Kebanyakan perusahaan pasti membutuhkan karyawan yang berpengalaman. Meskipun kebutuhan tenaga fresh graduate sudah semakin banyak, bukan berarti pekerja berpengalaman akan kehilangan  kesempatan. Karena, memiliki pengalaman kerja juga memberikan nilai tambah bagi seseorang.

Jadi, jangan pernah abaikan manfaat pengalaman kerja bagi perkembangan karier kamu. Ulasan berikut ini pasti akan membuatmu semakin memahami pentingnya pengalaman kerja!

1. Mengembangkan keterampilan

Credit: earth.com

Apapun bidang pekerjaan yang kamu jalani, pengalaman kerja akan menjadi sarana pengembangan keterampilan yang efektif. Bergelut di suatu bidang dalam waktu lama akan membuatmu semakin expert dalam bidang tersebut.

Dan jika kamu berhasil memadukannya dengan berbagai ilmu pengetahuan, kamu pasti akan jadi pekerja berkualitas yang dicari banyak perusahaan.

2. Menunjukkan proses ketika mempelajari hal baru

Credit: collegecovered.com

Tidak sedikit orang yang bekerja di luar bidang akademisnya. Hal ini tidak selalu buruk, karena justru membuatmu mendapat manfaat pengalaman kerja secara maksimal. Selama bekerja di bidang lain, kamu akan mendapat banyak ilmu- ilmu baru. Sehingga, kemampuanmu akan semakin bertambah baik.

3. Kesempatan untuk mempelajari karakter orang lain

Credit: .careercontessa.com

Orang yang baru mulai bekerja pasti sedikit kesulitan memahami karakter orang- orang disekitar lingkungan kerjanya. Seiring berjalannya waktu, hal ini dapat diatasi. Karena, kamu mulai belajar mengenali karakter orang- orang di sekitar kamu.

Manfaat pengalaman kerja yang satu ini akan membuatmu semakin bijak dan luwes dalam menghadapi setiap orang dengan karakternya masing- masing.

4. Menjalin banyak relasi

Credit: content.wisestep.com

Manfaat pengalaman kerja juga penting untuk lingkungan pergaulan kamu. Semakin banyak pengalaman kerja, maka semakin besar kesempatanmu untuk bertemu banyak orang. Bahkan, kamu bisa berkesempatan mendapat peluang kerja dari jalinan relasi tersebut. Pekerjaan akan terasa lebih mudah bila kamu memiliki banyak relasi di bidang pekerjaan yang sama.

5. Bekal penting untuk keputusan karier di masa depan

Credit: triedandtruemomjobs.com

Jika kamu sudah bercita- cita untuk tidak bekerja lagi di masa depan. Maka manfaat pengalaman kerja yang sudah kamu miliki akan jadi ilmu berharga.

Kamu bisa membuat bisnis atau memutuskan untuk bekerja dari rumah dengan bekal pengalaman kerja yang cukup. Karena kamu sudah mengetahui cara menangani pekerjaan dengan tepat dan bisa memprediksi hambatan yang mungkin terjadi.

Mulai sekarang, kamu harus bekerja dengan maksimal demi mendapatkan manfaat dari pengalaman kerja. Menjadi pekerja berkualitas yang punya banyak pengalaman akan menjadi nilai tambah bagi diri kamu sendiri.

 

Featured Image - Reader's Digest