Siapa yang berniat untuk menjalani kerja sampingan di bulan Ramadan? Jangan salah, momen ini merupakan waktu tepat untuk berbisnis, lho. Jika kamu tertarik, pastikan tidak melewatkan informasi penting berikut, ya!

Tak bisa dipungkiri, selama Ramadan mungkin kamu akan mengeluarkan banyak uang, apalagi ketika mendekati lebaran. Nah, menjalani kerja sampingan bisa menjadi pilihan tepat untuk menambah penghasilan.

Tenang, kerja sampingan bisa dilakukan di rumah – atau bahkan, sembari melakukan pekerjaan utama. Penasaran, apa saja jenis kerja sampingan yang direkomendasikan? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

 

 

Desain Kartu Ucapan

Credit Image - finance.detik.com

Untukmu yang masih tidak bisa mudik di tahun ini, tenang, kamu masih bisa mengirimkan kartu ucapan atau hampers kepada sanak saudara atau teman, kok.

Biasanya, pengiriman hampers disertai dengan kartu ucapan dengan desain dan kata-kata yang ciamik. Jika tertarik dengan bidang desain, kamu bisa membuka jasa desain kartu ucapan. Kamu bisa memanfaatkan tools yang ada di rumah, seperti laptop, tablet, dan printer.

Namun, jika tidak memiliki printer khusus untuk kartu ucapan, kamu juga bisa memberikan desain tersebut secara digital kepada klien. Tidak sedikit juga orang yang hanya mengirimkan kartu ucapan secara digital kepada kerabatnya.

Kerja sampingan yang satu ini menarik untuk dilakukan, ya?

 

Bisnis Online Shop

Rekomendasi kerja sampingan lainnya yang dapat digeluti selama bulan Ramadan, yakni membuka bisnis online shop. Memang, banyak sekali ladang usaha yang dapat kamu jalankan selama bulan puasa ini, lho.

Misalnya, jika senang memasak, kamu bisa menjual takjil atau menu sahur dan buka puasa kepada tetangga dan kerabat. Kamu bisa memasarkannya secara online melalui broadcast di grup WhatsApp. Kamu juga bisa mempromosikannya di Instagram, Facebook, hingga e-commerce kesayanganmu.

Pakai foto yang menarik untuk makanan yang kamu buat dan jual sendiri. Sertakan caption yang jelas dan lengkap untuk membuat calon pembeli tertarik, ya.

Tapi, kalau tidak senang memasak, kamu bisa menjadi reseller atau dropshipper untuk keperluan ramadan dan lebaran, seperti kurma, pakaian muslim, dan hampers. Jadi, di sini kamu tidak memerlukan modal besar dan tidak perlu memiliki stok barang di rumah.

 

Menulis Konten

Credit Image - contentwriters.com

Kerja sampingan berikutnya yang bisa dijalani, yakni menulis konten. Walaupun banyak perusahaan yang tidak merekrut karyawan, tetapi masih banyak perusahaan yang membutuhkan freelancer. Salah satu bidang yang masih ramai permintaan freelance adalah penulisan.

Terdapat berbagai jenis penulisan yang memiliki banyak permintaan, seperti penulisan konten blog dan copywriting. Kamu bisa menemukan kesempatan freelance writer di berbagai situs lowongan pekerja lepas, ya.

 

Admin Media Sosial

Kerja sampingan saat Ramadan lainnya adalah menjadi admin media sosial. Saat ini, banyak Usaha Mikro Kecil Menengah – atau UMKM yang menggunakan media sosial sebagai upaya pemasarannya. Namun, tidak banyak UMKM yang memiliki admin media sosial.

Padahal, media sosial merupakan salah satu platform yang tepat untuk memasarkan UMKM, lho. Jika kamu mengerti atau pernah mempelajari cara bekerja media sosial, hal tersebut sangat berguna untuk menjadi admin media sosial. 

Di internet pun tersebar berbagai tips dan trik menggunakan media sosial sebagai alat pemasaran yang bisa kamu manfaatkan untuk memaksimalkan kerjamu.

Jadi, kalau kamu memiliki teman yang menjalankan UMKM, kamu bisa menawarkan diri untuk menjadi admin media sosialnya. Saran lainnya, kamu bisa mencari lowongan admin media sosial di situs pekerja lepas.

 

Menjual Barang yang Tak Terpakai

Credit Image - summareconserpong.com

Kerja sampingan yang satu ini juga mudah dilakukan, lho. Jika memiliki barang tidak terpakai lagi, seperti buku, pakaian, hingga make up, kamu bisa menjualnya di media sosialmu. Kamu bisa membuat akun khusus untuk online shop barang preloved-mu.

Sebelum difoto, kamu perlu membersihkan barang yang ingin kamu jual agar menjadi layak dijual. Buat foto semenarik mungkin agar calon pembeli tertarik dengan barangmu. Nah, di awal penjualan, kamu juga bisa membuat promo seperti diskon 20 persen bagi yang mengikuti akun online shop.

 

Jalani Kerja Sampingan di Bulan Ramadan? Jangan Lupa Jaga Energi Tubuh!

Pastinya, kamu ingin kerja sampingan di bulan puasa nanti dapat berjalan dengan lancar, kan? Jangan lupa, kamu mesti tetap menjaga stamina tubuh agar tidak gampang lelah, ya.

Kamu pasti tahu bahwa mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap – dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Tak hanya itu, tapi multivitamin, terutama yang mengandung vitamin B kompleks – juga berfungsi untuk menjaga stamina tubuh, lho.

Kalau stamina tubuh sudah terjaga dengan baik, pastinya kamu bakal lebih mudah menjalani bisnis online, apalagi yang bergerak di bidang kuliner. Biasanya bisnis makanan bakal lebih sibuk, sehingga kamu butuh tenaga ekstra.

Nah, dalam hal ini, kamu direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active – multivitamin tepat untuk menemani berbagai rutinitas harian, dan pastinya nyaman di lambung. Kamu bisa meminumnya di waktu sahur dan berbuka puasa.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan pastinya produktivitas tidak akan terganggu, ya.

 

Nah, itulah deretan rekomendasi kerja sampingan yang bisa kamu lakukan di bulan Ramadan. Apakah kamu tertarik menjalani salah satunya?

 

 

Featured Image – gobiz.co.id