Memasuki hari Lebaran, ini merupakan momen yang tepat bagi para pengusaha untuk mempromosikan bisnis yang dimiliki, lho. Pasalnya, seperti bulan puasa, perilaku konsumen akan mengalami perubahan yang cukup drastis ketika hari raya Idul Fitri.

Selain itu, antusiasme orang-orang untuk berbelanja pun cenderung lebih meningkat, baik secara online maupun offline. Untuk itu, bagi kamu yang punya bisnis, penting sekali mengetahui cara terbaik bersaing dengan para kompetitor.

Berikut ini 5 tips mempromosikan bisnis di hari raya, yuk simak informasinya!

 

 

1. Pelajari Kebiasaan Pelanggan

Credit Image - thejakartapost.com

Salah satu cara terbaik untuk promosi bisnis di masa Lebaran adalah mempelajari kebiasaan pelanggan. Pada momen Lebaran, umumnya kebiasaan konsumen akan berubah karena adanya beragam kegiatan spesial.

Sebagai seorang pengusaha, kamu perlu memahami perubahan agar bisa menyesuaikan strategi marketing dan sales, lho. Selain itu, ketika Lebaran pun, masyarakat juga menjadi lebih konsumtif karena baru menerima THR dan memiliki banyak keperluan. Perilaku-perilaku ini bisa dipelajari supaya badan usaha mampu membuat strategi promosi yang tepat.

 

2. Berikan Kesempatan untuk Donasi

Memberikan pelanggan ruang donasi merupakan cara yang baik untuk promosi bisnis di momen Lebaran. Mengapa demikian? Sebab, menurut laman Cashlez, masyarakat akan berlomba-lomba untuk memberikan donasi selama Lebaran.

Nah, hal ini tentunya bisa tingkatkan popularitas bisnis beserta brand image. Tak hanya itu, inisiatif ini juga bisa menjadi cara bagi perusahaan untuk memenuhi corporate social responsibility mereka​. Atau, kamu bisa bekerja sama dengan organisasi sosial dan tawarkan pelanggan untuk berdonasi setelah melakukan pembelian. 

 

3. Sediakan Hadiah Khusus

Credit Image - 1800accountant.com

Cara selanjutnya untuk promosi bisnis di masa Lebaran adalah menyediakan hadiah khusus. Pada dasarnya, hadiah merupakan suatu hal yang menggiurkan bagi pelanggan. Nah, di masa Lebaran, aspek satu ini menjadi incaran pelanggan ketika sedang berbelanja.

Pasalnya, mereka tak sekadar mencari kesenangan. Namun, hadiah yang dijanjikan juga diperlukan karena meningkatnya kebutuhan selama Lebaran. Sebagai contoh, kamu bisa tawarkan ​buy ​1 ​get ​1 atau ​giveaway​ setiap pelanggan belanja dalam jumlah tertentu.

 

4. Membuat Konten yang Relevan

Menyebarkan konten yang relevan merupakan cara promosi bisnis di masa Lebaran yang sering terlupakan. Kebanyakan orang berfokus pada bisnis dan sales, lalu melupakan pentingnya marketing.

Menurut Facebook, menyebarkan konten yang relevan akan membuat jangkauan bisnis menjadi lebih luas di momen Lebaran. Selain itu, strategi ini juga ternyata efektif untuk tingkatkan penjualan produk serta jasa badan usaha.

Misalnya, buatlah jenis konten yang paling relevan di momen Lebaran hadir dalam bentuk video. Pasalnya, konsumen lebih sering mengonsumsi konten video dan menghabiskan waktu rehatnya di media sosial.

 

5. Berikan Promo Khusus

Credit Image - midtrans.com

Meskipun sering dianggap sepele, memberikan potongan harga dapat menjadi cara yang ampuh untuk promosi bisnis selama Lebaran. Tak hanya potongan harga, promo khusus juga ampuh untuk tingkatkan popularitas bisnis selama Idul Fitri.

Hal ini berlaku karena pelanggan akan selalu mencari harga produk yang murah di masa Lebaran. Kebutuhan yang meningkat mendorong mereka untuk mencari promo atau potongan harga supaya bisa hemat. Ada pun contoh promo yang bisa kamu berikan adalah gratis ongkos kirim, diskon, hingga kupon belanja.

 

6. Tetap Menjaga Stamina Tubuh

Menjalani usaha di hari Lebaran tentu tidak dapat maksimal jika kamu tak menjaga energi tubuh, lho. Ini juga berperan penting dalam mempertahankan produktivitas. Jika energi dan produktivitas sudah baik, maka bisnis pun lebih mudah dijalani, kan?

Nah, dalam hal ini, kamu direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active – multivitamin tepat untuk menemani berbagai rutinitas harian, dan pastinya nyaman di lambung. Kamu bisa meminumnya di waktu sahur dan berbuka puasa.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan pastinya produktivitas tidak akan terganggu, ya.

 

Gimana, nih? Sekarang kamu sudah tahu ya beragam tips sederhana namun efektif untuk mempromosikan bisnis di hari Lebaran. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – blog.carousell.ph