Sudah diketahui, tidur menjadi bagian rutinitas yang mesti dipenuhi oleh setiap manusia. Dalam hal ini, tidur pun tak boleh asal-asalan, lho. Istirahat dan tidur harus berkualitas sehingga keesokan paginya badan menjadi bugar.

Untuk mendapat tidur yang berkualitas, ada berbagai hal yang mesti dipersiapkan. Cara ini dilakukan sehingga badan dan pikiran menjadi lebih rileks – dan tidur pun bisa nyenyak. Lantas, apa saja yang dapat diterapkan sebelum pergi tidur?

Ini ulasan lengkapnya!

 

 

Kamar Tidur Mesti Bersih dan Rapi

Credit Image - rukita.co

Jangan malas membersihkan dan merapikan kamar tidur ya. Sebab, kamar tidur yang berantakan akan mempengaruhi mood kita. Coba bayangkan jika kamu mau tidur, di sana sini sampah dan barang-barang berserakan. Tentu keadaan kamar seperti ini membuat kita tidak nyaman untuk memulai tidur.

Jadi, usahakan selalu rapikan dan bersihkan kamar tidur setiap hari, supaya kamu bisa memperoleh tidur yang berkualitas. Selain itu, tentu saja kamar yang bersih dan rapi akan jauh dari sarang penyakit. Sudahkah kamu melakukan hal ini setiap malamnya?

 

Berdoa Sebelum Tidur

Selanjutnya, berdoa sangat penting untuk menjaga kesehatan mental dan spiritual. Jadi, usahakan sebelum tidur berdoalah – dan jangan lupa untuk selalu mengucap syukur karena telah melewati hari ini dengan baik.

Kesehatan fisik jika tidak diimbangi dengan kesehatan mental dan spiritual tidak akan ada artinya. Dengan berdoa menjelang tidur, pikiran kamu menjadi tenang dan tidur pun nyenyak. Dan tentu esok hari bisa dilewati dengan hati dan pikiran yang rileks.

 

Minum Secukupnya

Credit Image - wowkeren.com

Minumlah air putih secukupnya menjelang tidur karena minum air bisa menghilangkan stres dan membuat tidur jadi nyenyak. Jangan terlalu banyak minum air karena justru akan mengganggu tidurmu dengan bolak balik buang air kecil.

Terlalu sedikit juga tidak baik karena akan membuat mulut dan bibir kering. Jadi, minumlah air secukupnya saja supaya tidur tetap berkualitas. Jika terbiasa minum susu hangat, minumlah satu atau dua jam sebelum tidur.

 

Lakukan Gerakan Ringan pada Tangan dan Kaki

Gerakan-gerakan ringan ini penting dilakukan supaya tidak terjadi kaku sendi. Buatlah gerakan memutar searah jarum jam pada kaki. Lalu lakukan sebaliknya berlawanan arah jarum jam. Masing-masing sebanyak lima kali.

Untuk tangan, buatlah gerakan meremas sebanyak sepuluh kali di kedua tangan. Dengan melakukan gerakan-gerakan ringan ini, jari-jari tangan dan kaki menjadi lemas dan ketika bangun tidur, sendi-sendi tidak kaku. Hal ini penting kita lakukan setelah seharian bekerja dan belajar menggunakan kaki dan tangan.

 

Berpikir Bahwa Esok Hari akan Lebih Baik

Credit Image - diary.marshabeauty.com

Pikiran ini penting kamu tanamkan untuk kesehatan mental. Ketika menjelang tidur, sebisa mungkin lupakan sejenak beban pikiran di hari ini. Tetapi bukan berarti menghilangkannya. Memang tidak mudah bagimu untuk melupakan sejenak beban dan pekerjaan yang menumpuk, tapi dengan sedikit usaha, pasti membuahkan hasil.

Tarik dan buang napas secara teratur adalah salah satu cara paling mudah yang bisa kamu lakukan. Setelah berhasil dilakukan, mulailah tanamkan pikiran optimis bahwa besok kamu bisa melewati dengan baik dan semua pekerjaan bisa diselesaikan dengan sukses.

 

Selain Tidur, Lakukan Pola Hidup Sehat Lainnya Untuk Jaga Kesehatan

Mendapatkan waktu tidur yang cukup memang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Tetapi, jangan lupakan berbagai kebiasaan sehat lainnya yang juga dapat menunjang kesehatan tubuh secara keseluruhan, ya.

Ada pun berbagai hal lainnya yang juga penting dijadikan sebagai kebiasaan, yaitu stres juga dapat melemahkan kekebalan tubuh.

Selain itu, lengkapi pula hidup sehat dengan rutin mengonsumsi multivitamin yang kaya akan kandungan vitamin C, vitamin B kompleks, maupun zinc. Kombinasi vitamin dan mineral tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit.

Untuk multivitamin yang direkomendasikan, kamu dapat mengonsumsi  Enervon Active – yang punya kandungan lengkap, sekaligus bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat  yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C yang lebih tinggi, serta mampu memberikan perlidungan ekstra terhadap tubuh, sekaligus membuat tubuh terasa segar sepanjang hari!

Untuk kamu yang memiliki masalah lambung sensitif, direkomendasikan untuk minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, multivitamin Enervon-C dan Enervon Active juga dapat menjaga metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya. Dengan manfaat ini, tubuh pun bisa lebih produktif dalam menjalani rutinitas harian.

 

Tidur yang berkualitas dapat didapatkan dengan mudah, seperti menerapkan sejumlah hal di atas. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – glints.com

Source – idntimes.com