Berbuka puasa memang waktunya untuk melepas rasa lapar dan dahaga. Biar tetap sehat, ada baiknya kamu memilih menu buka puasa yang kaya akan nutrisi. Dengan demikian, kesehatan tubuh pun dapat tetap terjaga.

Biasanya, menu berbuka didominasi oleh beragam makanan manis – tentu saja kebanyakan asupan gula tidak baik untuk kesehatan tubuh, kan? Sebagai gantinya, pilihlah menu yang tinggi akan protein, vitamin, atau mineral.

Biar kamu tak bingung, berikut 5 rekomendasi menu berbuka puasa sehat yang dapat dicoba di rumah. Sila simak informasinya di bawah ini!

 

 

1. Smoothies Buah

Credit Image - lilluna.com

Manisnya segelas smoothies bisa menghilangkan dahaga seketika, lho. Tak percaya? Minuman ini biasanya dibuat dari campuran yoghurt atau susu dengan potongan buah segar. Bahkan, penggemar smoothies juga kerap bereksperimen dengan menambahkan sayuran.

Jika kamu ingin smoothies yang sehat, pilihlah susu atau yoghurt yang rendah lemak dan gula. Tidak perlu tambahan gula karena buah yang digunakan sudah memiliki rasa manis. Menu buka puasa sehat ini punya keunggulan dibandingkan jus biasa.

Kandungan serat smoothies cukup tinggi sehingga satu gelas saja sudah bisa menghilangkan rasa haus dan lapar. Kalorinya pun tidak banyak, yakni sekitar 200–300 kkal untuk setiap sajian.

 

2. Kolak Pisang Tanpa Santan

Berbuka puasa rasanya tidak lengkap tanpa kolak, ya? Tapi, bagi kamu yang tidak suka makanan bersantan – atau  takut mengonsumsi kolak karena kandungan santannya, jangan cemas, kolak masih bisa dibuat tanpa santan, kok!

Nah, kamu bisa mengganti santan dengan bahan lain yang lebih menyehatkan. Alih-alih menggunakan santan sebagai bahan kuah kolak, coba gantilah dengan susu. Pilihlah susu skim yang kandungan lemaknya lebih rendah. Atau, kamu juga dapat mengganti gula merah dengan pemanis buatan yang rendah kalori.

Pemanis buatan akan membuat menu takjil buka puasa ini terasa manis, tetapi tetap aman untuk mengontrol kadar gula darah.

 

3. Puding Buah

Credit Image - yummyeasycooking.blogspot.com

Puding biasanya lekat dengan rasa yang manis dan kandungan gula yang tinggi. Akan tetapi, kamu pun bisa membuat puding yang menyehatkan dengan bahan utama berupa buah-buahan segar. Caranya mudah, yaitu buat puding dari bubuk agar-agar, kemudian setelah matang siapkan potong buah-buahan favorit di dalam sebuah wadah.

Tuangkan larutan agar-agar ke atas potongan buah dan diamkan beberapa jam. Makanan berbuka puasa yang sehat yang satu ini biasanya tidak lengkap tanpa saus puding alias vla. Atau, kamu bisa membuat vla sendiri yang lebih menyehatkan dengan mencampur kuning telur, vanili, dan susu rendah lemak.

 

4. Es Buah

Selanjutnya, menu buka puasa yang satu ini hampir selalu hadir di setiap waktu berbuka, kan?  Biasanya, es buah mengandung gula pasir, berbagai jenis sirup, dan krim kental manis. Hal ini membuat kandungan gulanya menjadi sangat tinggi, lho.

Tapi tenang, kamu bisa membuat es buah versi yang lebih sehat. Cara mengurangi gula pada menu ini adalah dengan membuat kuah dengan campuran air, perasan lemon, dan madu. Dan, kamu juga bisa membuat kuahnya dari jus buah kaya air, seperti semangka.

Lengkapi makanan berbuka puasa yang sehat ini dengan aneka ragam buah-buahan. Hal ini lebih menyehatkan karena tubuhmu bisa mendapatkan zat gizi yang berbeda-beda dari setiap jenis buah.

 

5. Salad Sayur dan Buah

Credit Image - kompas.com

Sayur dan buah merupakan salah satu ragam menu buka puasa sehat yang bisa kamu coba. Panduan kesehatan Ramadan dari NHS merekomendasikan konsumsi makanan kaya serat, seperti buah dan sayur. Kedua menu ini pun cocok untuk memenuhi kebutuhan serat harian.

Sayur dan buah diproses secara perlahan di dalam lambung dan usus. Hal ini membuat pengosongan perut lebih lama. Jadi, efek kenyang akan berlangsung lebih lama. Tapi, ketika mengolah salad sayur dan buah, sebaiknya hindari saus tinggi garam, gula, dan lemak jenuh, seperti krim kental manis, mayonais, dan saus keju.

Sebagai alternatif, gantilah dengan dressing salad yang sehat, seperti minyak zaitun, madu dan lemon, serta yoghurt tanpa gula.

 

6. Jaga Kesehatan Selama Puasa, Terapkan Pola Hidup Sehat!

Selain memilih menu berbuka yang bernutrisi tinggi, kamu juga disarankan untuk menerapkan pola hidup sehat agar kondisi tubuh tetap fit. Hal ini juga akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh, lho.

Pastikan kamu sudah mencukupi kebutuhan cairan tubuh, istirahat selama 7-8 jam setiap malamnya, rajin berolahraga, serta mengelola stres. Dan lengkapi hidup sehatmu dengan rutin mengonsumsi multivitamin.

Kamu direkomendasikan mengonsumsi suplemen multivitamin dari Enervon yang punya beragam kandungan vitamin dan mineral.

Minum Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C Effervescent yang mengandung Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg – yang satu ini dapat berikan perlindungan ekstra, serta dapat memberikan rasa segar sepanjang hari, lho.

Dan, untuk kamu yang punya lambung sensitif, sangat direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Pastinya, kandungan vitamin C dan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu mengoptimalkan kekebalan tubuh. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks pada  membantu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Hal ini tentu dapat membuat kamu semakin produktif.

 

Jadi, itulah deretan rekomendasi menu berbuka sehat yang kaya akan nutrisi. Meski lebih sehat, tapi rasanya tak kalah nikmat, lho!

 

 

Featured Image – delish.com