Masih suka lapar di tengah malam? Kalau begitu, cara mengurangi nafsu makan berikut ini wajib kamu simak, lho. Mengonsumsi makanan di malam hari merupakan kebiasaan buruk yang mestinya segera dihentikan.

Tidak hanya dapat membahayakan kesehatan tubuh, namun kebiasaan tersebut juga dapat memicu penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes, hipertensi, dan lain sebagainya.

Lantas, bagaimana cara mengurangi nafsu makan di tengah malam yang dapat diterapkan? Yuk, simak informasinya di bawah ini, ya!

 

 

1. Tidur Lebih Awal

Credit Image - halodoc.com

Cara mengurangi nafsu makan di tengah malam yang pertama, yaitu pergi tidur lebih cepat. Suatu studi menunjukan bahwa orang yang suka tidur larut malam atau begadang lebih cenderung merasa sangat kelaparan di tengah malam. Makanya, jangan tunda waktu tidurmu, ya!

Semakin cepat kamu pergi tidur, semakin sedikit kesempatan untuk pergi ke dapur untuk buka-buka kulkas mencari cemilan. Agar cepat tidur, matikan layar tv dan jauhkan gadget seperti handphone dan laptop menjelang waktu tidur. Atau, kamu juga bisa minum susu hangat sebelum tidur agar bisa terlelap lebih nyenyak tanpa terbangun kelaparan.

 

2. Gosok Gigi Usai Makan Malam

Dilansir dari laman Verywell Fit, orang yang sedang diet biasa mengunyah permen karet mint sebelum tidur untuk mencegah ngidam ngemil setelah makan malam.

Sensasi bersih dan dingin dari mint ternyata dapat membuat kamu enggan untuk mengotori kembali mulut mereka dengan makanan lain. Sensasi mint di mulut juga membuat makanan atau minuman yang masuk terasa pahit.

Sebagai alternatif, kamu dapat segera menggosok gigi setelah makan malam dengan odol perisa mint – atau yang lainnya yang juga memiliki sensasi segar dan dingin pedas. Nah, tak hanya dapat dilakukan sebagai cara mengurangi nafsu makan, tapi tips ini pun sekaligus membersihkan gigi.

 

3. Makan yang Cukup di Siang Hari

Credit Image - okezone.com

Untuk mencegah lapar di tengah malam, kamu tak perlu takut-takut makan di siang hari. Memaksa membatasi asupan kalori sepanjang hari justru membuat kamu gampang lapar tengah malam dan akhirnya jadi makan berlebihan.

Jadi, cara mengurangi nafsu makan berikutnya, pastikan kamu sudah memenuhi kebutuhan asupan makanan di siang hari. Hindari menahan-nahan untuk tidak makan, sehingga tak kalap ketika merasa lapar di malam hari.

 

4. Konsumsi Makanan Tinggi Protein

Protein dan serat adalah sumber zat gizi yang bisa membuat perut kenyang lebih lama. Selain itu, serat juga membantu menurunkan kolesterol jahat LDL yang berbahaya bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Maka, penuhi piring makan malam dengan sumber protein hewani, seperti daging sapi, ayam, ikan, keju, susu, dan yogurt. Atau sumber nabati, mulai dari tahu, tempe, kedela, dan kacang-kacangan. Serta sumber serat seperti buah dan sayuran segar. Selain itu, buah dapat dijadikan sebagai camilan sebelum tidur untuk mengganjal perut supaya tidak gampang terbangun karena lapar tengah malam.

 

5. Cari Kesibukan Sebelum Tidur

Credit Image - suara.com

Biasanya, semakin malam semakin sedikit aktivitas yang bisa kamu lakukan. Namun jika kondisi memaksamu untuk tidur larut malam, cari kesibukan lain untuk mengalihkan pikiran kamu untuk iseng ngemil. Misalnya, membaca buku atau meditasi.

Hal ini akan membantu menjaga pikiranmu teralihkan dari lapar, dan akhirnya juga membuat tertidur lebih mudah. Jadi, pastikan kamu menerapkan cara mengurangi nafsu makan di malam hari ini, ya, sehingga tak mudah kalap dan akhirnya makan berlebihan!

 

6. Tetap Penuhi Kebutuhan Vitamin!

Menurunkan berat badan, salah satunya dengan menerapkan cara mengurangi nafsu makan di atas memang boleh saja, asalkan kamu tetap memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian, sehingga tubuh tak gampang lemas ketika beraktivitas, ya.

Selain dari asupan bernutrisi, maksimalkan kebutuhan vitamin dan mineral dengan rutin mengonsumsi multivitamin seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat  yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent – dengan kandungan vitamin C yang lebih tinggi, serta mampu memberikan perlidungan ekstra terhadap tubuh!

Atau, kamu juga dapat mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tak mudah lelah – dan pastinya menjaga imunitas tubuh tetap optimal.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa mengolah makanan yang dikonsumsi, kemudian diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini tentunya bisa membuat makin produktif dalam melakukan aktivitas harian.

 

Itulah deretan cara mengurangi nafsu makan di malam hari yang dapat kamu terapkan. Ingat, hindari makan berlebihan di tengah malam, ya. Pasalnya, kebiasaan tersebut dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh!

 

 

Featured Image – yesdok.com