Bekerja sebagai karyawan namun memiliki pekerjaan sampingan? Wah, hal ini dapat mendatangkan banyak manfaat baik, lho. Usaha sampingan karyawan tidak cuma menguntungkan dari sisi keuangan saja, tetapi juga prospek kerja di kemudian hari.

Memang, menjalani usaha sampingan karyawan mungkin rumit untuk dilakukan, pasalnya, kamu sudah sibuk dengan pekerjaan utamamu. Bahkan, tak jarang kerja sampingan tersebut menyita banyak waktu. Tapi, tak perlu berkecil hati, karena ada 5 manfaat baik yang dapat kamu peroleh.

Apa saja? Berikut ini rangkumannya.

 

 

1. Prospek Masa Depan yang Lebih Luas

Credit Image - jobstreet.co.id

Keuntungan pertama dengan memiliki usaha sampingan karyawan, yaitu memiliki prospek yang lebih matang di masa mendatang. Bisnis sampingan adalah aset paling berharga yang tentunya akan berdampak pada keberlangsungan hidup jangka panjang.

Jika bisnis yang dimiliki dapat berjalan dengan stabil, kamu tidak perlu khawatir memikir penghasilan ketika nanti resign dari pekerjaan – atau terkena korban PHK. Prospek lain yang dapat kamu peroleh yakni berpotensi untuk bisa mengembangkannya sehingga kamu tidak perlu lagi bekerja sebagai karyawan.

 

2. Menambah Nilai pada Portofolio

Resume atau portofolio memiliki peran penting dalam dunia pekerjaan. Hal ini disebabkan karena keduanya menggambarkan informasi secara detail tentang kepribadianmu. Apabila kamu ingin menggunakan resume atau portofolio untuk mendaftar suatu pekerjaan nanti, maka tentu informasi yang termuat di dalamnya harus sesuatu yang positif serta memiliki nilai lebih.

Jika kamu dapat menyertakan riwayat bisnismu di resume atau portofolio tersebut, tentu bukan tidak mungkin perusahaan akan banyak melakukan pertimbangan supaya lamaranmu diterima. Manfaat memiliki usaha sampingan karyawan ini sangat menguntungkan, ya?

 

3. Potensi Lesu Keuangan pun Bisa Dihindari

Credit Image - sukabumiupdate.com

Memiliki kondisi finansial yang tidak stabil di masa mendatang sudah menjadi hal yang lumrah dan sering dialami oleh kebanyakan pekerja buruh seperti karyawan. Ini disebabkan karena banyak yang menggantungkan penghasilan mereka dari statusnya sebagai karyawan.

Nah, jika kamu memiliki usaha sampingan karyawan yang dapat menjadi sumber penghasilan kedua setelah pekerjaan utama, tentu potensi adanya ketidakstabilan finansial sanggup diminimalisir mulai dari sekarang.

 

4. Membangun Keterampilan Berbisnis

Bekerja sebagai karyawan tentu akan terbatas oleh usia. Artinya kamu tidak bisa menjadi karyawan secara terus menerus mainkan harus membuat rencana baru demi mempersiapkan masa tua nanti. Dengan membangun bisnis sampingan secara tidak langsung keterampilan berbisnismu akan semakin terbentuk.

Tentu idealnya pembangunan sebuah bisnis harus dilakukan sejak awal, bukan ketika kamu sudah tidak bekerja sebagai karyawan lagi. Jadi, apakah kamu mulai tertarik untuk membangun usaha sampingan karyawan?

 

5. Berpotensi Menjadi Pengusaha Besar

Credit Image - entrepreneur.bisnis.com

Manfaat terakhir dari memiliki usaha sampingan karyawan, yakni kamu pun memiliki potensi untuk jadi pengusaha, lho. Sekecil apapun bisnis sampingan yang kamu miliki selama menjadi karyawan, paling tidak itu menjadi modal awal yang baik sebelum kamu berusaha mengembangkannya menjadi bisnis besar.

Membangun bisnis berarti juga meningkatkan kapasitas diri dalam memahami bidang ekonomi dan keuangan. Secara tidak langsung kamu akan mendapat banyak hal sebagai pelajaran untuk dapat memahami potensi serta strategi menjadi pengusaha besar.

 

6. Jalani Usaha Sampingan Karyawan, Tetap Jaga Energi Tubuhmu!

Menjalani usaha sampingan karyawan tentu tidak dapat maksimal jika kamu tak menjaga energi tubuh, lho. Ini juga berperan penting dalam mempertahankan produktivitas. Jika energi dan produktivitas sudah baik, maka bisnis pun lebih mudah dijalani, kan?

Nah, dalam hal ini, kamu direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active – multivitamin tepat untuk menemani berbagai rutinitas harian, dan pastinya nyaman di lambung. Kamu bisa meminumnya di waktu sahur dan berbuka puasa.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan pastinya produktivitas tidak akan terganggu, ya.

 

Tak perlu diragukan lagi, memiliki usaha sampingan karyawan dapat mendatangkan banyak manfaat baik, termasuk kelima hal di atas. Jadi, apakah kamu tertarik punya penghasilan tambahan dalam bentuk bisnis?

 

 

Featured Image – mitra.bukalapak.com