Hingga kini, varian virus corona masih terus bermutasi, mulai dari Alpha, Delta, dan Omicron. Memang, dari beberapa varian tersebut, Delta menjadi jenis virus Covid-19 yang menyebabkan lonjakan kasus di tahun 2021 silam.

Sementara itu, Omicron baru muncul di tahun 2022 – dan sempat juga menyebabkan kenaikan kasus positif. Namun, Omicron dipercaya hanya menyebabkan gejala ringan, meskipun penyebarannya lebih cepat dibanding varian lainnya.

Varian Omicron pun punya banyak keturunan, lho, termasuk Omicron XE yang baru saja ditemukan. Varian ini merupakan rekombinan dari Omicron BA.1 dan BA.2. Apakah varian Omicron XE berpotensi lebih mudah menular?

Berikut ulasannya.

 

 

Menular 10 Persen Lebih Cepat

Credit Image - pramborsfm.com

Berdasarkan penelitian sementara para ilmuwan, varian Omicron XE bisa menular 10 persen lebih cepat dibanding varian Omicron sebelumnya. Pasalnya, varian Omicron XE diyakini memiliki strain yang lebih kuat dibanding varian-varian sebelumnya. 

Menurut penuturan dari WHO, perkiraan awal menunjukkan varian baru ini 10 persen lebih menular dibandingkan BA.2. Namun, temuan ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Keterangan ini pun secara resmi sudah dikeluarkan WHO pada awal April silam.

 

Sudah Menyebar di Beberapa Negara

Omicron XE pertama kali dideteksi di Inggris pada 19 Januari 2022. Hingga saat ini, lebih dari 600 kasus infeksi yang telah dilaporkan dan dikonfirmasi.

Selain di Inggris, pemerintah Thailand juga melaporkan kasus pertama varian XE pada Sabtu (2/4/2022). Kasus tersebut diungkapkan langsung oleh Ketua Komisi Kesehatan Masyarakat Chalermachai Boonyaleephan berdasarkan hasil laporan dari Pusat Genomik Medis Rumah Sakit Ramathibodi.

Sementara itu, subvarian Omicron BA.2 telah menyebabkan lonjakan kasus di Amerika Serikat dan China. Itulah sebabnya, varian Omicron XE diyakini bisa menyebar lebih cepat dibanding subvarian Omicron BA.2.

 

Memiliki Perbedaan yang Signifikan

Credit Image - alodokter.com

Dikutip dari NDTV, Omicron XE atau varian rekombinan ini memiliki perbedaan signifikan dalam transmisi dan karakteristik penyakit, termasuk tingkat keparahan dibandingkan varian lainnya. Namun, apakah varian ini bisa lolos dari imunitas yang terbentuk berkat vaksinasi?

Menurut kepala transisi penasihat medis Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA), Prof Susan Hopkins, masih belum bisa dipastikan apakah Omicron XE ini memiliki keunggulan lolos dari imunitas vaksin atau tidak lantaran belum cukup bukti.

Rekombinan khusus tersebut telah menunjukkan tingkat pertumbuhan yang bervariasi – namun, belum bisa dipastikan apakah memiliki keunggulan pertumbuhan yang sebenarnya. Sejauh ini tidak ada cukup bukti untuk menarik kesimpulan tentang penularan, tingkat keparahan, atau efektivitas vaksin.

 

Hindari Infeksi Varian Virus, Lakukan Langkah Ini!

Langkah paling efektif untuk mencegah penyebaran dan penularan beragam mutasi virus, termasuk Omicron – dan turunannya, yakni dengan menerapkan protokol kesehatan berupa menjaga jarak, memakai masker, rutin mencuci tangan, hingga membuka jendela untuk meningkatkan ventilasi dan menghindari tempat yang ramai.

Selain itu, mendapatkan vaksinasi secara lengkap sekaligus booster juga tak kalah pentingnya. Nantinya, setelah vaksin, kamu juga masih disarankan untuk mematuhi protokol kesehatan dan menjaga kekebalan tubuh.

Menjaga kekebalan dapat dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, dan istirahat yang cukup. Hidup sehat – dapat bantu jaga imunitas tubuh tetap kuat. Dan, lengkapi hidup sehat dengan rutin mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Multivitamin andalanmu yang satu ini memiliki kandungan lengkap, mulai dari Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C Effervescent dengan kandungan vitamin C lebih tinggi, yakni 1000 mg untuk memberikan perlindungan ekstra, serta mampu membuat tubuhmu terasa lebih segar.

Namun, jika kamu memiliki masalah lambung yang cukup sensitif, maka direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Dengan rutin mengonsumsi multivitamin dari Enervon, imunitas tubuh bakal lebih kuat, sehingga tidak mudah terjangkit penyakit, termasuk Covid-19. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama.

 

Mutasi virus masih terus bermunculan. Untuk menghindari risiko penularannya, pastikan kamu tetap menjalani protokol kesehatan dan menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah terjangkit penyakit!

 

 

Featured Image – livemint.com

Source – popmama.com