Siapa di sini yang masih suka minum hanya ketika merasa haus saja? Eits, kebiasaan ini mesti dihilangkan, ya. Karena, minum air harus dilakukan secara rutin, yang penting tidak berlebihan. Dan, kamu juga mesti minum sesaat setelah bangun tidur, karena hal tersebut punya banyak manfaat.

Hampir 70 persen dari tubuhmu terdiri dari air – dan air pun dibutuhkan agar tubuh bisa berfungsi secara normal. Air putih merupakan minuman terbaik untuk mengusir dahaga, bahkan meminumnya di saat perut kosong bisa membantu mengatasi beberapa masalah kesehatan.

Berikut ini 5 manfaat minum air ketika perut sedang kosong.

 

 

1. Mempercepat Metabolisme

Credit Image - burleighchiro.com

Minum air putih saat perut kosong, misalnya setelah bangun tidur pada pagi hari, dapat meningkatan tingkat metabolisme setidaknya 24 persen, menurut sebuah penelitian berjudul "Water-induced thermogenesis" dalam The Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism.

Meningkatnya metabolisme ini dapat membantu pencernaan makanan menjadi lebih cepat. Bahkan, manfaat yang satu ini juga dapat membantu menurunkan berat badan dalam jangka panjang, lho.

 

2. Menjaga Kekebalan

Air sangat penting untuk kesehatan dan kebugaran tubuh secara keseluruhan. Selain itu, air juga penting untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Membiasakan diri untuk minum air putih secara teratur saat perut kosong dikatakan terbukti bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh, yang pada akhirnya dapat membantu tubuh melawan infeksi.

Nah, sistem imunitas pun punya kaitan erat dengan sistem pencernaan. Dengan minum air putih di saat perut kosong, kebiasaan ini juga sehat untuk saluran cerna. Dilansir Style Craze, minum air putih saat perut kosong dapat membantu mengatur saluran pencernaan.

Nantinya, kamu akan merasakan dorongan untuk buang air besar. Mempraktikkan ini setiap hari dapat membantu buang air besar teratur serta membuang limbah dari tubuh secara teratur pula.

 

3. Membersihkan Tubuh dari Racun

Credit Image - tribunnews.com

Dilansir Lifehack, saat minum air, itu secara alami mendorong gerakan di usus. Pada malam hari, tubuh memperbaiki dirinya sendiri dan membuang semua racun dalam tubuh.

Nah, saat kamu minum air ketika perut masih kosong pada pagi hari setelah bangun, kamu akan membuang racun yang berpotensi bahaya ini. Meningkatkan asupan air putih bisa membantu meningkatkan produksi sel otot dan sel darah baru.

Selain itu, ketika minum air putih setelah bangun tidur pada pagi hari, racun dalam tubuh akan dikeluarkan dan ini bisa meningkatkan sistem pencernaan. Alhasil, rasa lapar dan mengidam jadi berkurang. Ini tentunya berkontribusi mencegah berat badan naik akibat makan berlebihan.

 

4. Meredakan Heartburn

Gangguan pencernaan disebabkan oleh peningkatan keasaman di perut. Heartburn atau nyeri ulu hati terjadi ketika asam refluks naik ke kerongkongan.

Nah, minum air putih saat perut kosong bisa mendorong asam lambung ke bawah untuk diencerkan, sehingga dapat mengatasi masalah tersebut. Selain itu, minum air putih juga merupakan awal yang baik untuk perut sebelum sarapan.

 

5. Mencegah Batu Ginjal

Credit Image - ciputrahospital.com

Dilansir Lifehack, segera minum air putih setelah bangun tidur juga penting untuk mencegah batu ginjal dan infeksi kandung kemih. Kebiasaan ini bisa mengencerkan asam yang bisa menyebabkan batu ginjal.

Selain itu, menjaga asupan cairan yang memadai juga bisa membuatmu terlindungi dari berbagai infeksi kandung kemih yang disebabkan oleh toksin.

Tidak hanya dengan minum air putih yang cukup – agar kesehatan tubuh tetap terjaga, kamu disarankan untuk menerapkan kebiasaan sehat lainnya, seperti memiliki pola makan bergizi seimbangrutin berolahraga, hingga istirahat yang cukup.

Kemudian, yang tidak boleh dilupakan, kamu juga disarankan rutin mengonsumsi multivitamin yang mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks, seperti multivitamin dari Enervon.

Kamu dapat mengonsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Dan tentunya, kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C – dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir mudah lemas ketika beraktivitas ya!

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, maupun Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg, lho. Keduanya sama baiknya untuk kesehatan tubuh.

Bagimu yang punya masalah lambung sensitif, direkomendasikan minum Enervon Active – yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan imunitas tubuh.

Selain menjaga daya tahan, kandungan vitamin B kompleks di dalam multivitamin Enervon juga dapat memaksimalkan metabolisme makanan, sehingga tubuh dapat memperoleh energi yang lebih tahan lama.

Nah, untuk memperoleh produk Enervon yang tepat, kamu bisa segera kunjungi official store-nya di Tokopedia, ya!

 

Itulah deretan manfaat minum air putih ketika perut sedang kosong, misalnya di pagi hari sesaat setelah bangun tidur. Yuk, coba terapkan kebiasaan baik yang satu ini!

 

 

Featured Image – jovee.id

Source – idntimes.com