Moms, apakah tahun ini Si Kecil sudah mulai menjalani ibadah puasa? Tak harus langsung satu hari penuh, anak pun bisa melakukan ibadah puasa secara bertahap, misalnya berpuasa setengah hari terlebih dahulu.

Dalam hal ini, moms mesti memenuhi kebutuhan nutrisi anak dengan baik selama ia berpuasa, lho. Karena, nutrisi punya peran penting terhadap tumbuh kembang Si Kecil serta memelihara kesehatan tubuhnya.

Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi anak selama bulan puasa, berikut ini 6 tips yang dapat moms terapkan. Yuk, disimak!

 

 

1. Perhatikan Menu Sahur

Credit Image - genpi.co

Berbicara mengenai menu makanan yang tepat untuk sahur, moms mungkin berpikir mengenai jenis-jenis makanan yang bisa membuat si Kecil kenyang dalam waktu lama. Padahal, fokus utamanya, yakni seharusnya pada kandungan nutrisi pada makanan yang akan dihidangkan.

Sebagai rekomendasi, para pakar anak menyarankanmu supaya memberikan hidangan menu makanan yang kaya akan protein seperti kacang-kacangan, oatmeal dan telur. Untuk pemanis, moms bisa memberikan Si Kecil susu murni dan yoghurt.

 

2. Pastikan Anak Mencukupi Kebutuhan Cairannya

Selama puasa, pastikan pula kebutuhan cairan Si Kecil sudah terpenuhi, moms. Sebagai orangtua, kamu pastilah memahami bahwa meminum air putih sangatlah penting untuk proses tumbuh kembang Si Kecil secara khusus kinerja otaknya.

Untuk itu, dalam menjalani ibadah puasa, kamu diharapkan memberikan anak minum air putih yang banyak – tapi tetap cukup. Tentu, takaran yang diberikan sebaiknya sesuai dengan yang dibutuhkan oleh anak, misalnya jika Si Kecil berusia 4-5 tahun, maka berikan 1,6 liter air per-hari.

Kemudian, bagikan asupan cairan tersebut secara rata untuk sahur dan buka puasa secara seimbang supaya tidak kurang maupun berlebihan.

 

3. Menu Buka Puasa juga Mesti Diperhatikan

Credit Image - haibunda.com

Jika pada poin sebelumnya sudah dibahas mengenai menu sahur, nah, moms juga perlu memerhatikan menu berbuka puasa, lho. Dalam hal ini, kamu perlu memerhatikan menu makanan yang tidak boleh dilewatkan anak ketika buka puasa.

Selain buah-buahan dan air putih, moms dianjurkan untuk memberikan hidangan yang turut meliputi sup berisi sayur-sayuran supaya perut Si Kecil yang telah menahan lapar dalam rentang waktu tertentu tidak kaget.

 

4. Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari

Masih membahas mengenai menu makanan, moms mesti mengetahui mengenai makanan dan minuman yang harus dihindari Si Kecil saat mulai mencoba menjalankan ibadah puasa dalam batasan waktu setengah hari.

Untuk makanan, para pakar anak mengisyaratkan bahwa makanan dengan kandungan gula yang tinggi sebaiknya dihindari karena memberi nutrisi sehat merupakan tujuan utama saat ini. Sedangkan, untuk minuman, moms ditegaskan hanya fokus pada air putih, susu dan jus murni.

 

5. Memberikan Buah untuk Sumber Vitamin

Credit Image - health.detik.com

Berbicara mengenai nutrisi, anak tentu membutuhkan beragam vitamin yang dapat mempertahankan stamina dan daya tahan tubuhnya. Tentu, hal ini dapat diwujudkan melalui pemberian buah-buahan kepada Si Kecil pada waktu sahur dan buka puasa.

Secara khusus, untuk anak-anak yang masih berusia dini, para pakar anak menyarankan beberapa buah seperti semangka, berries, anggur dan jeruk. Atau, moms juga bisa memberikan pemanis seperti yoghurt atau membuatnya menjadi jus untuk diminum.

 

6. Lengkapi Kebutuhan Nutrisi dengan Memberi Suplemen Multivitamin

Untuk memastikan kebutuhan nutrisi Si Kecil sudah terpenuhi selama puasa, selain menyajikan menu sahur dan berbuka yang sehat dan bergizi seimbang, kamu juga dapat mengoptimalkan pemenuhan nutrisi dengan memberi Si Kecil multivitamin dengan kandungan lengkap.

Moms, direkomendasikan untuk memberi Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh anak.

Selain itu, sejumlah vitamin tersebut juga dapat membantu meningkatkan nafsu makan Si Kecil, mengoptimalkan tumbuh kembangnya, memperkuat tulang dan gigi, sekaligus membantu penuhi kebutuhan nutrisi harian.

 

Wah, bagaimana, moms? Sekarang kamu sudah memahami berbagai tips untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil di bulan puasa, kan? Pastikan sejumlah hal di atas diterapkan dengan baik, ya!

 

 

Featured Image – kiddo.id