetap Jaga Stamina Tubuhmu!

Untukmu yang menjalani pekerjaan tambahan guna mendapat passive income, tentu saja membutuhkan energi yang cukup sehingga kegiatan tersebut dapat dilakukan secara maksimal. Setuju, kan? Maka dari itu, kamu direkomendasikan rutin mendapat asupan vitamin B kompleks – yang berfungsi membentuk energi.

Kebutuhan vitamin B kompleks bisa kamu peroleh dengan mudah, yakni rutin mengonsumsi multivitamin Enervon Active yang mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuh.

Kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan pastinya produktivitas tidak akan terganggu, ya.

 

Gimana, nih? Apakah kamu mulai tertarik untuk mendapati passive income? Kalau begitu, sejumlah cara di atas patut untuk diterapkan. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – blibli.com