Rutin berolahraga lari secara teratur, misalnya 30 menit sebanyak lima kali dalam seminggu memiliki punya banyak manfaat baik bagi kesehatan. Berlari dapat membantu mencegah penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke.

Tentu saja berlari merupakan olahraga yang mudah dilakukan, karena tak memerlukan biaya maupun alat khusus. Meski demikian, tak sedikit orang yang kerap merasa malas ketika akan melakukan olahraga satu ini, lho.

Apakah kamu termasuk yang kurang semangat untuk melakukan olahraga lari? Berikut ini 5 tips yang dapat diterapkan biar rasa malas dapat segera diusir. Yuk, simak selengkapnya sampai habis, ya!

 

 

#1 – Baca Kalimat Motivasi untuk Menyugesti Diri

Credit Image - sulutdaily.com

Tentunya kamu memiliki harapan agar lebih semangat saat berolahraga lari tanpa memikirkan banyak hal. Nah, sebelum berlari cobalah menggunakan kata-kata motivasi untuk menyugesti diri sendiri agar tetap terus bersemangat. Kalimat motivasi bisa diambil dari internet maupun novel.

Bahkan tidak hanya kata-kata motivasi saja, kamu bisa melihat beberapa tayangan yang menyajikan beragam motivasi luar biasa. Kalimat motivasi adalah sebuah cara untuk pemberi semangat bagi seseorang yang ingin berolahraga lari. Kata motivasi bisa membuat kepercayaan diri jadi meningkat apabila sudah kelelahan saat berlari.

 

#2 – Gunakan Pakaian Olahraga yang Nyaman

Hal kedua, jangan sampai salah kostum. Selain tidak nyaman, tentunya kamu juga jadi tidak maksimal saat berlari. Pastikan pakaian olahraga yang dikenakan tidak mengganggu kenyamananmu dalam bergerak. Sebaiknya menggunakan pakaian yang tidak terlalu ketat, ya.

Biasanya pelari selalu menggunakan pakaian longgar, karena lari melibatkan gerakan tubuh yang sangat dinamis. Pilihlah pakaian olahraga berbahan kombinasi katun, polyester dan spandex yang mampu menyerap keringat dengan baik dan dapat menunjang kinerja fisik secara maksimal saat berlari.

 

#3 – Dengarkan Lagu biar Makin Bersemangat

Credit Image - lifestyle.kompas.com

Sebelum olahraga, kamu perlu membuat tubuh dan pikiran rileks. Nah, cara yang paling baik adalah mendengarkan musik sambil berolahraga. Kegiatan tersebut menjadi salah satu hal yang menyenangkan dan bisa menimbulkan semangat.

Pemilihan lagu untuk olahraga dengan tempo yang tepat maka dapat meningkatkan pengaruh positif dan memperkuat ketahanan saat berlari.

Musik dengan tempo lebih dari 120 bpm diyakini bisa memompa 15% semangat lebih besar dibanding kamu yang tidak mendengarkan musik ketika berolahraga. Sementara lagu yang memiliki tempo senada akan membuat olahraga lari jadi lebih maksimal.

 

#4 – Relaksasi dengan Menenangkan Diri

Olahraga akan maksimal jika tubuh dalam kondisi yang maksimal. Meski sebenarnya mudah, melakukan olahraga lari malah paling banyak godaannya. Salah satunya rasa malas yang sering kali menjadi penggoda terbesar sebelum kamu mulai melakukannya.

Menenangkan pikiran adalah cara yang tepat. Lakukan relaksasi setidaknya 10 menit sebelum olahraga, sehingga energi bisa tersalur ke segala organ tubuh seperti tangan, kaki dan kepala. Cobalah nenarik napas dalam-dalam dan meregangkan otot-otot yang kaku agar membuat kamu lebih rileks.

Dengan menenangkan diri, kamu jadi lebih siap untuk menempuh jarak yang begitu jauh dibanding saat pikiran kamu dipenuhi dengan hal lain.

 

#5 – Penuhi Asupan Bergizi

Credit Image - klikdokter.com

Saat berolahraga, pastinya tubuh memerlukan energi ekstra. Ketika berolahraga dengan kondisi perut kosong, kamu akan kehabisan energi, mual dan pusing. Kondisi tersebut membuat kamu kehilangan fokus maupun dorongan untuk melanjutkan lari.

Cobalah memakan makanan di waktu 60 menit sebelum berolahraga. Hal itu sangat penting dilakukan agar memiliki banyak energi dan memaksimalkan pembentukan otot serta pembakaran lemak. Ada baiknya memilih makanan rendah gula, mengandung cukup protein dan kaya karbohidrat dengan porsi yang pas.

Selain itu, kamu juga direkomendasikan untuk mengonsumsi multivitamin yang dapat menghasilkan energi, sehingga kegiatan berlari pun menjadi lebih maksimal.

Konsumsi multivitamin Enervon-C yang memiliki kandungan lengkap, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat ini dapat membantumu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Nah, kamu bisa minum Enervon-C Effervescent — dengan kandungan vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra dan sensasi rasa segar sepanjang hari.

Namun, jika kamu memiliki masalah lambung yang cukup sensitif, maka direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Kandungan vitamin B kompleks dalam multivitamin Enervon dapat membantu mengoptimalkan metabolisme, sehingga tubuhmu mampu memperoleh energi yang maksimal. Dan pastinya vitamin C dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit, ya.

 

Itulah kelima cara yang dapat membantumu lebih bersemangat ketika berlari. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – aliexpress.com