Kamu sering gagal merealisasikan keinginan untuk berlibur? Atau sering membuat wacana bareng teman untuk berlibur tapi tidak pernah jadi kenyataan? Padahal, mewujudkan liburan impian sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan, lho!

Nah, supaya rencana jalan- jalan kamu tidak lagi sekedar wacana, berikut ini ada tips yang bisa kamu coba. Jangan sampai gagal berlibur lagi ya!

1. Tentukan destinasi wisata impian dan waktu keberangkatan

Credit: blog.airyrooms.com

Yang pertama, kamu harus tentukan destinasi mana yang jadi prioritas liburan kamu. Dari banyaknya tempat wisata yang ingin kamu kunjungi, pilih satu lokasi yang paling kamu datangi. Fokus hanya pada satu destinasi tersebut dan jangan tergoda dengan tempat lainnya.

Setelah itu, bikin target kapan kamu akan berangkat berlibur. Dan pastikan tanggal tersebut adalah waktu yang benar- benar cocok.

2. Cari teman perjalanan

Credit: pensandpatron.com

Kalau kamu tidak ingin pergi sendiri, coba cari teman perjalananmu. Ajak sahabat atau pasangan untuk ikut dalam trip kamu. Lalu, diskusikan tentang tujuan wisata dan tanggal keberangkatan. Namun, jika kamu ingin solo travelling, justru kamu akan bisa lebih bebas menentukan rencana liburan kamu.

3. Beli tiket round trip ke tujuan wisata

Credit: cnnindonesia.com

Hal penting berikutnya agar liburan kamu bisa terwujud adalah beranikan diri untuk beli tiket round trip ke destinasi tujuanmu. Jika memungkinkan, kamu bisa berburu tiket promo untuk menekan budget. Tiket ini penting kamu pegang di awal, karena akan ‘memaksa’ kamu untuk benar- benar mewujudkan rencana liburanmu.

4. Menabung sambil bikin itinerary

Credit: tripzilla.ph

Saat tiket round trip sudah dibeli, sekarang saatnya untuk fokus menabung demi bekal liburan kamu. Perkirakan berapa uang yang harus kamu sisihkan setiap bulannya agar tabunganmu cukup untuk membiayai kebutuhan saat berlibur nanti.

Di waktu ini, kamu juga harus nyicil membuat itinerary. Pilihlah objek wisata yang harus dikunjungi saat kamu liburan nanti.

5. Pesan akomodasi

Credit: nomadsworld.com

Akomodasi penginapan jangan sampai terlewatkan! Agar hemat budget, kamu bisa pilih menginap di homestay atau hostel. Tidak perlu dengan fasilitas mewah, yang penting bersih, aman, dan dekat dengan stasiun, terminal, atau halte. Agar kamu lebih mudah mencari transportasi umum untuk pergi ke objek wisata tujuanmu.

6. Saatnya liburan!

Credit: travel.detik.com

Setelah hal- hal tersebut sudah kamu lakukan, sekarang saatnya menunggu hari keberangkatan. Siapkan barang- barang pribadimu, termasuk obat- obatan pribadi, uang tunai, kartu identitas, dan benda penting lainnya. Dan usahakan tidak membawa banyak barang bawaan, supaya kamu lebih leluasa saat liburan!

 

Featured Image - eLearn.id