Mengonsumsi makanan yang mengandung protein dan serat bisa menjadi pilihan ketika kamu ingin menurunkan berat badan. Keduanya merupakan makanan sehat untuk diet karena bisa membantumu agar kenyang lebih lama.

Efek kenyang yang dirasakan setelah mengonsumsi protein dan serat dapat meredam keinginamu untuk mengonsumsi banyak makanan. Dan bobot tubuh pun akan berkurang secara perlahan.

Pilihan makanan kaya protein

Credit: timesofindia.com

Makanan sehat untuk diet dari jenis protein bisa mengenyangkan daripada makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak. Selain itu, protein juga bisa mendorong pembakaran lemak dan mempertahankan massa otot. Berikut ini jenis makanan sehat yang kaya akan protein:

1. Daging sapi tanpa lemak

Daging sapi tanpa lemak kaya akan protein dan mengandung vitamin serta mineral, termasuk zat besi, zinc, dan vitamin B12 (asam folat).

2. Daging unggas tanpa kulit

Daging unggas merupakan salah satu sumber protein, namun sebaiknya daging unggas dikonsumsi tanpa kulit karena kulit unggas mengandung banyak lemak.

3. Ikan

Ikan mengandung banyak protein, mineral, dan vitamin. Selain itu, kandungan minyak dalam ikan juga bisa menjadi sumber omega-3 untuk tubuh.

4. Kacang- kacangan

Kacang- kacangan seperti kacang kedelai, sangat baik untuk membantu pertumbuhan dan memperbaiki kerusakan di dalam tubuh. Kedelai juga kaya akan vitamin serta mineral.

5. Telur

Selain dikenal sebagai sumber protein, telur juga mengandung vitamin D, vitamin A, vitamin B2, dan vitamin B12.

6. Produk susu rendah lemak

Susu kedelai dan yoghurt merupakan contoh produk susu rendah lemak yang bisa kamu konsumsi. Selain kaya protein, produk olahan susu ini juga mengandung kalsium yang bisa memperkuat tulang.

Pilihan makanan kaya serat

Credit: momjunction.com

Sama seperti makanan berprotein, makanan untuk diet yang kaya serat juga bisa membuat kamu kenyang lebih lama, karena lebih lama untuk dicerna. Sehingga bisa menekan keinginanmu untuk mengonsumsi lebih banyak makanan.

Ada beberapa pilihan makanan sehat kaya serat yang bisa kamu konsumsi, seperti berikut ini:

1. Sayur

Beberapa sayuran tinggi serat yang bisa kamu konsumsi yaitu brokoli, wortel, bayam, kentang, kacang hijau, ubi jalar, dan jagung.

2. Buah

Kamu bisa mengonsumsi buah- buahan seperti jeruk, apel, pisang, pir, stroberi, mangga, jambu, dan kiwi untuk mendapatkan asupan serat. Untuk apel dan pir, kamu bisa makan dengan kulitnya untuk mendapat asupan serat yang tinggi.

3. Kacang dan biji- bijian

Makanan ini memang tinggi kalori dan lemak, tetapi keduanya bisa menjadi sumber serat dan nutrisi yang baik. Kacang dan biji- bijian tidak akan membuatmu gemuk jika dikonsumsi dengan takaran yang tepat. Kamu bisa mengonsumsi sekitar 28 gram kacang almond dan kacang pistachios sebanyak 1 cangkir.

4. Popcorn

Selain kaya akan serat, popcorn juga kaya akan zat antioksidan. Namun, hindari mengonsumsi popcorn dengan tambahan mentega atau minyak yang belerbihan, karena hal ini bisa mengubah popcorn menjadi makanan yang tidak sehat.

Selain memilih makanan sehat untuk diet yang tepat, kunci sukses diet adalah makan lebih sering namun dengan porsi yang sedikit. Selain itu, imbangi dengan pola hidup sehat seperti berolahraga, istirahat yang cukup, mengonsumsi banyak air putih, dan meminum suplemen vitamin C Enervon setiap hari agar daya tahan tubuh selalu terjaga.

 

Featured Image - Unsplash.com/@jeztimms