Dua tahun sudah pandemi Covid-19 melanda dunia, namun, kondisi ini masih belum kunjung usai. Dengan adanya hal tersebut, banyak ahli yang mengatakan bahwa kemungkinan besar pandemi tak akan berakhir, justru berubah status menjadi endemi.

Secara ilmiah, terdapat beberapa kategori penyebaran virus, mulai dari wabah, epidemi, pandemi, dan endemi. Jika mulanya Covid-19 menyebar di China, kini virus tersebut sudah menyebar di seluruh negara di dunia, sehingga tergolong sebagai pandemi.

Selain penyebarannya yang cepat dan luas, penyebaran virus kategori pandemi juga terjadi secara masif dan serempak. Jadi, pandemi akan menelan korban dan memengaruhi kondisi penduduk di dunia. Namun, bagaimana caranya agar status pandemi dapat berubah menjadi endemi?

Untuk berubah status, maka ada berbagai syarat yang perlu dipenuhi terlebih dahulu. Berikut ini ulasannya.

 

 

Virus Takkan Hilang

Credit Image - gorontalo.pikiran-rakyat.com

Syarat suatu pandemi akan berubah menjadi endemi adalah pada bagaimana virus atau penyakit ini berakhir. Bila berubah menjadi endemi, hal ini berarti bahwa virus Covid-19 tidak akan pernah hilang atau musnah dari dunia.

Virus akan tetap hadir dan menyebar di antara manusia, layaknya virus DBD dan hepatitis B yang telah lebih dulu menjadi endemi. Bila menjadi endemi, masyarakat akan terus hidup berdampingan dengan virus Covid-19.

 

Penyebaran Virus Berkurang – Adanya Penurunan Jumlah Kasus

Akan tetapi, bila berubah menjadi endemi, maka penyebaran virus Covid-19 akan berkurang atau tidak secepat ketika menjadi masih masuk kategori pandemi. Selain itu, frekuensi dan jumlah kasus cenderung akan bisa diprediksi.

Sehingga, syarat untuk berubah dari pandemi menuju endemi ialah pertumbuhan penyakit harus berkurang. Artinya, jumlah kasus infeksi Covid-19 per harinya harus menurun serta virus menjadi lebih umum di masyarakat.

 

Manusia Mesti Makin kebal Terhadap Virus

Credit Image - cnnindonesia.com

Selain penyebaran virus yang berkurang, penurunan jumlah kasus infeksi virus juga bisa diperoleh dengan peningkatan kekebalan pada manusia. Sehingga, syarat lain dari perubahan pandemi ke endemi ialah manusia semakin kebal terhadap virus.

Untuk meningkatkan kekebalan imunitas tubuh, masyarakat perlu menerima vaksin primer dan booster virus corona. Semakin banyak masyarakat yang kebal terhadap virus, maka akan mendorong perubahan virus dari kategori pandemi menuju endemi.

 

Hindari Tertular Virus, Langkah Pencegahan Masih Harus Dilakukan!

Meskipun pandemi mungkin akan segera berganti menjadi endemi, namun langkah pencegahan mesti harus dilakukan sehingga penularan tetap dapat dihindari. Tetap patuhi protokol kesehatan, mulai dari memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, hingga menghindari kerumunan. Dan, jika bukan urusan mendesak, ada baiknya tetap menghindari bepergian untuk menghindari risiko tertular virus.

Jika nantinya seluruh aktivitas sudah diperbolehkan kembali, maka selama bepergian keluar rumah kamu dianjurkan tetap menjaga kesehatan fisik, seperti istirahat yang cukup, sebisa mungkin tetap berolahraga, serta mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap yang dapat memaksimalkan perlindungan tubuh.

Namun, apa multivitamin yang sebaiknya dikonsumsi? Kamu direkomendasikan untuk mengonsumsi multivitamin dari Enervon secara rutin.

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Kamu dapat meminum Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Untukmu yang memiliki masalah lambung sensitif – direkomendasikan minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus mengoptimalkan imunitas tubuhmu.

Dan kedua multivitamin ini pun dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga asupan makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat satu ini berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya.

 

Itulah deretan syarat yang mesti dipenuhi jika status pandemi mau diubah menjadi endemi. Tapi ingat, transisi tersebut tak terjadi secara cepat, lho. Kasus infeksi virus tak akan berubah drastis dalam sejekap. Jadi, tetap lakukan prokes dan menjaga imunitas tubuh!

 

 

Featured Image – parade.com

Source – popmama.com