Bulan Ramadan akan segera tiba, apakah moms ingin mengajak Si Kecil untuk mulai belajar berpuasa? Kalau begitu, informasi di bawah ini jangan sampai terlewatkan, ya!

Berpuasa di bulan Ramadan memang tidaklah wajib bagi anak-anak. Tetapi, menerapkan cara mendidik anak untuk puasa dapat moms lakukan sejak ia berusia dini. Hal ini bertujuan agar Si Kecil terbiasa melatih dirinya beribadah puasa.

Namun ingat, hindari memaksa anak, moms. Pasalnya, masing-masing anak memiliki kesiapan yang bervariasi tergantung dengan keadaan fisiknya. Misalnya, rata-rata anak berusia 10 tahun secara fisik sudah mampu berpuasa penuh.

Berikut ini 5 cara mendidik anak berpuasa yang dapat moms terapkan. Yuk, silahkan simak informasinya di bawah, ya!

 

 

1. Berpuasa Setengah Hari Dahulu

Credit Image - klikdokter.com

Cara mendidik anak berpuasa yang pertama, yaitu hindari memaksa anak untuk berpuasa penuh. Misalnya, moms dapat mengajak Si Kecil puasa setengah hari terlebih dahulu, ya.

Bagi Si Kecil yang usianya masih di bawah lima tahun, menahan lapar dan haus seharian mungkin akan terasa sangat berat. Selain itu, kamu juga perlu ingat bahwa anak masih dalam masa pertumbuhan dan perkembangan, sehingga ia membutuhkan banyak nutrisi.

Jadi, moms sebaiknya tidak memaksa anak untuk puasa seharian penuh setiap hari, karena bisa-bisa ia malah jatuh sakit. Ajarkanlah Si Kecil untuk berpuasa secara bertahap, mulai dari puasa selama beberapa jam dulu dalam sehari, kemudian tingkatkan sampai setengah hari.

 

2. Latih dari Makanan Tertentu Saja

Selain melatih berpuasa secara bertahap, moms juga dapat menerapkan cara mendidik anak berpuasa yang satu ini, lho. Kamu dapat meminta Si Kecil berpuasa dari makanan tertentu dahulu. Tapi, apa sih maksudnya?

Misalnya jika anak terbiasa memakan makanan tertentu atau punya makanan favorit, seperti cokelat atau chicken nugget, mintalah anak untuk menghindari makanan tersebut saat berpuasa. Dengan cara ini, kamu secara tidak langsung bisa mengubah pola makan anak yang tidak sehat. Anak pun juga bisa belajar untuk menghargai makanan, moms.

 

3. Beri Contoh yang Baik

Credit Image - haibunda.com

Anak-anak yang masih berusia balita biasanya masih dalam fase meniru dan mencoba melakukan apapun yang mereka lihat, khususnya hal yang dilakukan oleh orangtuanya. Nah, moms bisa membuat Si Kecil tertarik untuk berpuasa dengan memberikannya contoh yang baik.

Seperti, lakukanlah ibadah salat lima waktu, puasa secara rutin, berbuka puasa, sampai bangun dini hari untuk makan sahur. Saat anak penasaran dengan kegiatan-kegiatan yang kamu lakukan tersebut, kamu bisa mulai menjelaskan tentang arti puasa pada Si Kecil secara perlahan.

 

4. Ajak Anak Melakukan Kegiatan Ketika Ngabuburit

Cara mendidik anak berpuasa selanjtunya, yaitu mengajaknya melakukan kegiatan menyenangkan ketika ngabuburit. Hal ini bertujuan agar Si Kecil tidak merasa berat menjalani hari-hari berpuasanya, moms. Kamu dapat mengajak membaca buku, menonton film, bermain permainan kesukaannya, dan lain-lain.

Tapi hindari mengajak anak main di luar rumah saat cuaca panas atau melakukan kegiatan yang bisa membuatnya haus dan kelelahan. Buatlah puasa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan istimewa untuk Si Kecil agar anak bersemangat dalam berpuasa.

Ketika ngabuburit, moms juga dapat mengajak anak memasak menu berbuka puasa, lho. Ini juga dapat memacu Si Kecil agar semangat berpuasa, apalagi kalau menu tersebut merupakan makanan kesukaannya.

 

5. Pastikan Kebutuhan Nutrisi Anak Terpenuhi

Credit Image - lifestyle.okezone.com

Selama berpuasa, moms mesti memastikan bahwa kebutuhan nutrisinya sudah terpenuhi dengan baik, ya. Selain menyajikan menu sahur dan berbuka yang sehat dan bergizi seimbang, kamu juga dapat mengoptimalkan pemenuhan nutrisi dengan memberi Si Kecil multivitamin dengan kandungan lengkap.

Moms, direkomendasikan untuk memberi Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh anak.

Selain itu, sejumlah vitamin tersebut juga dapat membantu meningkatkan nafsu makan Si Kecil, mengoptimalkan tumbuh kembangnya, memperkuat tulang dan gigi, sekaligus membantu penuhi kebutuhan nutrisi harian.

 

Itulah deretan cara mendidik anak berpuasa di bulan Ramadan, moms. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – pikiran-rakyat.com