Sudahkah kamu rajin mengonsumsi sayuran setiap harinya? Meski terlihat sederhana, namun kebiasaan ini penting untuk mendukung kesehatan tubuh, lho. Sayuran memiliki ragam mencukupi kebutuhan serat, sehingga tubuh tak mudah terkena berbagai macam penyakit.

Sayangnya, masih banyak orang yang malas mengonsumsi sayuran, nih. Apakah kamu termasuk? Nah, ketika tubuh kurang asupan sayuran, maka ada tanda-tanda yang dapat kamu rasakan, misalnya gampang memar di salah satu bagian tubuh.

Selain itu, masih ada 5 tanda lainnya yang menunjukkan tubuhmu kekurangan asupan sayur. Apa saja? Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

 

 

#1 – Gampang Lupa

Credit Image - doktersehat.com

Mudah lupa menjadi salah satu tanda kamu kurang mengonsumsi sayuran, lho. Pasalnya, beberapa jenis sayuran mengandung lutein yang efektif untuk membantu meningkatkan daya ingat dan kemampuan kognitif. Dengan terpenuhinya nutrisi ini, maka kinerja otak pun akan lebih maksimal.

Tak perlu bingung untuk mencari. Sebab, lutein bisa ditemukan pada berbagai jenis sayur-sayuran, seperti tomat, wortel, brokoli, selada, jagung, dan sayuran hijau lainya. Kalau gak suka dimakan mentah, kamu bisa mengolahnya jadi sup atau jus.

 

#2 – Mudah Lelah

Merasa lelah setelah seharian beraktivitas berat merupakan hal yang wajar terjadi. Namun, kalau kamu merasa lelah sepanjang waktu bahkan saat tidak melakukan apa pun, ini yang perlu diwaspadai. Sebab, bisa jadi penyebabnya karena kamu kekurangan asam folat.

Asam folat sendiri merupakan vitamin B9 yang dapat ditemukan pada sayuran hijau tua. Diantaranya seperti asparagus, lentil, bayam, kacang merah, dan lainya. Kalau asupan ini terpenuhi, maka kemungkinan terjadinya kelelahan dan anemia bisa lebih kecil.

 

#3 – Bagian Tubuh Sering Memar

Credit Image - halodoc.com

Pernahkah kamu mengalami memar atau lebam pada bagian lutut atau anggota tubuh lainnya? Misalnya, setelah mengalami benturan ringan atau bahkan timbul tanpa alasan. Perlu diwaspadai, ini juga bisa menjadi tanda bahwa kamu kekurangan sayuran. Memar bisa menjadi indikasi jika tubuh kamu kekurangan vitamin C, lho.

Padahal, memenuhi kebutuhan vitamin C pada tubuh sangat penting. Terutama untuk memproduksi kolagen serta mempercepat penyembuhan luka. Selain itu, vitamin C juga diperlukan untuk melindungi pembuluh darah agar tidak rentan mengalami kerusakan.

Lagipula, kamu bisa dengan mudah menemukan sayuran hijau yang mengandung vitamin C. Misalnya dengan mengonsumsi kangkung, brokoli, bunga kol, dan lainya, kok!

 

#4 – Imunitas Menurun

Sering kali kamu menganggap bahwa kekebalan tubuh yang rendah disebabkan karena kurang istirahat. Bukan hanya itu saja, kurang mengonsumsi sayuran juga menjadi penyebab kekebalan tubuh rendah, lho. Ini bisa memicu timbulnya penyakit, seperti flu, batuk, dan sebagainya.

Sebab, kekurangan sayuran akan membuat tubuh kamu juga kekurangan nutrisi penting, seperti vitamin B kompleks, C, E, zat besi, magnesium, dan sebagainya. Kurangnya nutrisi tersebut bisa menyebabkan rendahnya kemampuan tubuh dalam melawan bakteri dan juga virus.

Bukan hanya itu saja, kurang mengonsumsi sayuran juga bisa memicu proses pemulihan penyakit lebih lama. Jadi, untuk menghindari situasi seperti itu, kamu perlu memperbanyak asupan sayuran hijau, ya.

 

#5 – Kulit Terlihat Kusam

Credit Image - editorial.femaledaily.com

Kurang konsumsi sayuran juga dapat memengaruhi kondisi kulit, lho. Mengapa demikian? Karena, sayuran mengandung antioksidan yang berfungsi menangkal radikal bebas. Radikal bebas sendiri bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Salah satunya membuat kulit rusak atau jadi kusam.

Supaya kulit selalu terlindungi, mengonsumsi sayuran adalah suatu kewajiban. Utamanya dengan selalu menyediakan sayuran yang mengandung antioksidan tinggi. Misalnya, dengan mengonsumsi asparagus, bayam, atau tomat.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan tanda-tanda tubuh yang kekurangan asupan sayuran? Bisa dibilang sayur memang membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang berpengaruh terhadap fungsi tubuh.

Biar pemenuhan vitamin dan mineral semakin maksimal, kamu juga dianjurkan untuk mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Konsumsi Enervon-C yang memiliki kandungan lengkap, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent — dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra, terutama kamu yang sudah sering beraktivitas di luar rumah.

Selain itu, bagi yang memiliki masalah lambung sensitif, direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa mengolah makanan yang dikonsumsi, kemudian diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini tentunya bisa membuat makin produktif dalam melakukan aktivitas harian.

 

Wah, gimana? Apakah kamu tengah mengalami beberapa tanda di atas? Kalau begitu, jangan ditunda lagi, yuk, segera rutin konsumsi sayuran – dan jadikan hal ini sebagai kebiasaan sehatmu, ya!

 

 

Featured Image – berkeluarga.id

Source – idntimes.com