Momen Idul Fitri – atau Lebaran kerap menjadi waktu berkumpul bersama sanak saudara. Di waktu ini, tak sedikit pula ragam menu Lebaran yang dihidangkan. Biasanya, jenis makanan yang disajikan mengandung santan yang tinggi akan kandungan lemak.

Mengonsumsi menu Lebaran tersebut boleh saja, lho, asal jangan berlebihan, ya. Karena, hal ini bisa saja memengaruhi kondisi kesehatan tubuh. Tapi, bagimu yang punya penyakit tertentu, seperti diabetes, asam urat, atau penyakit lainnya – disarankan untuk memilih alternatif menu Lebaran yang lebih sehat.

Selain menjaga kesehatan, menu yang sehat juga bisa mengontrol berat badan, sehingga tak melonjak naik. Berikut ini 5 menu Lebaran sehat yang dapat kamu konsumsi.

 

 

1. Daging Tanpa Lemak

Credit Image - verywellfit.com

Semur, rendang, dan sambal goreng ati, pasti sangat menggugah selera, ya. Tapi sayangnya, kalau terlalu berlebihan kamu konsumsi akan berujung pada masalah kesehatan. Sebagai alternatif, kamu bisa memilih jenis daging lainnya, kok.

Meski begitu, bukan berarti kamu harus menahan selera untuk makan daging. Kamu tetap bisa menikmati makanan berbahan daging di Hari Raya Idul Fitri nanti. Tapi baiknya pilih daging yang rendah akan lemak – atau jika memungkinkan tanpa lemak, misalnya daging khas dalam.

 

2. Opor Ayam Tanpa Santan

Menu Lebaran yang satu ini memang kerap dinantikan banyak orang ketika Idul Fitri. Tapi, saking rindunya dengan makanan satu ini, banyak orang yang sampai kalap menyantap opor ayam dalam porsi berlebihan.

Kalau kamu lakukan itu, tentu saja akan berdampak pada meningkatnya kolesterol dan berat badan akan cepat naik selama libur Lebaran. Namun tidak perlu khawatir, kamu bisa membuat sajian opor ayam di rumah jadi lebih sehat dikonsumsi tanpa menghilangkan kelezatannya.

Caranya dengan mengganti santan pada opor ayam dengan bahan lain seperti kemiri dan kacang yang ditumbuk halus, atau susu kedelai.

 

3. Ketupat Beras Merah

Credit Image - cookpad.com

Sama seperti opor ayam, ketupat juga mengandung lemak tinggi. Nah, supaya ketupat yang kamu buat lebih bergizi, coba deh ganti beras putih dengan beras merah, beras cokelat, atau beras hitam. Tenang, meski diganti jenis berasnya, menu Lebaran yang satu ini tetap tak kalah nikmat, lho.

Namun dari semua jenis beras itu, disarankan untuk menggunakan beras merah karena kaya akan serat, zat besi, dan vitamin B ketimbang jenis beras lain. Jadi, kamu bisa menyantap menu Lebaran sehat ini tanpa perlu takut kolesterol naik.

 

4. Ikan dan Sayur Sop

Kamu termasuk pecinta ikan? Nah, tidak ada salahnya kamu tambahkan menu ikan dan sayur sop sebagai menu Lebaran sehat nanti. Makanan ini juga cocok untukmu yang mungkin bosan dengan menu dengan kandungan santan.

Komposisi sayur sop dan ikan jadi kombinasi ideal dan menyehatkan bagi tubuh. Supaya makin menggugah selera, kamu bisa menambahkan bahan-bahan lain ke dalam sop, seperti telur puyuh, macaroni, hingga sosis.

 

5. Tekwan

Credit Image - selerasa.com

Catatan buat para penderita darah tinggi, sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan bersantan dan berbahan daging saat Lebaran nanti, ya. Tips biar kamu tetap bisa makan sehat saat Lebaran yaitu membuat menu makanan sehat tanpa santan, salah satunya tekwan.

Tekwan sendiri bentuknya mirip dengan bakso, tapi bahan utamanya adalah ikan. Jadi, menu makanan ini akan aman dikonsumsi bagi penderita hipertensi. Menu yang satu ini juga tak kalah nikmat dengan hidangan lainnya, kok!

Mengonsumsi menu Lebaran yang sehat memang penting untuk mempertahankan kesehatan tubuhmu, lho. Biar kesehatan saat Idul Fitri makin maksimal, jangan lupa tetap konsumsi asupan vitamin dan mineral – yang bisa diperoleh dari suplemen multivitamin.

Direkomendasikan minum multivitamin Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Untukmu yang memiliki masalah lambung sensitif – direkomendasikan minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus mengoptimalkan imunitas.

Selain dapat menjaga kekebalan, kandungan vitamin B kompleks di dalam multivitamin dari Enervon juga dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga energi dapat terbentuk dari makanan yang kamu konsumsi. Manfaat ini penting menjaga tubuh agar tidak gampang lemas.

 

Jadi, itulah deretan alternatif menu Lebaran sehat yang tidak mengandung santan. Mengonsumsi makanan dengan santan di hari raya boleh saja, kok, tapi ingat jangan berlebihan – dan imbangi dengan asupan sehat lainnya, ya!

 

 

Featured Image – klikdokter.com