Apakah tahun ini moms sudah mulai mengajak Si Kecil untuk menjalani ibadah puasa? Nah, untuk mengurangi rasa bosan menunggu waktu berbuka, kamu bisa mengajak anak melakukan deretan aktivitas menyenangkan berikut, lho.

Selama puasa, sebaiknya hindari beragam kegiatan yang terlalu banyak menguras tenaga, seperti aktivitas di luar rumah. Namun sayangnya, berada di rumah saja tentu dapat membuat Si Kecil menjadi bosan, kan?

Nah, berikut ini sejumlah aktivitas yang bisa moms lakukan bersama anak agar ia tidak gampang bosan sembari menunggu waktu berbuka.

 

 

Bermain Bersama

Credit Image - klikdokter.com

Memilih permainan saat menjalankan puasa jangan sampai yang menguras tenaga dan membuat anak malah menjadi lelah. Moms bisa memilih mainan yang ada di rumah yang bisa dimainkan di ruang tengah bersama-sama, seperti main puzzle, boneka, atau bricks.

Namun jika ingin mengenalkan Si Kecil dengan permainan lainnya, kamu bisa mencoba mengajak anak melakukan permainan klasik yang dulu sering dimainkan kamu waktu kecil. Sebut saja mainan halma, ular tangga, monopoli, atau ludo. Semua permainan ini cukup seru – dan Si Kecil hanya tinggal duduk santai sambil bermain.

 

Bermain Kuis

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan juga untuk mengisi waktu di bulan puasa adalah bermain kuis bersama Si Kecil. Moms bisa melakukan permainan ini sambil santai di kasur atau ruang tengah. Intinya adalah melakukan permainan yang asik tapi tidak menguras tenaga.

Agar lebih bermanfaat lagi, coba buatlah kuis atau tebak-tebakan yang berhubungan dengan pengetahuan agama. Jadi selain belajar berpuasa, Si Kecil juga akan mendapat pengetahuan tentang agama Islam.

Atau, moms juga dapat mengajak anak bermain pada saat menjelang sore – atau ketika ia sudah merasa bosan dengan harinya.

 

Membaca Buku dan Menonton Film

Credit Image - cnnindonesia.com

Pilihan kegiatan lainnya yang seru adalah dengan membaca buku dan mendongeng tentang kisah-kisah islami. Anak-anak biasanya pasti suka dengan cerita dongeng. Apalagi kalau moms bisa menceritakan dengan seru dan menarik, pasti anak akan antusias mendengarkannya.

Selain itu jika bosan dengan mendongeng atau membaca buku cerita, coba santai sebentar sambil mengajak anak menonton film anak. Sekarang, sudah ada banyak film atau series untuk anak-anak yang dapat diakses melalui layanan streaming, moms.

 

Mengisi Jurnal Ramadan

Selama bulan Ramadhan nanti, Si kecil akan ikut belajar menjalankan puasa. Agar ia tidak mudah bosan menjalaninya, moms bisa mengajak si kecil untuk membuat catatan, seperti menulis jurnal harian ketika ia menjalankan puasa.

Misalnya pada hari pertama si kecil hanya bisa kuat sampai jam 10 pagi, hari selanjutnya setengah hari dan kemudian bisa full satu hari penuh berpuasa. Nah, tuliskan hal tersebut di dalam jurnal anak, moms. Rajin membuat catatan selama Bulan Ramadhan tentu akan menjadi kenangan tersendiri. Saat besar nanti kamu bisa mengajak anak untuk bernostalgia tentang kenangannya belajar puasa.

 

Memasak Bersama

Credit Image - kumparan.com

Menjelang sore adalah saatnya untuk menyiapkan menu berbuka puasa. Akan sangat seru jika moms mengikutsertakan anak – dan memberikannya peran juga pada aktivitas ini.

Pada saat memasak, ajak Si Kecil untuk turut serta membantu proses masak. Tentu bukan bagian yang membahayakan, misalnya mencuci sayuran dan buah atau mengaduk adonan yang tidak panas tentunya. 

Atau, moms juga bisa meminta bantuan anak untuk merapikan meja makan dan menyiapkan alat makan. Intinya, buatlah Si Kecil merasa penting di dalam setiap momen di bulan puasa. Selain itu kebiasaan ini juga mengajarkan anak untuk mau membantu orang lain dan memiliki rasa empati.

 

Si Kecil Belajar Berpuasa, Pastikan Kebutuhan Nutrisinya Sudah Terpenuhi!

Yang tidak kalah pentingnya, selama berpuasa, moms mesti memastikan bahwa kebutuhan nutrisinya sudah terpenuhi dengan baik, ya. Selain menyajikan menu sahur dan berbuka yang sehat dan bergizi seimbang, kamu juga dapat mengoptimalkan pemenuhan nutrisi dengan memberi Si Kecil multivitamin dengan kandungan lengkap.

Moms, direkomendasikan untuk memberi Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh anak.

Selain itu, sejumlah vitamin tersebut juga dapat membantu meningkatkan nafsu makan Si Kecil, mengoptimalkan tumbuh kembangnya, memperkuat tulang dan gigi, sekaligus membantu penuhi kebutuhan nutrisi harian.

 

Jadi, itulah deretan aktivitas yang dapat dilakukan bersama Si Kecil selama menjalani ibadah puasa. Menyenangkan, ya, moms?

 

 

Featured Image – mediaindonesia.com