Ramadan merupakan bulan penuh ampunan. Di momen tersebut, banyak orang yang berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan untuk mendapatkan pahala yang berlipat. Jika Si Kecil sudah mulai berpuasa, moms disarankan untuk mengajaknya melakukan amalan di bulan Ramadan, ya.

Amalan di bulan Ramadan – apalagi yang dilakukan secara rutin setiap tahunnya bisa mendatangkan berkah yang melimpah serta dilipatgandakan nilainya. Lantas, apa saja amalan yang dimaksud tersebut? Berikut 6 di antaranya. Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini, moms!

 

 

1. Membaca Kitab Suci Al-Qur’an

Credit Image - kumparan.com

Amalan di bulan Ramadan pertama yang dapat dilakukan bersama anak, yakni membaca Al-Qur’an, moms. Semakin banyak membaca ayat suci, semakin mudah rezeki yang akan diperoleh. Allah juga akan memudahkan segala urusan kita, sekaligus membuat pikiran dan hati menjadi lebih tenang. 

Mengingat manfaat yang didapat, membaca Al-Qur'an menjadi salah satu amalan berlipat yang sayang dilewatkan selama Ramadan. Umpamanya meski hanya satu huruf, membacanya akan mendapat pahala yang berlipat ganda.

Al-Qur'an juga diturunkan pada bulan Ramadan. Kesadaran membaca kitab suci ini tertera jelas pada salah satu firman Allah SWT: "Bulan Ramadan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi umat manusia dan penjelasan mengenai petunjuk itu, serta pembeda antara yang hak dan batil." (QS. Al-Baqarah: 185).

 

2. Buka Puasa dengan Makanan Manis

Moms, tahukah kamu bahwa berbuka dengan makanan manis juga termasuk amalan di bulan Ramadan? Nah, kamu pun bisa mengajak Si Kecil menerapkan amalan yang satu ini. Disunahkan untuk melakukan amalan bulan Ramadan dengan berbuka makan-makanan yang manis, air hangat, dan susu.

Ali bin Abi Thalib pun menyukai berbuka puasa dengan minuman susu. Iman Ja’far ash shidiq berkata bahwa Rasulullah SAW apabila berbuka puasa, biasanya beliau memulai dengan memakan yang manis-manis.

Jika tidak ada, maka beliau berbuka puasa dengan memakan kurma. Bahkan bila semua itu tidak ada, maka beliau berbuka puasa dengan meminum air hangat.

 

3. Memperbanyak Sedekah

Credit Image - blog.aksiamal.com

Meski bisa dilakukan pada bulan-bulan lainnya tak ada salahnya memperbanyak sedekah pada bulan Ramadan. Ini karena akan memiliki keistimewaan tersendiri. Jika dilakukan secara rutin selama satu bulan penuh, amalan bulan Ramadan ini akan menjadi kebiasaan baik.

Ali bin Abi Thalib pernah berkata: “Barang siapa mengeluarkan sedekah kepada orang miskin, niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosanya. Allah SWT pun akan menyediakan balasan untuknya berupa kebebasan, sebagaimana bebasnya Nabi Ismail AS dan penyembelihan."

 

4. Memberi Makan Orang yang Membutuhkan

Amalan di bulan Ramadan yang juga dapat moms ajarkan kepada Si Kecil, yakni memberi makan pada orang yang membutuhkan. Nah, kegiatan ini juga termasuk dalam bentuk sedekah – yang juga merupakan amalan baik di bulan suci.

Ini sebab, sedekah paling utama adalah yang dikerjakan di bulan Ramadan. Rasulullah SAW bersabda: "Siapa yang memberi berbuka orang puasa, baginya pahala seperti pahala orang berpuasa tadi tanpa dikurangi dari pahalanya sedikitpun." (HR Ahmad, Nasai, dan dishahihkan al-Albani).

 

5. Tidak Melewatkan Sahur

Credit Image - klikdokter.com

Salah satu amalan di bulan Ramadan yang disunahkan adalah makan sahur. Ini juga merupakan pembeda antara puasa kaum muslim dengan lainnya yang juga menjalankan puasa. Rasulullah SAW bersabda: "Makan sahur itu mengandung berkah, maka janganlah kalian meninggalkannya walaupun hanya sebiji kurma."

Ada pun beberapa tujuan utama dari makan sahur sebelum berpuasa, yakni seperti:

  • Melaksanakan amalan sunah saat Ramadan yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW
  • Memperoleh tenaga yang digunakan untuk beraktivitas seharian saat menjalankan puasa

Selain itu, sahur juga bisa juga meningkatkan keikhlasan saat menjalankan ibadah puasa, lho.  Rasulullah SAW bersabda: “Sahur adalah makanan berkah, maka jangan kalian tinggalkan walaupun hanya meneguk seteguk air, karena Allah SWT dan para malaikat bersalawat atas orang-orang yang bersahur.” (HR Ibnu Syaibah dan Ahmad).

 

6. Berdoa di Waktu Tertentu

Selain itu, lakukan amalan berdoa khususnya pada waktu-waktu yang diijabah. Misalnya, saat berbuka, karena seorang yang berpuasa – ketika ia berbuka memiliki doa yang tak ditolak.

Doa di sepertiga malam terakhir pun juga termasuk amalan Ramadan, karena Allah SWT turun ke langit dunia dan berfirman: "Adakah orang yang meminta, pasti aku beri. Adakah orang beristigfar, pasti Aku ampuni dia,”.

Kemudian, beristigfar di waktu sahur pun bisa dijalani, seperti firman Allah SWT: "Dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun (kepada Allah)," (QS Al-Dzaariyat: 18). Jadi, moms bisa mengajak anak untuk menerapkan amalan di bulan Ramadan yang satu ini, ya.

Jika Si Kecil sudah mulai berpuasa, moms mesti memastikan agar kebutuhan nutrisinya sudah terpenuhi dengan baik. Dengan demikian ibadah puasa – serta amalan di bulan Ramadan dapat dilaksanakan dengan maksimal.

Selain menyajikan menu sahur dan berbuka yang sehat dan bergizi seimbang, moms juga dapat mengoptimalkan pemenuhan nutrisi dengan memberi Si Kecil multivitamin dengan kandungan lengkap.

Moms, direkomendasikan untuk memberi Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh anak.

Selain itu, sejumlah vitamin tersebut juga dapat membantu meningkatkan nafsu makan Si Kecil, mengoptimalkan tumbuh kembangnya, memperkuat tulang dan gigi, sekaligus membantu penuhi kebutuhan nutrisi harian.

 

Apakah Si Kecil sudah mulai menjalani ibadah puasa, moms? Pastikan kamu mengajaknya untuk melakukan berbagai amalan di bulan Ramadan, seperti keenam hal di atas, ya!

 

 

Featured Image – ngajiquran.id