Setiap negara di dunia pasti memiliki karakteristik dan keunikannya tersendiri. Hal ini tentu akan menjadi salah satu identitas dari negara yang bersangkutan, termasuk dalam hal makan.

Nah, sebelum kamu memutuskan untuk berlibur ke luar negeri, ada baiknya jika kamu memahami terlebih dahulu tentang apa saja etika dari cara makan di 5 negara berikut ini. Simak yuk penjelasannya!

1. Korea Selatan

Credit:: idntimes.com

Negara ginseng yang populer akan kpop nya ini menjadi salah satu negara di Asia Timur yang memiliki etika saat makan. Ketika kamu berkunjung ke Korea Selatan, pastikan jangan menyantap makanan duluan, karena kamu harus menunggu orang yang lebih tua untuk memulainya terlebih dahulu.

Selain itu, jika ada orang yang lebih tua memberikan makanan, usahakan untuk menggunakan kedua tangan saat menerimanya sebagai symbol hormat.

2. Jerman

Credit: seriouseats.com

Belum lengkap rasanya jika kamu berkunjung ke Jerman tetapi tidak memahami etika dalam menyantap makanan.

Beberapa hal yang sering dilakukan warga lokal saat menyantap kentang adalah dengan menggunakan garpu. Namun, jangan pernah sesekali mencoba untuk memotong kentang dengan menggunakan pisau, karena ini bisa jadi indikasi bahwa kamu meragukan kematangan dari kentang tersebut.

3. Jepang

Credit: thetruejapan.com

Jepang merupakan salah satu negara yang memiliki budaya kental dalam berbagai macam aspek, termasuk dalam hal saat menyantap makanan. Etika makan di Jepang ternyata tidak bisa sembarangan, lho!

Contohnya adalah hindari meletakkan sumpit secara vertical pada mangkuk nasi karena ini menyerupai tradisi saat pemakaman. Dan sebaiknya, letakan sumpit dengan posisi horizontal agar terlihat lebih sopan.

4. Chili

Credit: .thrillist.com

Negara yang terletika di benua Amerika Selatan ini memiliki etika makan yang mungkin membuat orang yang tidak terbiasa merasa repot. Karena, di Chili melarang setiap orang untuk makan menggunakan tangan kosong, bahkan hingga untuk menu seperti kentang goreng atau pizza sekalipun.

Jadi gunakan alat makan seperti garpu, pisau, maupun sendok agar kamu tetap dianggap sopan, ya!

5. Arab Saudi dan negara- negara di Timur Tengah

Credit: gfycat.com

Jika etika makan di negara Chili mungkin kurang cocok bagi orang Indonesia, mungkin di negara Arab Saudi dan beberapa negara di Timur Tengah justru lebih cocok bagi masyarakat Indonesia.

Warga lokal disana sangat menyukai menyantap makanan dalam porsi besar, namun untuk bukan dimakan sendiri melainkan untuk dimakan bersama dengan keluarga atau kerabat. Mereka biasanya akan menyantap makanan dengan menggunakan tangan ataupun sendok sambil bercengkrama. Terasa kekeluargaan ya!

 

Itu dia 5 negara yang memiliki etika makan yang unik. Hal ini bisa menjadi gambaran secara umum sebelum kamu memutuskan untuk mengunjungi negara- negara diatas.

 

Featured Image - experiencelife.com