Memasuki tahun kedua pandemi Covid-19, masyarakat Indonesia sudah diperbolehkan untuk melaksanakan mudik lebaran. Meski demikian, syarat vaksinasi lengkap serta mendapat booster mesti dipenuhi bagi para warga yang ingin aktivitas pulang kampung tersebut.

Kabar baiknya, pemerintah akan menyediakan tempat vaksinasi gratis bagi para pemudik, lho. Hal ini pun disampaikan langsung oleh Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin. Adanya tempat vaksinasi gratis dapat membantu pemudik yang belum mendapat booster.

Lebih lanjut mengenai rencana penyediaan tempat vaksin gratis tersebut, berikut ini informasi lengkapnya.

 

 

Masyarakat Disarankan untuk Vaksin Booster

Credit Image - detik.com

Menkes Budi Gunadi Sadikin menyarankan agar masyarakat segera melakukan vaksinasi booster. Jika vaksinasi tidak lengkap, maka akan melahirkan risiko terpapar bagi sanak saudara atau orangtua yang dikunjungi saat mudik.

Vaksinasi tidak lengkap itu dampaknya negatif, terutama ke orangtua. Padahal, orangtua – atau lansia kerap menjadi sasaran kunjungan anak-anaknya ketika lebaran. Jadi, disarankan kalau mau mudik sebaiknya vaksinasi booster untuk memperkecil risiko penularan.

 

Ada 80 Juta Dosis yang Bisa Dipakai untuk Booster

Selanjutnya, disebutkan pula bahwa stok vaksin yang ada di Indonesia telah mencapai angka 475 juta dosis. Sekitar 395 juta vaksin sudah digunakan untuk masyarakat. Sedangkan sisanya, ada 80 juta dosis vaksin yang bisa dipakai untuk suntik vaksin booster.

Menurut Menkes RI Budi Gunadi Sadikin, sekarang seminggu rata-rata lima sampai enam juta orang divaksin. Kalau kondisi normal, paling 20 juta dosis terpakai dalam satu bulan, jadi Indonesia masih punya stok vaksin untuk empat bulan ke depan. Cukup untuk dosis dua dan booster.

 

Vaksin Dosis Ketiga Menjadi Syarat Mudik

Credit Image - kabar24.bisnis.com

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah mengumumkan sejumlah kebijakan pemerintah, salah satunya tentang mudik. Jokowi mengatakan, pemerintah tahun ini tidak melarang masyarakat Indonesia untuk mudik lebaran. Meski demikian, syaratnya masyarakat harus sudah vaksin booster.

Dikatakan bahwa, bagi masyarakat yang ingin melakukan mudik lebaran dipersilakan, juga diperbolehkan dengan syarat sudah mendapatkan dua kali vaksin dan satu kali booster untuk menghindari risiko penularan virus ketika mengunjungi sanak saudara.

 

Mudik Sudah Diperbolehkan, Tapi Pencegahan Virus Masih Harus Dilakukan!

Meskipun masyarakat sudah boleh melakukan aktivitas mudik lebaran, namun selama kegiatan tersebut berlangsung, pastikan tetap menjalani protokol kesehatan, sehingga tingkat penularan tetap bisa ditekan – dan tak terjadi lonjakan kasus positif lagi.

Tetap patuhi protokol kesehatan, mulai dari memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, hingga menghindari kerumunan. Kalau pun harus berada di ruang publik, pilihlah lokasi terbuka dan memiliki ventilasi udara yang baik.

Dan kamu pun dianjurkan tetap menjaga kesehatan fisik, seperti istirahat yang cukup, sebisa mungkin tetap berolahraga, serta mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap yang dapat memaksimalkan perlindungan tubuh.

Namun, apa multivitamin yang sebaiknya dikonsumsi? Kamu direkomendasikan untuk mengonsumsi multivitamin dari Enervon secara rutin.

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Kamu dapat meminum Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Untukmu yang memiliki masalah lambung sensitif – direkomendasikan minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus mengoptimalkan imunitas tubuhmu.

Dan kedua multivitamin ini pun dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga asupan makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat satu ini berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya.

 

Para pemudik dapat mendapatkan vaksin booster di fasilitas-fasilitas yang akan disediakan oleh pemerintah nantinya. Namun, agar kegiatan mudik tetap aman dan nyaman, pastikan terus melakukan prokes dan menjaga kekebalan tubuh!

 

 

Featured Image – homecare24.id

Source – popmama.com