Moms dan dads apakah kamu pernah mendengar sensory play? Ya, kegiatan yang satu ini bisa memberikan manfaat positif terhadap tumbuh kembang Si Kecil, lho. Sensory play dapat mendorong anak menggunakan satu – atau lebih inderanya, hingga meningkatkan kreativitas dan kecerdasan anak.

Sensory play adalah suatu bentuk permainan yang mendorong anak menggunakan satu atau lebih inderanya. Bentuk permainan ini pun bisa berupa mengejar cahaya, main tebak suara, bermain pasir dan air, berlompat-lompat mengikuti garis, atau permainan lainnya.

Nah, tidak hanya soal kreativitas dan kecerdasan saja, namun sensory play dapat memberikan manfaat baik lainnya untuk tumbuh kembang Si Kecil, lho.

Berikut ulasannya.

 

 

Membantu Perkembangan Kognitif

Credit Image - artfulparent.com

Sensory play dapat membantu melatih konsentrasi serta kemampuan berpikir anak yang berguna sebagai bekal untuk persiapan masuk sekolah. Secara tidak langsung, permainan sensori juga melatih anak untuk menganalisa tentang suatu proses yang mereka jalani.

Misalnya, ketika berlatih memindahkan air dari teko ke dalam botol. Pada prosesnya, anak berpikir dan menganalisa bagaimana caranya agar air tidak tumpah saat dipindahkan. Aktivitas ini melatih anak untuk mengasah kemampuan berpikirnya menjadi lebih kritis dan analitis.

 

Stimulasi Motorik Halus dan Kasar

Sebagian besar sensory play ini menekankan pada stimulus motorik halus dan motorik kasar anak. Ada beragam permainan yang bisa moms dan dads pilih sesuai usia anak. Misalnya, memindahkan serta mengelompokkan bola plastik atau pom pom menggunakan pinset atau sendok ke dalam wadah yang berbeda sesuai warna yang sudah ditentukan.

Nah, ada berbagai stimulus yang terjadi pada aktivitas tersebut. Pertama, merangsang motorik halus saat tangan anak menggenggam media untuk memindahkan bola agar tidak jatuh. Kedua, mengembangkan koordinasi mata dan tangan yang sangat penting untuk melakukan aktivitas dengan tingkat yang lebih sulit, seperti menulis atau mengikat sepatu.

Dan ketiga, stimulus kecerdasan otak ketika anak berpikir bagaimana caranya memindahkan bola tersebut ke dalam wadah dengan warna bola yang tepat.

Lain halnya ketika moms dan dads memberi tantangan kepada Si Kecil untuk melewati rintangan demi mendapatkan mainan atau makanan kesukaannya yang sudah diletakkan diujung rintangan. Aktivitas ini berguna melatih motorik kasar dan gerak tubuh anak.

 

Perkembangan Bahasa

Credit Image - liputan6.com

Sensory play juga dapat membantu perkembangan bahasa Si Kecil, lho. Perlu diketahui, ada kata-kata tertentu yang sulit dijelaskan kepada anak, misalnya lunak, keras, empuk, mengembang, tumpah dan masih banyak lagi.

Kata-kata tersebut maknanya akan lebih mudah dipahami ketika anak mengalaminya langsung. Nah, melalui sensory play, anak dapat mengenal kata-kata baru sekaligus memahami maknanya. Misalnya, anak belajar kata “lengket” atau “kenyal” saat ia bermain slime atau pasir kinetik.

 

Melatih Kreativitas dan Imajinasi

Salah satu jenis sensory play, yakni open-ended play, dimana anak bebas bereksplorasi pada bahan-bahan yang sudah disiapkan. Permainan ini efektif melatih kreativitas dan imajinasi anak. Coba moms dan dads siapkan beberapa peralatan seni seperti kertas warna, lem, cat air atau krayon, gunting dan beberapa stik es krim.

Kemudian beri tantangan anak untuk menciptakan suatu kreasi dari bahan-bahan tersebut – biarkan ia menggunakan imajinasinya, ya. Nanti, moms dan dads pun akan terkejut melihat imajinasi anak saat menjelaskan hasil karyanya.

 

Meningkatkan Bonding Orangtua dan Anak

Credit Image - amazon.ae

Manfaat yang paling dirasakan dari sensory play adalah memperkuat bonding antara orangtua dan anak. Guna mendapatkan hasil yang optimal dari permainan ini, maka moms dan dads perlu mendampingi anak saat beraktivitas.

Peran orangtua tidak hanya sebatas mengarahkan saja, tetapi juga sebagai penyemangat dan bahkan ikut langsung melakukan aktivitas bersama anak. Dengan begitu, konsep belajar akan terasa lebih menyenangkan serta hasil yang didapat oleh anakpun lebih optimal.

Ketika melakukan kegiatan sensory play, Si Kecil tentu membutuhkan tenaga yang bisa diperoleh dari asupan makanan sehari-hari. Pastikan kamu sudah memberinya jenis makanan bergizi seimbang – dan maksimalkan dengan memberinya suplemen multivitamin, seperti Enervon-C Plus Sirup.

Multivitamin andalanmu ini mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D yang dapat membantu menjaga imun tubuh anak, membantu memenuhi kebutuhan nutrisinya, serta memelihara kesehatan anak selama masa pertumbuhan.

Untuk memperoleh produk Enervon yang asli, kamu bisa segera mengunjungi kunjungi official store-nya di Tokopedia, ya!

 

Apakah moms dan dads tertarik mengajak anak melakukan sensory play? Kegiatan yang satu ini punya banyak manfaat buat tumbuh kembang Si Kecil, lho. Yuk, coba diterapkan permainan ini, ya!

 

 

Featured Image – funathomewithkids.com