Sering merasa ngeblank ketika bekerja, apalagi di bulan puasa? Pastikan kamu segera mengatasinya agar deadline. Bagi sebagian orang, hal ini menjadi tantangan tersendiri.

Sayangnya, kehilangan fokus dan konsentrasi sering dialami selama berpuasa, pada akhirnya hal tersebut pun membuatmu kerap ngeblank ketika bekerja, lho. Tapi tenang, untuk mengatasinya, ada 5 tips yang dapat diterapkan.

Yuk, simak informasinya di bawah ini!

 

 

Perbanyak Minum Air Putih

Credit Image - gaya.tempo.co

Seperti yang disebutkan di atas, saat tubuh dehidrasi maka bisa berpengaruh pada kemampuan fokus saat bekerja. Melansir Healthline, dehidrasi ringan dapat menurunkan memori dan kinerja otak, meningkatkan perasaan cemas, hingga merusak suasana hati.

Itulah mengapa, selama waktu berbuka hingga sahur sebaiknya perbanyak minum air putih, atau minimal 8 gelas. Tujuannya supaya kamu dapat menjalankan puasa dengan lancar dan tetap produktif selama beraktivitas.

 

Konsumsi Makanan Bergizi

Cara untuk tetap fokus saat puasa yang selanjutnya adalah dengan memastikan kamu mengonsumsi makanan-makanan bergizi. Dilansir dari BetterUp, dikatakan bahwa saat kamu menahan lapar, maka akan menyebabkan sakit kepala, kelelahan, dan penurunan fungsi otak.

Supaya tetap fokus bekerja selama berpuasa, sebaiknya jauhi makanan seperti junk food dan makanan instan saat sahur atau berbuka puasa. Perbanyak konsumsi makanan sehat dan bergizi tinggi seperti sayuran, buah-buahan, ikan, hingga telur, ya!

 

Susun Jadwal Harian

Credit Image - apkmody.io

Di bulan Ramadan, kamu tetap bisa menyeimbangkan pekerjaan dan ibadah. Namun, supaya bisa melakukannya, kamu harus bisa selalu fokus saat bekerja. Nah, supaya kamu bisa tetap fokus untuk menyelesaikan pekerjaan, maka sebaiknya coba untuk membuat to do list.

Kamu bisa membuat daftar mana saja pekerjaan yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Jika bingung menentukannya, kamu bisa membaginya sesuai prioritas tiap pekerjaan. Mengerjakan pekerjaan yang sesuai prioritas akan membuatmu lebih produktif dan tidak kewalahan dalam memenuhi deadline dari atasan.

 

Hindari Distraksi

Banyak orang yang menganggap bahwa gangguan hanya ada ketika kamu bekerja di rumah saja. Sayangnya, ketika di kantor, kamu pun bisa kehilangan fokus akibat distraksi, lho. Misalnya, karena ada rekan kerja yang terus-menerus mengajak ngobrol hingga notifikasi smartphone yang tak berhenti berbunyi.

Salah satu cara agar kamu bisa tetap produktif dan fokus saat puasa adalah dengan meminimalisir distraksi. Kamu bisa mulai dengan cara mematikan notifikasi di smartphone dan berani menolak ajakan rekan kerja yang ingin terus ngobrol selama jam kerja.

Selain itu, kamu bisa mencoba menggunakan earphone dan mendengarkan musik untuk meningkatkan produktivitas kerja.

 

Beristirahat Sejenak

Credit Image - klikdokter.com

Mengambil istirahat sejenak atau micro break dapat bermanfaat untuk mengembalikan fokusmu selama bekerja, lho. Saat terlalu lama bekerja dan menatap layar, otak juga dapat kelelahan. Hal itu bisa menimbulkan sakit kepala.

Apalagi saat puasa kamu juga akan mudah merasa haus dan lapar. Jadi, fokus bisa terganggu dan sulit untuk kembali produktif. Karena itu, saat pikiran sudah tidak bisa fokus, jangan paksa untuk terus bekerja.

Cobalah untuk istirahat sejenak dengan jalan-jalan keliling kantor dan mencari udara segar.

 

Rutin Konsumsi Multivitamin

Untuk meningkatkan fokus bekerja selama puasa, pastikan energi tubuh sudah tercukupi dengan baik, ya. Hal ini bisa dilakukan dengan mendapatkan asupan vitamin dan mineral – yang juga berperan dalam proses metabolisme, sehingga tubuh tak mudah merasa lemas.

Selain dari makanan bergizi, kamu bisa mencukupi asupan vitamin dan mineral dengan dengan rutin mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan pastinya produktivitas tidak akan terganggu, ya.

 

Jadi, kamu sering kehilangan konsentrasi ketika bekerja di bulan puasa? Yuk, hindari permasalahan yang satu ini dengan menerapkan sejumlah tips di atas. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – glints.com