Bagi anak-anak yang belum memasuki masa akil balig, menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan mungkin bukanlah sebuah kewajiban. Meski demikian, moms tetap harus mendidik Si Kecil mengenai makna berpuasa yang sesungguhnya, lho.

Selain memberinya pemahaman, penting sekali untuk memberikan motivasi serta teladan yang baik. Memang tak mudah dilakukan, namun perlahan-lahan tapi pasti, moms. Lama kelamaan Si Kecil pun akan bisa lebih disiplin dalam menjalani ibadah puasa.

Nah, untuk membantu mendisiplinkan anak dalam berpuasa, tips berikut ini juga dapat membantu, lho. Yuk, disimak ulasannya!

 

 

Berikan Pemahaman Mengenai Konsep dan Nilai Dasar Puasa

Credit Image - klikdokter.com

Moms, jangan salah, lho. Memberikan Si Kecil tentang konsep dan nilai dasar itu penting untuk membangun pemahamannya. Nah, cobalah kenalkan Si Kecil seputar nilai agama dan ritual ibadah sejak dini.

Kamu bisa mengajarkannya melalui sebuah cerita, percakapan, atau mungkin gambar, sehingga Si Kecil bisa menerima konsep secara positif. Selain itu, moms juga perlu memberikan pemahamannya dengan bahasa yang muda ia pahami dan secara perlahan, ya.

 

Ajarkan Anak Lebih Mendalan

Jika Si Kecil sudah mengetahui konsep dan nilai dasar, moms bisa mengajarkannya lebih dalam lagi mengenai apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan, apa yang diwajibkan, apa yang diharamkan, apa yang perlu dilakukan dengan sungguh-sungguh, dan yang terakhir, apa yang dapat lebih santai dilakukan.

Misalnya, kamu bisa memberi tahu Si Kecil bahwa puasa dan ibadah salat lima waktu itu wajib dilakukan oleh umat Islam. Selain itu, moms juga bisa memberi tahunya tentang yang sunah, yang tidak boleh dilakukan, tetapi jika dilakukan akan mendapatkan pahala.

 

Beri Penghargaan untuk Anak

Credit Image - berkeluarga.id

Berilah Si Kecil penghargaan bila dirinya bisa melakukan perilaku ibadah yang kamu ajarkan kepadanya. Penghargaan yang diberikan tidak perlu berupa material atau barang, lho, tetapi bisa juga berupa sentuhan kasih sayang, seperti pelukan hangat, dan ucapan penyemangat untuknya.

Jika ingin memberikan Si Kecil penghargaan berupa barang, moms bisa memberikan Si Kecil barang yang mungkin bersifat edukasi. Tapi ingat, hindari memberikan barang yang akan mengganggu proses belajar Si Kecil, ya!

 

Berikan “Hukuman” pada Si Kecil

Mendisiplinkan anak dalam menjalani ibadah puasa serta amalan baiknya juga dapat moms lakukan dengan memberinya sedikit “hukuman”. Lho, sedang belajar berpuasa kok justru mendapatkan hukuman, sih?

Tak perlu khawatir, yang dimaksud dengan hukuman di sini, yakni diberikan ketika Si Kecil tidak melakukan apa yang sudah diajarkan Bunda. Namun, hukuman ini bukan yang bersifat kekerasan, ya. Hukuman yang mungkin bisa moms berikan kepada Si Kecil, seperti mengurangi waktu bermainnya.

 

Konsisten

Credit Image - suara.com

Tips yang terakhir ini adalah yang paling penting untuk orang tua. Selain anak-anak, orangtua juga perlu konsisten untuk mengajarkan dan memberikan nilai-nilai penting untuk anak. Konsisten ini perlu dilakukan sampai nilai-nilai tersebut terinternalisasi kepada diri Si Kecil, ya, moms.

Namun yang pasti, biar anak juga dapat konsisten dalam menjalani ibadah puasa, moms juga mesti memastikan agar kebutuhan nutrisinya sudah terpenuhi. Dengan begitu, Si Kecil pun semakin semangat dalam berpuasa.

Nah, selain menyajikan menu sahur dan berbuka yang sehat dan bergizi seimbang, kamu juga dapat mengoptimalkan pemenuhan nutrisi dengan memberi Si Kecil multivitamin dengan kandungan lengkap.

Moms, direkomendasikan untuk memberi Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh anak.

Selain itu, sejumlah vitamin tersebut juga dapat membantu meningkatkan nafsu makan Si Kecil, mengoptimalkan tumbuh kembangnya, memperkuat tulang dan gigi, sekaligus membantu penuhi kebutuhan nutrisi harian.

 

Jadi, apakah Si Kecil sudah mulai berpuasa, moms? Agar ia tetap disiplin dalam menjalaninya, yuk, terapkan sejumlah tips di atas, ya!

 

 

Featured Image – icando.co.id