Untuk kamu yang berniat membangun bisnis baru, maka usaha franchise bisa menjadi pilihan yang tepat, lho. Jenis usaha yang satu ini bisa mendatangkan banyak keuntungan sekaligus peluang berbisnis yang luas.

Menurut Asosiasi Franchise Indonesia, bisnis waralaba atau franchise adalah sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir dengan franchisor yang memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk menjalankan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu dan area tertentu.

Nah, menjalani usaha franchise memiliki banyak keuntungan yang bisa kamu peroleh, lho. Apa saja? Berikut ini 5 di antaranya!

 

 

1. Cepat Memulai Bisnis

Credit Image - yoursay.suara.com

Dengan memilih usaha franchise, kamu tak perlu repot-repot membuat proposal bisnis dan strategi marketing. Dari segi perencanaan, bisnis ini relatif singkat, kamu hanya perlu menjalankan sistem yang telah dijalankan pihak pewaralaba.

Biasanya, kamu hanya perlu menyiapkan tempat, dan semua kebutuhan bisnis akan disediakan langsung oleh pihak pewaralaba. Franchisors atau pemegang lisensi franchise biasanya akan memberikan pelatihan khusus kepada mitra yang akan bergabung sebelum beroperasi.

Pelatihan yang dilakukan biasanya mengenai keuangan, marketing, hingga operasional bisnis. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir, karena franchisor akan memberi tahu kiat-kiat agar sukses dalam menjalankan bisnis.

 

2. Punya Partner Profesional

Salah satu keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika menjalankan usaha franchise yaitu manajemen bisnis sudah terbentuk dan berjalan dengan baik. Jadi, kamu tidak perlu lagi report untuk memikirkan ide bisnis, brand, dan sistem bisnis, karena hal tersebut sudah teruji – dan bisa langsung mengimplementasikannya nanti di lokasi baru.

Franchisor atau pewaralaba secara otomatis telah menjadi partner bisnis sejak Anda mendaftarkan diri dengan membeli atau menyewa bisnis ini.

Dengan memiliki partner yang profesional, kamu pun tidak perlu lagi bingung dalam menjalankan bisnis. Biasanya pihak pewaralaba akan siap mendukung bisnis dan memberikan berbagai fasilitas yang dibutuhkan.

Nah, jika usaha franchise yang kamu pilih memiliki reputasi yang baik dan manajemen bisnis yang bagus, maka ini juga merupakan keuntungan bagimu karena ide binis, nama brand dan sistem manajemen bisnis tersebut pasti sudah teruji dan tinggal diimplementasikan pada bisnis.

 

3. Tak Perlu Branding

Credit Image - ekrut.com

Kelebihan lain yang bisa kamu dapatkan, biasanya brand sudah dikenal oleh masyarakat, sehingga akan lebih mudah untuk menjual produk yang dijual karena kamu tidak perlu mengeluarkan biaya pemasaran yang begitu besar, karena akan lebih mudah untuk menjangkau konsumen baru.

Produk dan merek bisnis ini biasanya sudah dikenal masyarakat luas, sehingga kamu tak perlu repot lagi melakukan branding pada merek bisnis. Hal paling penting dalam bisnis ini adalah saat kamu memilih bisnis dan menentukan dengan siapa dirimu akan bekerja sama.

Cobalah memilih usaha franchise yang sudah dikenal dan memiliki citra positif di masyarakat. Jika dibandingkan dengan membangun bisnis dari awal, hal ini tentu akan sangat menguntungkan. Belum lagi jika brand sudah cukup terkenal, konsumen akan datang dengan sendirinya.

 

4. Manajemen Finansial Mudah

Sebagai mitra, kamu juga tidak perlu pusing memikirkan manajemen keuangan. Karena dengan sistem bisnis yang sudah teruji, kamu tidak perlu repot dari sisi manajemen keuangan.

Biasanya, usaha franchise yang cukup besar sudah memiliki sistem yang digunakan di tiap lokasi, sehingga tidak perlu pusing memikirkan manajemen keuangan. Pihak yang akan menanam modal di bisnis – atau investor pasti akan lebih menyukai bisnis yang terbukti baik secara finansial dan jaringan pemasaran.

Jika kamu bergabung dengan usaha waralaba tertentu, tentu saja tidak perlu pusing-pusing lagi mengenai sistem manajemen finansial seperti halnya bisnis yang benar-benar memulai sesuatu dari awal.

 

5. Tingkat Keberhasilan Tinggi

Credit Image - cermati.com

Ketika kamu memulai bisnis, tentu saja selalu ada risiko tinggi atas bisnis. Selalu ada potensi kerugian yang didapatkan. Terlebih lagi, jika kamu benar-benar belum paham bagaimana suatu bisnis dapat berjalan.

Hal tersebut tentu saja jika terus menerus terjadi akan menjatuhkan bisnis. Nah, dengan usaha franchise, kamu tidak perlu takut untuk jatuh. Segala dukungan, manajemen dan brand yang sudah dikenal akan mengurangi risiko kerugian pada bisnis.

 

6. Tetap Jaga Energi dalam Menjalani Usaha Franchise

Dalam menjalani usaha franchise tentunya kamu memerlukan energi yang cukup sehingga produktivitas tidak tengganggu, kan? Untuk itu, kamu harus mendapatkan asupan vitamin dan mineral yang berperan dalam membantu proses metabolisme – yang penting dalam membentuk energi.

Nah, dalam hal ini, kamu direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active – multivitamin tepat untuk menemani berbagai rutinitas harian, dan pastinya nyaman di lambung!

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan pastinya produktivitas tidak akan terganggu, ya.

 

Gimana? Menjalani usaha franchise ternyata punya banyak keuntungan yang menggiurkan, ya? Lantas, apakah kini kamu sudah makin yakin untuk membangun bissnis tersebut?

 

 

Featured Image – visionarybusinessbrokerage.com