Mineral merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Dari sekian banyaknya jenis mineral, zinc harus kamu penuhi asupannya setiap hari, lho. Zinc memiliki banyak manfaat bagi tubuh, terutama dalam mendukung pertumbuhan dan fungsi sistem imunitas tubuh.

Kekurangan zinc dapat menyebabkan gangguan kesehatan, bahkan sampai meningkatkan risiko sejumlah penaykit. Untuk memenuhi asupannya kamu bisa mengonsumsi sumber makanan yang kaya akan zinc.

Berikut ini 5 manfaat zinc yang perlu diketahui.

 

 

1. Menguatkan Daya Tahan Tubuh

Credit Image - kompas.com

European Journal of Immunology menyebutkan bahwa tubuh manusia membutuhkan zinc untuk mengaktifkan sel T, yang merupakan kelompok sel darah putih dan memiliki peran penting pada imunitas tubuh.

Sel T dapat membantu tubuh dengan mengendalikan dan mengatur respon imun dan menyerang sel yang terinfeksi dan kanker. Selain itu, sel T akan melakukan regenerasi untuk meningkatkan kekebalan, setiap kali terpapar oleh zat asing atau patogen berbahaya.

Berdasarkan penelitian yang tertulis dalam American Journal of Clinical Nutrition, seseorang yang kekurangan zinc berisiko lebih rentan terhadap patogen.

Ingat, kekurangan zinc pada tingkat ringan saja sudah dapat memengaruhi sel kekebalan tubuh, seperti makrofag dan neutrofil. Menurut sejumlah penelitian, pemberian suplemen yang memiliki kandungan zinc dapat mengatasi hal tersebut sekaligus mengurangi durasi penyakit umum, seperti pilek.

 

2. Mempercepat Penyembuhan Luka

Asupan zinc memiliki manfaat tersendiri bagi pasien luka bakar, luka terbuka, maupun cedera kulit sejenisnya. Pasalnya, mineral ini mendukung pembentukan kolagen, fungsi imun, dan reaksi peradangan yang dibutuhkan dalam proses penyembuhan luka.

Zinc juga membantu menjaga kekuatan kulit dan membran mukosa, yaitu jaringan yang melapisi berbagai rongga tubuh dan organ internal. Jika seseorang memiliki kadar zinc yang rendah dalam darahnya, proses penyembuhan lukanya cenderung lebih lama.

 

3. Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

Credit Image - alodokter.com

Para ahli meyakini bahwa radikal bebas dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit kronis seperti antioksidan yang mungkin dapat mengurangi risiko penyakit-penyakit tersebut.

Asupan zinc juga membantu mengurangi peradangan yang menjadi penyebab sindrom metabolik, kanker, hingga penurunan fungsi otak. Meski demikian, asupan zinc tentunya tetap perlu dibarengi dengan pola makan dan gaya hidup yang sehat.

 

4. Meminimalisir Risiko Kerusakan Mata

Zinc juga memberikan manfaat bagi kesehatan mata. Mineral ini membantu mencegah kerusakan sel retina dan mungkin dapat membantu orang yang mengalami degenerasi makula. Penyakit mata ini biasanya mulai terjadi saat seseorang berusia 50-an.

Asupan zinc memang tidak mencegah degenerasi makula, tapi mineral ini membantu memperlambat proses dan komplikasinya. Bahkan, bukan tidak mungkin zinc menjadi salah satu opsi pengobatan untuk penyakit ini di masa yang akan datang.

 

5. Mengatasi Masalah Kulit

Credit Image - klikdokter.com

Banyak orang yang bermasalah dengan jerawat juga memiliki kadar zinc yang rendah. Hal ini dapat diatasi dengan penggunaan suplemen dan krim oles mengandung zinc. Keduanya bekerja dengan meredakan peradangan dan menghambat produksi minyak.

Selain itu, asupan zinc juga berpotensi mengatasi beberapa masalah kulit lain yang menimbulkan peradangan. Bukti ilmiah menunjukkan manfaat zinc dalam mengatasi dermatitis atopik (eksim), ruam popok, dan hidradenitis suppurativa.

 

6. Cara Memenuhi Kebutuhan Zinc Harian

Zinc merupakan makronutien penting yang dapat mendukung imunitas tubuh. Untuk mendapatkan asupan yang satu ini juga tidaklah sulit. Zinc terkandung dalam berbagai sumber makanan yang mudah ditemui, seperti:

  • Daging sapi tanpa lemak
  • Kerang
  • Tiram
  • Kepiting
  • Udang
  • Telur
  • Kentang
  • Susu dan produk olahannya
  • Sayuran berwarna hijau, seperti kangkung
  • Biji-bijian utuh

Namun, untuk kamu yang sibuk dan lebih menyukai hal yang praktis bisa memenuhi kebutuhan zinc harian dengan mengonsumsi multivitamin seperti Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 gram, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Berbagai vitamin tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, serta mengoptimalkan proses metabolisme untuk mengubah makanan menjadi energi yang lebih tahan lama, sehingga kamu tak mudah lelah saat beraktivitas.

Dan, kandungan non-acidic vitamin C di dalam Enervon Active juga aman dikonsumsi bagi kamu yang memiliki masalah perut senstif.

Untuk mendapatkan produk Enervon, kamu bisa segera kunjungi e-commerce di Tokopedia.

 

Jadi, itulah kelima manfaat baik zinc untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk menguatkan kekebalan. Sudahkah kamu memperoleh asupan mineral yang satu ini setiap harinya?

 

 

Featured Image – kilat.com

Source – hellosehat.com