Hingga kini, kasus positif varian Omicron masih terus meningkat. Untuk itu, kamu harus menjaga kesehatan dengan baik, sehingga risiko terinfeksi pun dapat diminimalisir. Salah satu langkah mempertahankan kesehatan yang direkomendasikan, yakni mengonsumsi sejumlah nutrisi.

Ya, diketahui ada beberapa nutrisi, seperti vitamin dan mineral yang dapat menguatkan imunitas tubuh. Dengan daya tahan yang kuat, maka risiko terinfeksi Covid-19 pun berkurang. Lantas, apa saja nutrisi yang dimaksud tersebut?

Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

 

 

Vitamin C untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Credit Image - halegroves.com

Vitamin C merupakan salah bahan nutrisi yang dibutuhkan oleh manusia untuk menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh. Vitamin ini juga bekerja sebagai antioksidan, menyembuhkan infeksi saluran pernapasan dengan cara mengurangi gejala dan tingkat keparahan infeksi.

Perannya sebagai antioksidan dapat membantu meningkatkan sistem daya tahan tubuh dan mengurangi peradangan. Vitamin yang satu juga mampu memperbaharui sel-sel di dalam tubuh, sehingga orang yang sakit akan cepat pulih, termasuk ketika terpapar Covid-19.

Selain itu, vitamin C juga dapat membantu mengatasi gangguan saluran pernapasan atas, seperti pilek dan batuk.

 

Vitamin B Kompleks Membantu Menguatkan Imunitas

Jika biasanya kamu mengenal vitamin B kompleks sebagai nutrisi yang baik untuk membantu proses metabolisme, maupun bisa memberikan energi yang cukup buat tubuh. Tapi ternyata, vitamin B kompleks juga termasuk dalam vitamin yang dapat menguatkan kekebalan tubuh, lho.

Vitamin B terdiri dari 8 jenis yang punya perannya masing-masing. Dalam mempertahankan imunitas, vitamin B6 dan vitamin B12 punya peran yang paling besar. Vitamin ini dapat mendukung reaksi biokimia dalam sistem kekebalan, sehingga tubuhmu tetap bisa berada dalam kondisi prima.

Ada pun makanan yang kaya akan kandungan vitamin B6 maupun B12, yakni salmon, tuna, maupun bisa ditemui dalam sayuran hijau, seperti buncis.

 

Vitamin E Sebagai Antioksidan

Credit Image - hsph.harvard.edu

Sama seperti vitamin C, vitamin E juga bekerja sebagai antioksidan. Biasanya, vitamin C dan vitamin E merupakan teman dekat untuk bekerja sebagai antioksidan yang baik. Jadi, mengonsumsi vitamin ini juga penting dilakukan, ya.

Selain itu, vitamin E juga bekerja melindungi membran sel dan meningkatkan fungsi sistem imunitas tubuh. Nah, kamu bisa menemukan kandungan vitamin E dari kacang-kacangan seperti almond, dan buah alpukat.

Perlu diketahui bahwa vitamin E pun terdapat pada beberapa minyak sayur. Namun, cara pengolahan minyak sayur pun harus kamu perhatikan secara baik-baik, ya.

 

Asupan Zinc Juga Tak Kalah Pentingnya

Kandungan bahan nutrisi berikutnya yang dapat mendukung imunitas tubuh ialah zinc. Mineral yang satu ini disebut sebagai trace element. Mineral zinc sangat dibutuhkan untuk mendukung berbagai proses di dalam tubuh.

Namun sayangnya, terkadang proses penyerapan zinc dapat terhambat akibat fitat – misalnya, kamu makan biji-bijian yang utuh, ini yang biasanya bisa menghambat juga penyerapan zinc. Tapi, tak perlu khawatir, karena hal ini tidak akan dihambat secara total.

Bahan makanan yang mengandung zinc dapat ditemukan pada makanan laut, daging merah, dan juga kacang-kacangan.

 

Penuhi Asupan Vitamin, Konsumsi Suplemen Ini!

Credit Image - klikdokter.com

Untuk memperoleh asupan vitamin yang dapat mendukung kekebalan tubuh, selain mengonsumsi jenis makanan yang kaya akan vitamin tersebut, kamu juga disarankan meminum multivitamin, seperti Enervon-C dan Enervon Active setiap harinya.

Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, maupun Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Kandungan vitamin C di dalam Enervon-C dan Enervon Active dapat membantu menjaga kesehatan, sekaligus mendukung fungsi organ tubuh. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama.

Untuk anak, kamu bisa berikan multivitamin Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D. Sejumlah kandungan vitamin tersebut berperan penting untuk mendukung perkembangan kecerdasan anak, lho.

Selain itu, Enervon-C Plus Sirup juga dapat bantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil, membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

Jadi, itulah deretan nutrisi yang penting dipenuhi selama masa pandemi, sehingga kekebalan kuat dan risiko terinfeksi virus pun dapat diminimalisir. Pastikan kamu sudah mendapat asupan nutrisi tersebut setiap harinya, ya!

 

 

Featured Image – spectrumnutrition.ie

Source – popmama.com