Ketika berpuasa, menjaga kekebalan tubuh menjadi tugas utama yang penting kamu lakukan, lho. Pasalnya, kalau imunitas melemah, ibadah puasa pun tidak dapat dijalani secara optimal. Apakah kamu setuju?

Tak memerlukan langkah yang repot, setidaknya ada 5 cara meningkatkan imun tubuh selama berpuasa yang bisa diterapkan. Hal ini pun akan membuat tubuh tetap fit dan bugar, sehingga tidak gampang lemas ketika puasa.

Lantas, apa saja cara meningkatkan imun tubuh tersebut? Simak informasinya di bawah ini!

 

 

1. Mengelola Stres dengan Baik

Credit Image - halodoc.com

Cara meningkatkan imun tubuh selama berpuasa yang pertama, yakni mengelola stres dengan baik. Ingat, menghilangkan stres adalah salah satu cara meningkatkan kekebalan tubuh saat puasa yang ampuh.

Pada dasarnya, stres bukanlah hal yang sepenuhnya negatif, lho. Ini termasuk hal baik, sebagai persiapan diri dalam menghadapi tantangan hidup.

Namun, jika dibiarkan “tinggal” terlalu lama, dampak buruk akan datang. Beberapa riset menunjukkan, stres berkepanjangan bisa melemahkan sistem imun tubuh. Maka dari itu, hindari stres dan lakukan segala hal yang bisa menenangkan pikiran kamu, selama tidak merugikan orang lain.

 

2. Tidur yang Cukup

Siang berganti jadi malam, dan malam berganti jadi siang. Mungkin ini menjadi aktivitas yang sering dilakukan banyak orang untuk menghindari rasa lapar dan haus di siang hari, ketika berpuasa. Apakah kamu juga menerapkannya?

Tidur siang memang tidak masalah. Asalkan tidak terlalu lama. Tapi, bagi kamu yang tidur terlalu lama untuk “mempercepat waktu”. Yuk, hentikan hal tersebut. Sebab, kamu harus tetap menjaga pola tidur yang sehat dan jam tidur yang cukup.

Dalam hal ini, coba anggap sistem kekebalan tubuh sebagai komputer, yang membutuhkan waktu untuk istirahat sehingga tidak kepanasan. Sama seperti sistem kekebalan tubuh, yang juga perlu waktu tidur untuk memaksimalkan performanya. Ditambah lagi, saat tubuh kekurangan jam tidur, hormon stres kortisol akan datang menghampiri. Kalau stres muncul, sistem imun tubuh bisa tersiksa.
 

3. Aktif Bergerak

Credit Image - liputan6.com

Siapa bilang puasa bisa jadi alasan untuk bermalas-malasan? Justru, kamu disarankan untuk tetap aktif bergerak dengan berolahraga. Namun, tetap perhatikan waktu olahraga yang tepat, sehingga manfaatnya bisa dirasakan secara maksimal.

Cara meningkatkan imun tubuh yang satu ini pun dapat mencegah berbagai penyakit eperti osteoporosis, penyakit jantung, hingga kanker. Tidak perlu lama-lama, setengah jam beraktivitas fisik dalam sehari saja sudah cukup untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Di bulan puasa, pilihlah olahraga yang ringan dan berintensitas rendah, seperti joging, yoga, atau bersepeda, ya!

 

4. Menjaga Pola Makan

Cara meningkatkan imun tubuh selama berpuasa berikutnya, yaitu memerhatikan pola makan. Tak bisa dipungkiri, ketika puasa, kamu cenderung melahap semua makanan yang ada di depan mata, apalagi di waktu berbuka puasa.

Rasa lapar terkadang membuat banyak orang cenderung kalap sehingga tidak memperhatikan makanan yang masuk ke mulutnya. Jangan sampai hal ini terjadi, ya. Sebab, sekitar 80 persen sistem kekebalan tubuh dipengaruhi oleh asupan yang kamu santap.

Saat pola makan sudah terjaga, maka sistem imun pun akan meningkat, sehingga penyakit serta infeksi tidak akan mendekat. Perbanyaklah makan sayur dan buah, yang kaya akan nutrisi penting. Selain itu, perhatikan porsi makan saat berbuka puasa ataupun sahur. Jangan berlebihan tapi juga jangan sampai kekurangan.
 

5. Konsumsi Multivitamin

Credit Image - health.kompas.com

Selama berpuasa, agar imunitas tubuh semakin terjaga – sudah pasti, kamu mesti melengkapi kebutuhan vitamin harianmu. Adapun vitamin yang paling penting dikonsumsi, yaitu vitamin C dan vitamin B kompleks.

Selain dari sumber makanan, kedua jenis vitamin tersebut bisa diperoleh dari multivitamin yang memiliki kandungan lengkap. Tapi, multivitamin apa yang direkomendasikan?

Kamu dapat konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk bantu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Selain itu, kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon-C – juga dapat optimalkan proses metabolisme, agar makanan yang dikonsumsi dapat diubah menjadi energi untuk beraktivitas seharian, terutama selama berpuasa.

Minum Enervon-C dua kali sehari saat sahur dan berbuka, baik dalam bentuk Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Lalu, bagimu yang memiliki aktivitas padat – direkomendasikan minum Enervon Active ya. Multivitamin yang satu ini mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk bantu menjaga kekebalan tubuh – sekaligus pertahankan energi agar tak mudah lelah.

 

Jadi, itulah deretan cara meningkatkan imun tubuh selama berpuasa. Yuk, diterapkan!

 

 

Featured Image – klikdokter.com