Sejumlah orang diketahui mudah merasa lelah ketika berolahraga. Salah satu cara terbaik untuk mengantisipasi masalah ini adalah dengan mempersiapkan stamina tubuh sebaik-baiknya. Bagaimana cara meningkatkan stamina tubuh agar tidak tetap kuat saat berolahraga? Berikut adalah 4 tips-nya. Silakan dibaca!

1. Menaikkan Intensitas Latihan secara Perlahan

4 Tips Membuat Tubuh Tidak Mudah Lelah ketika Berolahraga. Photo Credit: mensjournal.com

Menaikkan intensitas latihan secara bertahap akan membuat kamu tidak mudah lelah saat berolahraga. Cobalah memulai beberapa jenis latihan dengan interval pendek seperti menaiki sepeda, berenang, atau berlari. Usai mencoba semuanya, kamu bakal merasa lebih kuat dan siap menjalani olahraga dalam kurun waktu lebih lama dari biasanya.

Latihan lainnya yang perlu kamu coba adalah squat, push up, burpess, dan lain-lain. Tambahkan juga berbagai repetisi lain dalam rutinitas latihan kamu agar tubuh makin terbiasa. Apabila sudah terbiasa dengan banyak latihan, kamu tidak akan cepat lelah serta siap menjalani olahraga dalam waktu lebih panjang.

2.  Menjajal Berbagai Jenis Olahraga Baru

4 Tips Membuat Tubuh Tidak Mudah Lelah ketika Berolahraga. Photo Credit: tenangles.com

Kamu tentu akan merasa bosan saat mencoba olahraga yang sama berhari-hari. Untuk menghilangkan rasa penat, mulailah menjajal olahraga baru yang belum pernah dicoba sebelumnya. Mencoba olahraga baru juga akan membuat daya tahan tubuh kamu meningkat dari biasanya.

Dengan mengganti latihan olahraga, kamu juga bisa menaikkan stamina tubuh menjadi lebih baik. Hal ini tentu akan membuat kamu tidak mudah lelah selama berolahraga. Dua minggu setelah mencoba olahraga ini, tubuh kamu akan menjadi lebih bugar sehingga terhindar dari rasa letih. Oke sekali, bukan?

3. Menjaga Durasi dan Frekuensi Olahraga

4 Tips Membuat Tubuh Tidak Mudah Lelah ketika Berolahraga. Photo Credit: ohiocryo.com

Salah satu cara untuk membuat tubuh tidak lelah selama berolahraga adalah membiasakan diri dengan jadwal latihan secara rutin. Sebagai langkah awal, kamu bisa memulai olahraga dengan durasi sesuai kemampuan fisik. Jadi, jangan paksakan diri dengan menjajal latihan berat di awal bila tak mampu. Oke?

Seiring dengan berjalannya waktu, kamu bisa menambah durasi olahraga sedikit demi sedikit. Cobalah konsisten mengerjakan latihan tiga hingga lima kali dalam seminggu. Agar hasilnya memuaskan, kamu sebaiknya melakukan  masing-masing latihan dengan durasi sekitar 20 menit. Apakah kamu siap mencobanya?

4. Mendengarkan Tubuh dan Sadar Kapan Waktu untuk Istirahat

4 Tips Membuat Tubuh Tidak Mudah Lelah ketika Berolahraga. Photo Credit: verywellfamily.com

Menjalani sesi latihan secara lebih keras untuk terus berkembang merupakan hal yang baik. Cara ini tentu akan membuat stamina tubuh meningkat secara perlahan. Meski begitu, kamu harus tetap memikirkan kondisi fisik saat berolahraga.

Perlu diingat, tubuh juga membutuhkan istirahat. Apabila sudah merasa letih, kamu harus mengambil waktu istirahat sebanding dengan durasi latihan. Jangan sampai keinginan kamu untuk membuat stamina terhambat gara-gara tubuh loyo usai menjalani latihan terlalu keras.

Demikian 4 tips jitu buat kamu yang sering merasa lelah saat berolahraga. Semoga informasi di atas menumbuhkan semangat kamu untuk terus menjaga kondisi fisik. Selamat mencoba keempat poin di atas ya!

Source

Feature Image - Thinkstock/PA