Masih sering diremehkan, mengumpulkan dana pensiun sedini mungkin menjadi hal yang tak boleh dilewatkan, lho. Nah, dana tersebut pun bisa kamu kumpulkan dari beragam sumber, termasuk melakukan investasi.

Katanya kebutuhan ketika memasuki usia tidak produktif bakal lebih besar ketimbang di usia muda. Mungkin ungkapan tersebut benar adanya, mengingat membengkaknya biaya perawatan kesehatan serta biaya hiburan. Memang, memasuki usia pensiun sudah seharusnya hari-hari diisi dengan hiburan.

Nah, agar masa pensiun dapat dinikmati secara maksimal, yuk, segera kumpulkan dana pensiun, salah satunya dengan melakukan investasi. Apa saja jenis investasi yang direkomendasikan?

Ini ulasan lengkapnya!

 

 

Investasi Dana Pensiun – Emas

Credit Image - blog.bibit.id

Investasi untuk dana pensiun pertama yang direkomendasikan, yakni dalam bentuk emas. Memang, secara jangka panjang, harga emas jarang sekali mengalami penurunan tajam, sehingga jika ingin dijual pun kamu tidak rugi.

Nah, buat kamu yang saat ini berusia 30 tahun, artinya masih ada kesempatan untuk menyiapkan dana pensiun untuk 25 tahun ke depan. Dengan asumsi kenaikan harga tersebut,kamu bisa mendapatkan imbal hasil yang lebih baik ketimbang hanya menyimpannya di tabungan.

Selain itu, emas juga merupakan investasi yang dikenal tahan banting terhadap inflasi dan juga ketidakpastian ekonomi, lho. Sehingga, ketika inflasi muncul, biasanya orang akan mengalihkan aset investasinya ke emas yang pada akhirnya akan mengerek harga emas ke tingkat yang lebih tinggi lagi.

Untukmu yang ingin menginvestasikan emas untuk dana pensiun, kamu bisa membuka rekening emas digital – dengan demikian, harga jual emas yang lebih murah dapat diperoleh, ketimbang membelinya secara fisik.

 Tapi, buatmu yang ingin mendapatkan fisik emasnya juga bisa mencetak emas yang dimiliki dengan ukuran 1 sampai 100 gram. Teknik tersebut mensyaratkan kamu terus membeli emas baik dalam segala kondisi, baik itu ketika harga naik ataupun ketika harga turun. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan harga rata-rata yang relatif mudah untuk jangka panjang.

 

Investasi Dana Pensiun – Reksadana

Produk investasi yang juga bisa dijadikan pilihan untuk dana pensiun adalah reksadana. Ada beberapa jenis reksadana yang bisa digunakan, mulai dari reksadana pasar uang, reksadana saham, reksadana campuran ataupun reksadana pendapatan tetap.

Untuk menghindari risiko terjadinya penyusutan dana, pilih produk reksadana yang memiliki tingkat risiko paling mini. Kamu bisa memperimbangkan produk reksadana pendapatan tetap dan reksadana pasar uang.

Reksadana pendapatan tetap adalah jenis reksadana yang memiliki basis investasi di surat utang.. Sementara reksadana pasar uang adalah jenis reksadana dengan basis investasi obligasi jangka pendek dan juga deposito.

Yang menarik, investasi dalam bentuk reksadana juga dapat berbentuk tabungan, lho. Jadi, kamu bisa membeli – atau menjualnya kapan saja. Bahkan, kamu pun bisa memantau perkembangan reksadana melalui aplikasi.  

Ketika ingin mencairkannya, dana akan langsung masuk ke rekening maksimal 2 hari setelah tanggal penjualan. Jadi investasi untuk dana pensiun yang satu ini sangat likuid, ya!

 

Investasi Dana Pensiun – Saham

Credit Image - ocbcnisp.com

Yang terakhir, investasi dana pensiun juga dapat dipilih dalam bentuk saham. Nah, karena kamu ingin mengumpulkan dana pensiun, ada baiknya memilih saham-saham yang memiliki prospek secara jangka panjang.

Kamu bisa melakukan pembelian saham pilihan secara rutin setiap bulannya. Ketika pasar bergejolak, jangan panik, ya! Ingat tujuan keuangan kamu, dana ini akan digunakan untuk dana pensiun yang baru akan kamu cairkan 10 atau 15 tahun mendatang, jadi terus lakukan pembelian sehingga akan terbentuk harga rata-rata.

 

Kumpulkan Dana Pensiun, Pastikan Energi Tubuh Tetap Terjaga!

Nah, dalam menyiapkan dana pensiun pastikan kamu sudah menjaga stamina tubuh, sehingga kegiatan bekerja pun tetap lancar dan pastinya membuat kamu makin produktif. Untuk menjaga stamina, apalagi buatmu yang punya aktivitas padat, disarankan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Enervon Active yang mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuh.

Kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan pastinya produktivitas tidak akan terganggu, ya.

 

Jadi, sudahkah kamu berencana untuk mengumpulkan dana pensiun? Yuk, jangan ditunda-tunda terus, ya. Ingatlah, lebih cepat lebih baik, lho. Nah, kamu bisa kumpulkan dana tersebut dengan melakukan sejumlah jenis investasi yang sudah disebut di atas. Selamat mencoba, ya!

 

 

Featured Image – pluang.com