Bekerja di kantor memang tidak selamanya menyenangkan. Terkadang, ada sejumlah hal yang bisa membuatmu merasa tidak nyaman di lingkungan kerja, mulai dari bekerja selama berjam- jam, bosan, malas, ataupun timbul stress. Namun, hal ini bisa diatasi apabila kantormu memiliki lingkungan kerja yang sehat.

Lingkungan kerja yang sehat akan membuatmu lebih semangat dan dapat mengerjakan tugas dengan maksimal. Jika kamu masih bingung menentukan apakah lingkungan kerjamu sudah termasuk sehat atau tidak, berikut ini sejumlah tanda- tanda yang perlu diperhatikan!

1. Memiliki suasana ceria dan hangat

Credit: 360formation.fr

Lingkungan kerja yang bersuanana ceria dan hangat tentu akan membuatmu lebih bersemangat dalam bekerja. Tugas apapun akan terasa lebih menyenangkan sehingga produktivitas kerjamu pun ikut meningkat. Selain itu, lingkungan kerja yang baik juga dapat menghasilkan pekerjaan yang lebih baik.

2. Adanya persahabatan

Credit: https://www.elitedaily.com

Persahabatan yang terjalin antara kamu dan rekan kerja, pasti akan membuatmu lebih nyaman berada di lingkungan kerja. Kamu tidak akan merasa ingin cepat- cepat pulang ketika kamu memiliki banyak sahabat di kantor. Dan lingkungan serta suasana kerja yang sehat ini tentu akan berpengaruh pada pekerjaan yang terasa lebih menyenangkan.

3. Bebas dalam berbagi ide

Credit: sourcecon.com

Jika kamu dibebaskan dalam memberikan ide- ide baru untuk turut mendukung kemajuan perusahaan dengan rekan kerja atau atasan, maka bisa dipastikan bahwa lingkungan kerjamu menyenangkan. Dengan berbagi ide, kamu akan membiarkan dirimu terbuka terhadap hal- hal baru yang dapat membuatmu jadi lebih berkembang. Dan pemikiranmu pun akan lebih maju, sehingga dapat meningkatkan produktivitas pekerjaanmu.

4. Lingkungan kerja

Credit: merdeka.com

Jika kamu bekerja di suatu tempat dimana lingkungannya sudah teroganisir dan bersih, maka kamu bisa lebih betah bekerja di sana. Bekerja di kantor yang berantakan bisa mengurangi tingkat konsentrasi dan produktivitas.

Contoh kecilnya seperti meja kerja yang berantakan dapat menimbulkan pemikiran yang negative. Untuk itu, pastikan meja kerjamu selalu bersih dan rapih sebelum melakukan pekerjaan.

5. Manajemen baik

Credit: thebalancecareers.com

Saat berdiskusi dengan rekan kerja, perbedaan pendapat merupakan hal yang wajar. Namun, jika lingkungan kerjamu memiliki manajemen yang baik, maka perbedaan ini bisa dikendalikan sehingga bisa menghasilkan solusi.

Namun, jika manajemen masih kurang baik, biasanya tidak terlalu terbuka pada ide karyawannya. Dan hal ini menyebabkan keputusan diambil secara sepihak tanpa mempertimbangkan pendapat karyawan.

6. Kenyamanan dalam bekerja

Credit: houseofwellness.com.au

Kenyamanan dalam bekerja akan didapatkan berdasarkan banyak faktor yang berpengaruh terhadap betah atau tidaknya seorang karyawan di kantor. Jika kamu sudah memperoleh kenyamanan, sudah pasti kamu memiliki lingkungan kerja yang sehat.

Jadi, apakah keenam tanda di atas sudah ada di lingkungan kerjamu yang sekarang? Jika sudah ada, maka kantormu sudah termasuk sehat. Tetapi, jika belum cobalah untuk menciptakan hal- hal yang bisa membuatmu lebih nyaman di tempat kerja.

 

Featured Image - greatplacetowork.com