Deretan Manfaat dari Kegiatan Memilah Sampah, Moms Sudah Ajarkan pada Anak?

Deretan Manfaat dari Kegiatan Memilah Sampah, Moms Sudah Ajarkan pada Anak?

font size A Ǎ

Kegiatan memilah sampah di rumah merupakan salah satu kebiasaan baik yang mesti diajari pada anak sejak ia berusia dini. Kebiasaan yang satu ini dianggap sebagai salah satu bagian penting dalam pengelolaan sampah yang efektif, sehingga tidak menjadi beban bagi lingkungan.

Bukan hanya sekedar menjaga lingkungan saja, namun mengajari anak untuk memilah sampah sejak ia kecil pun juga memiliki beragam manfaat baik lainnya, lho, moms. Lantas, apa saja hal tersebut?

Berikut ulasan lengkapnya.

 

 

Mengubah Mindset

Deretan Manfaat dari Kegiatan Memilah Sampah, Moms Sudah Ajarkan pada Anak?

Credit Image - momsindonesia.com

Memilah sampah di rumah adalah cara tepat untuk mulai membangun mindset positif bahwa sampah itu harus dikelola. Sampah adalah tanggungjawab setiap individu. Memilah sampah akan membuat Si Kecil memahami jenis-jenis sampah yang dihasilkan dan bagaimana menanganinya, moms.

Secara perlahan kebiasaan memilah sampah akan menginspirasi Si Kecil untuk mengelola sampah yang dihasilkan. Bukan saja untuk kepentingan lingkungan, tetapi juga karena suatu kesadaran bahwa sampah memiliki nilai ekonomi yang bisa dikembangkan.

 

Mengedukasi Anak-Anak

Memilah sampah dari rumah adalah satu praktik pendidikan lingkungan yang bermanfaat bagi anak-anak. Dengan memilah sampah dari rumah, anak-anak akan mengetahui sejak dini tentang pentingnya kebersihan dan bagaimana mengelola sampah.

Jadi, apakah moms sudah mulai mengajari Si Kecil kebiasaan untuk memilah sampah? Nah, kamu bisa memulainya sedini mungkin agar kebiasaan baik tersebut dapat tetap diterapkan hingga anak beranjak dewasa.

 

Mendapat Nilai Tambah

Deretan Manfaat dari Kegiatan Memilah Sampah, Moms Sudah Ajarkan pada Anak?

Credit Image - kumparan.com

Dengan terbiasa memilah sampah di rumah, anak akan semakin memahami cara bijak mengelola sampah tanpa harus selalu dibuang. Sampah yang dihasilkan setiap hari di rumah sebagian besar sebetulnya memiliki nilai ekonomi atau dapat dimanfaatkan kembali.

Sebagai contoh sampah plastik dan sampah anorganik lainnya dapat dikumpul dan dibawa ke bank sampah untuk dikonversi menjadi rupiah. Selain itu, sampah organik juga dapat diolah menjadi pupuk organik yang dapat digunakan sebagai kompos atau pupuk cair yang menutrisi tanaman.

 

Meringankan Beban Petugas Sampah

Betapa pun juga sampah yang sudah terpilah di rumah akan memudahkan petugas sampah. Pertama, petugas sampah bisa memisahkan sampah anorganik yang kemudian bisa langsung dipisahkan tersendiri untuk pemilahan lebih lanjut.

Memilah sampah di rumah akan membuat petugas sampah senang karena bebannya sedikit berkurang, moms. Jangan lupa bahwa petugas sampah bukan pemulung sampah, mereka adalah petugas kebersihan yang sejatinya menjemput sampah dalam keadaan sudah terpilah.

 

Mendatangkan Rasa Bahagia

Deretan Manfaat dari Kegiatan Memilah Sampah, Moms Sudah Ajarkan pada Anak?

Credit Image - suara.com

Salah satu aktivitas sehari-hari yang membahagiakan adalah membersihkan rumah. Bila rumah bersih, perasaan menjadi bahagia dan lebih nyaman. Selain itu, rumah yang bersih akan membuat penghuni rumah tentu lebih sehat dan terhindar dari penyakit.

Memilah sampah merupakan aktivitas setingkat lebih maju dari sekadar bersih-bersih rumah. Memilah sampah akan menumbuhkan sikap percaya diri rasa bahagia karena kita telah bertindak benar dalam menangani masalah sampah di rumah. Perlu diketahui pula bahwa dengan memilah sampah berarti kita telah berkontribusi terhadap dampak gas rumah kaca.

Yang tidak kalah pentingnya, moms, biar kegiatan memilah sampah dapat dilakukan dengan maksimal, moms mesti memastikan bahwa kebutuhan nutrisi anak sudah terpenuhi dengan baik, ya. Hal ini tentu dapat menjaga energi Si Kecil, sehingga aktivitas bisa dilakukan secara optimal.

Moms, direkomendasikan untuk memberi Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh anak.

Selain itu, sejumlah vitamin tersebut juga dapat membantu meningkatkan nafsu makan Si Kecil, mengoptimalkan tumbuh kembangnya, memperkuat tulang dan gigi, sekaligus membantu penuhi kebutuhan nutrisi harian.

 

Gimana, moms? Apakah kamu sudah mulai mengajari anak mengenai kebiasaan memilah sampah sejak ia berusia dini? Jika belum, yuk, mulai diterapkan agar manfaat baik di atas bisa diperoleh!

 

 

Featured Image – orami.co.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!