Punya tubuh yang sehat dan bugar tentu menjadi dambaan setiap orang. Karena, jika fisik sudah dalam kondisi baik, maka kesehatan mental pun akan lebih sehat. Lalu, bagaimana cara mewujudkan tubuh yang sehat? Ini bisa kamu lakukan dengan berbagai cara.

Mendapatkan tubuh yang sehat bisa dimulai dari hal-hal yang sederhana, lho. Misalnya, minum air putih yang cukup. Meski terdengar remeh, tapi jika lakukan dengan konsisten, maka cara tersebut bisa memberikan dampak yang baik buat tubuhmu.

Selain itu, masih ada beragam hal sederhana lainnya yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Apa saja? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

 

 

Perbanyak Bergerak

Credit Image - halodoc.com

Seberapa sering kamu beraktivitas fisik, misalnya jalan kaki? Meskipun terkesan sepele, tetapi aktivitas sederhana ini menjadi salah satu cara murah untuk tetap sehat. Apabila rutin kamu lakukan, jalan kaki bisa meningkatkan otot paha dan betis, mendongkrak sistem imun, hingga baik untuk kesehatan mental.

Sayangnya, masih banyak orang yang enggan jalan kaki dan memilih naik motor meskipun jarak tempuh tujuannya dekat. Padahal, kurang banyak gerak dalam jangka panjang bisa menimbulkan masalah kesehatan yang lebih serius. Untuk menghindarinya, coba biasakan untuk rutin menggerakkan tubuh, ya.

Tidak perlu melakukan aktivitas yang terlalu menguras tenaga, kamu bisa memulai dengan aktivitas ringan. Misalnya dengan jalan kaki atau joging selama 15 menit setiap hari. Selain menyehatkan tubuh, aktivitas fisik ini akan membuat pikiranmu relaks.

 

Minum Air yang Cukup

Selain rajin olahraga atau aktif bergerak, kesehatan tubuh juga dipengaruhi dari apa yang kamu konsumsi setiap hari. Bukan hanya makanan yang bergizi, tetapi juga minuman yang kamu konsumsi. Kabar baiknya, minum air yang cukup secara teratur juga menjadi cara sehat yang murah.

Dilansir Healthline, minum cukup air dapat membantu mencegah kondisi medis tertentu. Ini termasuk sembelit, batu ginjal, asma akibat olahraga, infeksi saluran kemih, dan hipertensi. Air juga membantu menyerap vitamin, mineral, dan nutrisi penting dari makanan, yang akan meningkatkan peluang kamu untuk tetap sehat.

Selain itu, air putih juga diperlukan tubuh untuk melangsungkan metabolisme dengan baik. Dengan begitu, maka kebutuhan energi akan terpenuhi dan fungsi organ-organ tubuh akan terjaga. Jadi, risiko akan timbulnya penyakit juga berkurang.

 

Berpuasa

Credit Image - okezone.com

Selain cukup minum air, berpuasa juga menjadi salah satu cara sehat yang murah. Bukan hanya membantu proses diet, manfaatnya buat kesehatan pun banyak sekali. Meskipun begitu, tak sedikit orang yang mengeluhkan tubuh lemas atau timbulnya masalah kesehatan lain saat puasa.

Mengutip Boldsky, puasa dapat membantu meningkatkan kesehatan kamu secara keseluruhan. Di antaranya adalah membantu mengontrol tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol, tekanan darah tinggi, peradangan dalam tubuh, menurunkan kadar gula darah, dan meningkatkan metabolisme. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa puasa juga baik untuk kesehatan mental.

Memang, saat berpuasa kita harus beradaptasi dengan perubahan pola makan yang drastis. Meskipun begitu, kamu tetap bisa sehat asal memperhatikan pemilihan makanan yang tepat dan waktu istirahat dengan baik. Misalnya dengan memperbanyak konsumsi makanan tinggi serat dan air putih, tidak makan berlebihan saat sahur dan buka puasa, serta tetap melakukan olahraga ringan.

 

Biasakan Diri untuk Bersyukur

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, sering kali kita meremehkan arti penting bersyukur. Padahal, bersyukur memiliki pengaruh besar pada kesehatan fisik dan mental. Mungkin terkesan sepele, tetapi dampaknya luar biasa bagi kesehatan dan kualitas hidup kita.

Dengan bersyukur, kita belajar menerima dan menghargai sesuatu yang kita miliki. Ini akan membuat kita lebih peduli untuk merawat dan menjaga kesehatan diri, bahkan orang lain di sekitarmu. Misalnya dengan olahraga teratur, punya waktu tidur yang cukup, belajar mengelola emosi, dan sebagainya.

Sebaliknya, kalau kita kurang atau tidak pernah bersyukur, maka kita akan cenderung mudah mengeluh. Nantinya kita akan hidup dalam ketidaknyamanan bahkan rentan akan "penyakit hati". Kalau terus dibiarkan, tentunya kondisi ini tidak baik untuk kesehatan mental, bukan?

 

Lengkapi Hidup Sehat dengan Rutin Konsumsi Vitamin

Credit Image - honestdocs.id

Selain menerapkan sejumlah hal di atas, lengkapi gaya hidup sehatmu dengan mendapatkan asupan vitamin dan mineral, ya. Ini penting untuk menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit – serta membantu tubuhmu tetap berenergi.

Vitamin dan mineral dapat diperoleh dengan rutin mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon-C dan Enervon Active yang bisa diminum dua kali sehari jika diperlukan.

Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Kandungan vitamin C di dalam Enervon-C dan Enervon Active dapat membantu menjaga kesehatan, sekaligus mendukung fungsi organ tubuh. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama.

 

Itulah kelima hal sederhana yang dapat diterapkan untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Tunggu apa lagi? Yuk, segera dijadikan kebiasaan, ya!

 

 

Featured Image – klikdokter.com

Source – idntimes.com