Salah satu kendala yang mungkin kamu alami saat solo travelling adalah soal dokumentasi. Kalau sedang berlibur bersama teman atau keluarga, kamu bisa meminta bantuan mereka untuk mengambil foto. Tapi saat pergi sendiri, hal ini tentu tidak bisa dilakukan.

Untuk kamu yang mau solo travelling, tidak perlu khawatir. Kamu tetap bisa dapetin foto- foto liburan yang keren kok! Gimana caranya? Berikut ini tips agar fotomu tetap kece walaupun sedang solo travelling.

1. Pakai selfie stick

Credit: stereogum.com

Selfie stick atau yang biasa disebut dengan tongsis, bisa banyak membantu saat kamu sedang pergi liburan sendiri. Apalagi, kalau hanya mengandalkan kamera ponsel untuk berfoto. Menggunakan selfie stick, membuat area yang bisa masuk frame kamera jadi lebih luas dan tetap bisa memperlihatkan latar fotomu.

2. Bawa tripod yang sesuai

Credit: gonomad.com

Sekarang ini tripod sudah memiliki banyak jenis. Tidak selalu yang berukuran besar dan makan tempat, kok! Kamu bisa membawa gorillapod yang fleksibel atau tripod kecil. Pastikan tripod yang kamu bawa stabil dan tahan terhadap angin, agar tidak jatuh saat digunakan.

3. Pakai action camera, yang bikin hasil foto makin keren

Credit: drinkteatravel.com

Action camera seperti Go-pro, seringkali menjadi pilihan para traveller, karena bentuknya yang kecil dan mudah dibawa. Selain itu, kamera ini juga jadi pilihan utama traveller saat berlibur di alam bebas. Kamera ini dapat tahan dengan berbagai macam kegiatan alam, seperti berselancar, menyelam, bermain ski, dan lain sebagainya.

4. Menggunakan drone

Credit: aeroflydrones.com

Saat ini Drone juga sudah ada versi mininya, yang cocok untuk swafoto. Ukurannya kecil dan mudah dilipat, jadi tidak akan makan tempat di dalam tas kamu. Selain itu, kamu juga bisa mendapat hasil gambar dari ketinggian dengan mudah dan bagus daripada memakai tripod atau tongsis.

5. Meminta bantuan orang

Credit: xamarinhelp.com

Kalau kamu tidak punya property atau alat khusus seperti di atas. Kamu bisa meminta bantuan orang lain untuk mengambil gambar. Jika ragu dengan hasilnya, coba cari orang yang sama- sama membawa kamera atau yang terlihat sudah biasa dengan fotografi. Dan jangan lupa untuk utarakan hasil serta komposisi gambar yang kamu inginkan!

6. Editing sebelum posting

Credit: makeuseof.com

Kalau yang satu ini bersifat subjektif. Ada orang yang cenderung ingin langsung posting tanpa editing, tetapi ada juga yang lebih suka mengedit fotonya terlebih dahulu sebelum diunggah.

Kamu bisa melakukan edit foto lewat aplikasi yang ada di smartphone kamu. Salah satu yang direkomendasikan adalah VSCO dan Snapseed. Dua aplikasi ini akan membuat fotomu terlihat lebih baik dalam hal warna, komposisi, filter, dan lain-lain.

 

Featured Image - Travel.luxury