Pernahkah kamu mendengar kata demotivasi? Kondisi tersebut merupakan penurunan semangat bekerja yang dapat dialami oleh siapa saja, mungkin termasuk dirimu yang tengah membaca artikel ini. Demotivasi dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya tubuh yang sedang kelelahan.

Tidak bisa dipungkiri, dalam menjalani rutinitas bekerja pasti kamu akan mengalami yang namanya rasa lelah. Setuju, kan? Kelelahan dalam bekerja ini pun bisa menimbulkan dampak buruk, lho. Dimulai dari demotivasi, produktivitas menurun, serta melemahnya imunitas yang membuatmu menjadi mudah sakit.

Untuk mengetahui apakah kamu sedang mengalami kelelahan dalam bekerja, berikut ini 5 ciri-ciri yang perlu diketahui.

 

 

1. Badan Mudah Capek

Credit Image - health.kompas.com

Kelelahan memang menjadi salah satu penyebab demotivasi, lho. Ketika kamu sedang lelah, maka badan pun bakal terus terasa capek meskipun sudah beristirahat yang cukup.

Tidak hanya merasa lelah saja, semakin hari kamu akan semakin merasa mudah sakit. Walau hanya sakit ringan, tapi hal ini tetap akan mengganggu aktivitas harian, kan? Selain itu, lelah terus menerus juga akan membuatmu tidak semangat.

Jika kamu sudah mulai merasa selalu lelah dan tidak bersemangat ke kantor, ini tandanya sudah terlalu lelah dalam bekerja. Jadi, jangan lupa untuk mengambil cuti atau memanfaatkan hari libur yang ada untuk merelaksasikan diri, ya.

 

2. Sulit Bangun Pagi

Ketika kamu masih bersemangat ketika di awal mendapat pekerjaan, mungkin bangun di pagi hari adalah suatu hal yang mudah. Namun, bagaimana kalau sedang mengalami demotivasi – dan kelelahan? Maka, bangun pagi merupakan rutinitas yang susah dijalani, bahkan dianggap sebagai beban.

Ketika alarm yang kamu pasang berbunyi pun kalian hanya menekan tombol snooze, hingga akhirnya hanya teriakan orang di rumahlah yang ampuh untuk membangunkanmu. Namun disaat itu, kamu tersadar kalau ternyata sudah telat untuk ngantor. Nah, apakah kamu mengalaminya?

Jika jawabannya iya, ini tandanya kamu sudah mulai merasa lelah, demotivasi, atau jenuh bekerja. Untuk itu, segeralah ambil waktu istirahat sejenak!

 

3. Sering Melakukan Kecerobohan

Credit Image - jojonomic.com

Setiap harinya, kamu pasti menggunakan waktu untuk bekerja secara produktif. Namun, apakah akhir-akhir ini kamu justru berubah? Misalnya, mulai sering melakukan kesalahan dalam pekerjaan – atau perubahan pada kinerja.

Selain itu, mungkin kamu menjadi ceroboh hingga kinerja pun mengkhawatirkan rekan kerjamu. Ini artinya kamu sedang mengalami kelelahan dalam bekerja, lho. Perasaan lelah tersebut membuatmu kehilangan fokus kerja, demotivasi, sampai akhirnya melakukan kesalahan yang fatal.

Tapi tenang, kamu tak perlu menyalahkan diri sendiri atas kesalahan yang sudah dilakukan, ya. Sebaiknya pergilah beristirahatlah dengan cukup, sehingga fokus kerja bisa kembali maksimal.

 

4. Tidur Kurang Nyenyak

Selanjutnya, ketika kamu mengalami demotivasi – dan merasa kelelahan, pola tidur pun dapat ikut terganggu, lho. Paling parahnya, kamu bisa mengalami insomnia. Ya, gangguan tidur tersebut sering terjadi pada orang yang lelah.

Kalau sudah kurang tidur, maka kamu pun dapat lebih sensitif, kemudian menyebabkan dirimu gampang tersinggung. Kalau sudah begini, suasana hati yang buruk akan memengaruhi kinerja. Untuk itu, waktu istirahat yang cukup sangat diperlukan, ya.

 

5. Sulit Berkonsentrasi

Credit Image - klikdokter.com

Kamu merasa kelelahan dalam bekerja? Hati-hati, hal ini juga akan menyebabkanmu sulit untuk berkonsentrasi, lho. Jika sudah begini, pekerjaan bakal lebih sulit untuk diselesaikan, ya. Jangan dibiarkan begitu saja, tapi segeralah mencari solusi guna mengatasi permasalahan ini.

Misalnya, ciptakan lingkungan kondufis selama bekerja. Setidaknya, kamu bisa menciptakan kenyamanan bagi dirimu sendiri. Saat bekerja singkirkan smartphone serta media sosial yang kamu miliki. Jauhkan diri dari gangguan yang dapat mengganggu konsentrasi agar semua pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik.

Dan agar tingkat konsentrasi semakin terjaga, pastikan kamu sudah mendapatkan asupan vitamin dan mineral yang cukup, ya. Pasalnya, kedua hal tersebut bisa membantu menjaga tingkat fokus serta energi tubuh, lho.

Nah, tips yang satu ini pun dapat kamu terapkan dengan mudah, yakni dengan rutin mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan pastinya produktivitas tidak akan terganggu, ya.

 

Jadi, apakah kamu tengah mengalami kelelahan dalam bekerja? Hal ini bisa menyebabkan demotivasi, lho. Jangan dibiarkan, ya! Segera cari solusinya sehingga kamu dapat kembali produktif.

 

 

Featured Image – ladiestory.id