Tahukah kamu bahwa ada beberapa jenis makanan dan minuman yang memiliki kandungan zat yang dapat merangsang kandung kemih menjadi lebih aktif? Ya, hal ini pun dapat menyebabkanmu lebih sering buang air kecil serta gampang haus, lho.

Akibat dari kondisi tersebut kamu dapat mengalami dehidrasi – kondisi di mana cairan yang keluar dari tubuh lebih banyak daripada asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini pun dapat menyebabkan sakit kepala, sembelit, dan tubuh lesu.

Nah, setidaknya ada 5 jenis makanan dan minuman pemicu dehidrasi yang sebaiknya dikurangi asupannya. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

 

 

#1 – Makanan Pedas

Credit Image - thejakartapost.com

Yang pertama, ada makanan pedas. Ini dapat berupa beragam jenis bumbu, seperti wasabi, jahe, cabe, dan bumbu kari serta jenis makanan pedas lainnya yang dapat menyebabkan iritasi pada kandung kemih. Sehingga ini akan mendorongmu untuk lebih sering buang air kecil.

Sementara itu, jahe memiliki efek diuretik alami yang dapat mendorongmu untuk lebih sering buang air kecil. Hal ini juga akan meningkatkan risiko terjadinya dehidrasi. Tapi, bukan berarti kamu tak boleh mengonsumsi jahe, lho, yang penting tak berlebihan, ya.

 

#2 – Kopi

Meskipun bagi sebagian orang dianggap sebagai minuman menyegarkan, tetapi kopi justru menjadi salah satu minuman berkafein yang memiliki sifat diuretik. Ini artinya banyak mengonsumsi kopi akan membuat kamu semakin sering buang air kecil.

Sedangkan semakin banyak cairan yang keluar dari tubuh akan menyebabkan terjadinya dehidrasi. Jika tidak segera diatasi, kamu akan berisiko mengalami dehidrasi berat yang ditandai dengan gejala seperti mulut atau bibir kering dan sakit kepala.

 

#3 – Minuman Beralkohol

Credit Image - eatthis.com

Sama halnya seperti kopi, alkohol juga bersifat diuretik yang dapat menyebabkan kamu lebih sering buang air kecil. Mengonsumsi minuman beralkohol juga tidak dapat memenuhi asupan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Sebaliknya, mengonsumsi alkohol secara berlebih justru dapat menyebabkan kamu mengalami dehidrasi. Bahkan, kemungkinan terparahnya yaitu bisa merusak organ-organ tubuh, seperti otak, ginjal, jantung, dan hati.

 

#4 – Camilan Asin

Mengutip Eat This, memgkonsumsi kripik kentang, popcorn dan camilan asin lainnya dapat menjadi penyebab dehidrasi. Semakin asin camilan yang dikonsumsi, maka kamu bisa semakin haus. Jadi, usahakan jauhi camilan asin tersebut saat kamu beraktivitas yang mengeluarkan tenaga lebih, seperti olahraga.

Jika merasa lapar ketika beraktivitas berat, ada baiknya kamu mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan air, seperti semangka, tomat, dan kol. Mengutip Hydratem8, dehidrasi dapat dihindari dengan memperhatikan kandungan garam dan gula yang ditemukan dalam makanan.
 

#5 – Soda

Credit Image - review.bukalapak.com

Minum soda mungkin terlihat menyegarkan, tetapi tidak berfungsi untuk memggantikan cairan tubuh yang hilang setelah berolahraga, seperti yang dikutip dari Eat This.

Menurut penelitian Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menunjukkan bahwa soda mengandung gula yang tinggi dan gula dapat memiliki efek hipernatremik pada tubuh. Hipernatremik adalah konsentrasi natrium yang tinggi dalam darah.

Kondis ini paling sering terjadi pada orang yang kurang minum air. Selain itu, kafein dalam soda bertindak sebagai diuretik ringan dan menyebabkan kita lebih sering buang air kecil. Sebuah studi dari PLOS One menunjukkan bahwa minum minuman berkarbonasi dingin dapat memberi kita kesan yang salah bahwa itu menghidrasi, padahal penyebab dehidrasi.

 

#6 – Optimalkan Kesehatan Tubuh, Lakukan Pula Sejumlah Hal Ini!

Nah, selain menghindari sejumlah jenis makanan dan minuman di atas agar kesehatan tubuh tetap terjaga, kamu disarankan untuk menerapkan kebiasaan sehat lainnya, seperti memiliki pola makan bergizi seimbangrutin berolahraga, hingga istirahat yang cukup.

Kemudian, yang tidak boleh dilupakan, kamu juga disarankan rutin mengonsumsi multivitamin yang mengandung Vitamin C dan Vitamin B Kompleks, seperti Enervon-C C, lho!

Kamu dapat mengonsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, maupun Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg, lho. Keduanya sama baiknya untuk kesehatan tubuh, kok.

Dan, bagi kamu yang punya masalah lambung sensitif, direkomendasikan minum Enervon Active – yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan imunitas.

Selain itu, kedua multivitamin tersebut dapat mengoptimalkan proses metabolisme tubuh. Ini berkaitan dengan kandungan vitamin B kompleks yang dapat mengubah makanan jadi energi untuk beraktivitas, ya!

 

Jadi, itulah deretan makanan dan minuman yang dapat menyebabkan dehidrasi. Sebaiknya kurangi asupan atau hindari jenis asupan tersebut, ya!

 

 

Featured Image – newscientist.com

Source – idntimes.com