Sudahkah kamu berpikir positif hari ini? Meski terdengar sepele, namun memiliki pemikiran yang kesehatan mental, lho. Positive vibes dapat dimulai dari diri sendiri – yang kemudian juga dapat memengaruhi orang di sekitar.

Selain baik buat kesehatan mental, memiliki positive vibes juga memiliki berbagai manfaat baik lainnya, nih. Apa saja keuntungan yang bisa diperoleh tersebut? Yuk, segera simak informasi selengkapnya di bawah ini!

 

 

Mengurangi Risiko Depresi

Credit Image - halodoc.com

Memiliki positive vibes memang berkaitan erat dengan kesehatan mental. Dengan memiliki pemikiran yang optimis, maka risiko masalah mental dapat diminimalisir, salah satunya depresi. Pemikiran pesimis adalah salah satu faktor yang menyebabkan depresi, menurut Psychology Today.

Dengan mengubah cara berpikirmu menjadi positif, maka kamu akan dapat memerangi depresi. Terapi kognitif yang mengubah pola berpikir dapat meningkatkan perasaan seseorang, dan juga menjadi bagian utama dari pengobatan depresi.

 

Mengalahkan Berbagai Penyakit

Tahukah kamu bahwa positive vibes juga dapat membantu mengalahkan berbagai macam penyakit? Ya, orang dengan pikiran positif disebut lebih cepat pulih dari operasi – dan mampu mengatasi penyakit serius dengan lebih baik, seperti kanker, penyakit jantung, dan AIDS, menurut Psych Central.

Selain itu, diungkapkan pula dari sebuah studi dari mahasiswa hukum tahun pertama menemukan bahwa orang-orang yang lebih optimis daripada mahasiswa lain, memiliki sel-sel kekebalan tubuh yang lebih baik.

 

Mengatasi Stres dengan Baik

Credit Image - alodokter.com

Ketika dihadapi oleh situasi yang menyebabkan stres, orang yang berpikir positif dapat mengatasi situasi tersebut lebih efektif dibandingkan dengan pemikir negatif.

Dalam sebuah penelitian, para peneliti menemukan bahwa ketika orang optimis menghadapi kekecewaan, mereka lebih cenderung untuk fokus pada hal-hal yang dapat mereka lakukan dalam mengatasi situasi tersebut.

Daripada tenggelam dalam perasaan frustrasi atau dengan hal-hal yang tidak dapat diubah, orang yang optimis akan menyusun rencana lain dan meminta pendapat orang lain untuk bantuan dan saran. Di sisi lain, orang yang pesimis hanya mengasumsikan bahwa situasi tersebut di luar kendali mereka dan tidak ada yang bisa mereka lakukan untuk mengubahnya.

 

Membuatmu Lebih Tangguh

Memiliki positive vibes juga dapat mengacu pada kemampuanmu untuk mengatasi masalah, lho. Orang tangguh dapat menghadapi krisis atau trauma dengan kekuatan dan tekad. Daripada hancur dalam menghadapi stres, ada baiknya kamu lebih memilih untuk melanjutkan dan mengatasi kesulitan tersebut.

Ini membuktikan bahwa berpikir positif memainkan peran terhadap ketangguhan. Ketika berhadapan dengan tantangan, orang yang berpikir positif biasanya melihat apa yang sebenarnya dapat dilakukan dalam menyelesaikan masalah.

Para peneliti juga menemukan bahwa di tengah krisis, pikiran dan emosi positif mendorong perkembangan dan memberikan tameng terhadap depresi. Dengan memelihara emosi positif, bahkan ketika menghadapi peristiwa mengerikan, orang bisa menuai manfaat baik jangka pendek maupun jangka panjang, termasuk mengelola tingkat stres, mengurangi depresi, dan membangun kemampuan untuk pulih yang dapat sangat bermanfaat di masa depan.

 

Menguatkan Imunitas Tubuh

Credit Image - health.detik.com

Berpikir positif diyakini dapat membantu orang melawan berbagai macam penyakit. Namun, menurut sebuah studi di tahun 2003 pada New York Times menyatakan bahwa berpikir negatif hanya dapat melemahkan respon kekebalan tubuh terhadap flu.

Bagaimana bisa? Hal ini karena adanya aktivitas listrik yang besar di bagian otak ketika kamu berpikir negatif, sehingga hal itu dapat melemahkan respon imun terhadap flu yang diukur dengan antibodi mereka.

Membentuk positive vibes memang dapat menjaga kesehatan mental – yang juga berpengaruh terhadap kekebalan tubuh. Biar imun makin kuat, kamu juga perlu mengimbanginya dengan pola hidup sehat lain, seperti rutin berolahraga, menjaga pola makan sehat, dan tidur yang cukup.

Untuk melengkapinya, kamu dianjurkan mengonsumsi mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat  yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent – dengan kandungan vitamin C yang lebih tinggi, serta mampu memberikan perlidungan ekstra terhadap tubuh!

Atau, kamu juga dapat mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tak mudah lelah – dan pastinya menjaga imunitas tubuh tetap optimal.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa mengolah makanan yang dikonsumsi, kemudian diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini tentunya bisa membuat makin produktif dalam melakukan aktivitas harian.

 

Jadi, itulah deretan manfaat memiliki positive vibes. Apakah kamu sudah punya pola pikir yang positif?

 

 

Featured Image – coolquotescollection.com