Tahukah kamu ada beragam cara untuk menjaga kesehatan jantung, bahkan semudah rutin mengonsumsi air hangat? Seperti diketahui, jantung merupakan organ vital yang berperan penting untuk kehidupan manusia.

Jantung pun punya beragam tugas penting, termasuk memompa darah ke seluruh tubuh sehingga setiap jaringan dapat memperoleh oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan. Dengan demikian, tubuh dapat menjalankan fungsinya secara optimal.

Berkaitan dengan minum air hangat yang dapat menjaga kesehatan jantung, sebenarnya apa sih kaitan di antara keduanya? Yuk, cari tahu jawaban selengkapnya di bawah ini!

 

 

Air Hangat dapat Membantu Mencapai Berat Badan Sehat

Credit Image - jovee.id

Kalau kamu sedang mencoba meningkatkan metabolisme.

Peningkatan metabolisme ini memberi tubuh kemampuan untuk membakar lebih banyak kalori sepanjang hari. Memiliki berat badan yang sehat terbukti dapat meminimalkan risiko terkena berbagai penyakit kronis, salah satunya penyakit jantung.

Jika kamu memulai hari dengan minum segelas air hangat dengan lemon, ini bahkan dapat membantu memecah jaringan adiposa atau lemak dalam tubuh. Air hangat dan lemon juga dapat mengendalikan keinginan makan karena lemon mengandung serat pektin.

 

Membuat Tidur Lebih Pulas

Minum air hangat pada malam hari, utamanya setelah makan malam dan sebelum tidur, akan membantu tubuh lebih rileks dan menenangkan saraf. Pada gilirannya, ini dapat membantu menginduksi tidur. Ini juga akan membantu kamu bangun dengan perasaan lebih segar.

Dilansir Cleveland Clinic, tidur selama 7-8 jam setiap malamnya adalah salah satu kunci untuk menjaga kesehatan jantung. Sebenarnya, bagaimana tidur memengaruhi arteri koroner masih dipelajari, tetapi kurang tidur terbukti merupakan faktor risiko penyakit jantung.

 

Melancarkan Peredaran Darah

Credit Image - health.detik.com

Aliran darah yang sehat memengaruhi banyak hal, mulai dari tekanan darah hingga risiko penyakit kardiovaskular. Mandi air hangat membantu organ peredaran darah, seperti arteri dan vena, berkembang dan membawa darah lebih efektif ke seluruh tubuh.

Mengutip Healthline, minum air hangat mungkin memiliki efek yang sama. Sebagai bonus, kehangatan dari minum air hangat dapat membantu tubuh jadi lebih rileks dan mampu beristirahat dengan baik, yang juga memengaruhi tekanan darah.

 

Mengurangi Stres

Minum air hangat dapat membantu meningkatkan fungsi sistem saraf pusat, sehingga mungkin dapat mengurangi kecemasan. Menurut sebuah studi yang dimuat dalam jurnal PLoS One tahun 2014, minum lebih sedikit air mengakibatkan berkurangnya perasaan tenang, puas, dan emosi positif. Oleh sebab itu, menjaga hidrasi dapat mencegah stres dan meningkatkan relaksasi.

Stres yang berkelanjutan bukan hanya berdampak buruk bagi emosi dan psikologis, tetapi juga dapat menghasilkan gejala fisik. Itu mungkin termasuk sakit kepala, sakit perut, otot tegang dan sakit, insomnia, dan energi rendah.

Lebih lanjut, stres juga dikaitkan sebagai salah satu penyebab penyakit jantung. Stres meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, yang dapat menimbulkan risiko serangan jantung dan stroke. Stres juga dapat berkontribusi pada risiko penyakit kardiovaskular karena berhubungan dengan kebiasaan buruk, seperti merokok, makan berlebihan, dan kurangnya aktivitas fisik.

 

Mencegah Serangan Jantung

Credit Image - alodokter.com

Minum air putih juga dapat mencegah serangan jantung. Dilansir Spivey Insurance Group, minum air putih pada waktu tertentu dalam sehari dapat mencegah serangan jantung pada malam hari. Minum satu gelas air sebelum tidur dapat membantu menghindari serangan jantung.

Banyak orang sengaja menghindari minum pada malam hari karena takut terbangun nantinya untuk buang air kecil. Padahal, manfaat yang didapat lebih besar daripada kekhawatiran tersebut. Minum air sebelum tidur membantu meratakan darah ke seluruh tubuh untuk mencegah serangan jantung sepanjang malam dan dini hari.

 

Maksimalkan Kesehatan Jantung, Konsumsi Vitamin Ini!

Mengonsumsi air hangat secara rutin memang dikenal dapat menjaga kesehatan jantung, ya. Tapi, biar kesehatan jantung semakin maksimal, kamu dianjurkan untuk rutin mengonsumsi vitamin C, nih!

Vitamin C memiliki kaitan erat dengan penurunan kadar lipoprotein yang umumnya dapat memicu stroke. Sehingga, secara tidak langsung manfaat ini juga turut menjaga kesehatan jantung.

Bahkan, vitamin C pun dapat membantu mencegah terjadinya lonjakan tekanan darah, melindungi tubuh dari risiko penggumpalan dalam pembuluh darah, menurunkan kadar kolesterol, serta membantu proses penyembuhan dinding arteri yang rusak, sehingga mencegah penimbunan kolesterol di dalam tubuh.

Kandungan antioksidan di dalamnya pun dapat menangkal radikal bebas yang juga bisa menyebabkan terjadinya penyakit kardiovaskular, nih. Untuk memperoleh manfaat tersebut, pastikan kamu sudah memenuhi kebutuhan vitamin C harian.

Vitamin C merupakan jenis vitamin yang mudah ditemukan di berbagai sumber makanan, seperti buah jeruk, berries, kiwi, pepaya, jambu biji, maupun mangga. Atau, kamu pun bisa menemukannya pada berbagai jenis sayur, seperti kale, bayam, kembang kol, brokoli, maupun kubis. Sejumlah sayur dan buah tersebut tentu sering digunakan sebagai bahan menu makanan sehari-hari, kan?

Namun, untuk memudahkanmu, sangat disarankan untuk mendapat asupan vitamin C dengan mengonsumsi suplemen multivitamin – yang punya kandungan lengkap untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk kinerja jantung, nih.

Untuk suplemen multivitamin, kamu direkomendasikan untuk meminum Enervon Active yang pastinya punya kandungan kombinasi vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Yang pasti, rutin mengonsumsi multivitamin Enervon-C maupun Enervon Active dapat membantu menjaga metabolisme tubuh, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Nah, manfaat ini bisa dirasakan berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya, ya.

 

Rutin minum air hangat dapat mendatangkan banyak manfaat baik termasuk buat kesehatan jantung. Jadi, kamu bisa rutin memulai hari dengan meminum segelas air hangat, ya!

 

 

Featured Image – muslimobsession.com