Memasuki masa mudik lebaran, memang ada berbagai persiapan yang harus dilakukan, salah satunya menyiapkan dana untuk perjalanan. Hal ini menjadi penting, apalagi kalau kamu bekerja di kota yang jaraknya jauh dari kampung halaman.

Tentu saja, harga transportasi akan lebih mahal, sehingga perlu diperhitungkan dengan baik – dan tidak mengganggu uang THR kamu, ya. Belum lagi, mendekati hari raya Idul Fitri, harga tiket bakal melambung tinggi, bahkan sampai dua kali lipat, lho.

Biar keuangan tetap terjaga – dan kamu tidak boros uang THR, berikut ini 6 tips efektif menyiapkan dana mudik lebaran yang penting diterapkan!

 

 

1. Siapkan dari Jauh Hari

Credit Image - harmony.co.id

Bagi banyak orang Indonesia, mudik menjadi tradisi yang selalu dilakukan menjelang hari lebaran. Sebelumnya, kegiatan ini sempat terhenti akibat tingginya angka penularan virus corona.

Jika kamu salah satu pekerja yang sudah tak pulang dua tahun dan ingin mudik bulan ini, maka siapkan dana yang dibutuhkan dari jauh-jauh hari. Apabila kamu menyiapkan dana mudik secara dadakan, biasanya akan terasa lebih berat karena tiket dan keperluan untuk mudik tidaklah murah.

Jadi, supaya tidak memberatkan keuanganmu – dan tentunya tidak mengganggu, atau membuatmu jadi boros uang THR, maka ada baiknya kamu menyisihkan sedikit demi sedikit uang untuk mudik, lebih baik dari jauh-jauh hari.

 

2. Buat Rencana yang Jelas

Perencanaan yang jelas juga akan sangat membantumu dalam menyiapkan dana untuk mudik lebaran. Pertama, kamu harus sudah yakin apakah kamu akan mudik – atau justru tidak. Intinya, pastikan terlebih dahulu. Dengan memastikan hal tersebut, akan lebih mudah bagimu mengatur rencana.

Misalnya, kapan tanggal yang dipilih untuk beli tiket pulang dan balik atau berbelanja kebutuhan mudik lainnya. Perlu diperhatikan, sebelum membeli tiket untuk mudik sebaiknya ketahui dulu jadwal libur nasional.

 

3. Siapkan Rekening Tabungan Khusus, Jika Perlu

Credit Image - ngobrolin.id

Memiliki rekening tabungan khusus untuk mudik tentu akan membantumu mengatur keuangan dengan lebih mudah. Membuka rekening tabungan khusus akan lebih efektif karena uangnya tidak akan tercampur dengan kebutuhan lainnya.

Sebelum membuka tabungan khusus, riset terlebih dahulu jenis tabungan yang memiliki bunga tinggi dan biaya rendah, menurut US News.

Jadi, kamu bisa diuntungkan dengan membuka tabungan khusus mudik tersebut. Namun, pastikan uang yang ditabung untuk mudik tidak akan memengaruhi keuangan untuk kebutuhan pokok kehidupanmu sehari-hari.

 

4. Boleh Pakai Uang THR, Tapi Jangan Boros!

Seperti yang sudah disebutkan, menyiapkan dana mudik dengan uang THR boleh saja, lho. Asalkan kamu tidak boros dalam menggunakannya, ya. Banyak karyawan yang menantikan THR karena tunjangan satu ini diberikan saat mendekati hari raya Idul Fitri.

Biasanya THR akan digunakan untuk membeli keperluan lebaran atau diberikan kepada keluarga. Akan tetapi, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk mudik. Jadi, pastikan kamu sudah menyusun perhitungannya dengan baik, ya!

 

5. Atur Keuangan

Credit Image - trusvation.com

Selain menyiapkan dana untuk mudik lebaran, kamu juga perlu menjaga pengeluaran selama bulan Ramadan – dan setelahnya nanti. Biasanya pengeluaran di bulan suci ini akan cukup banyak karena kamu perlu menyiapkan segala sesuatu untuk keperluan hari raya.

Belum lagi jika kamu melakukan tradisi memberikan amplop kepada keluarga. Lalu, ada juga kegiatan amal di bulan penuh berkah ini. Jika tidak bisa mengatur keuangan dengan baik selama bulan Ramadan, tentu akan terasa berat menyisihkan dana untuk mudik.

 

6. Tetap Jaga Energi Tubuh

Menyiapkan dana mudik tentu tidak dapat optimal kalau kamu tak menjaga energi dengan baik. Setuju, kan? Padahal, hal ini juga berperan penting dalam mempertahankan produktivitas, lho.

Nah, biar menyusun keuangan untuk dana mudik tetap berjalan lancar, kamu direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active – multivitamin tepat untuk menemani berbagai rutinitas harian, dan pastinya nyaman di lambung. Kamu bisa meminumnya di waktu sahur dan berbuka puasa.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan pastinya produktivitas tidak akan terganggu, ya.

 

Apakah tahun ini kamu akan mudik ke kampung halaman? Jika iya, jangan lupa perhitungkan keuangan dengan baik, sehingga kamu tidak boros uang THR, ya!

 

 

Featured Image – blog.kini.id