Moms dan dads, memiliki anak yang termasuk picky eater memang menjadi tantangan tersendiri, ya. Pasalnya, biasanya Si Kecil hanya mau mengonsumsi makanan tertentu saja – dan cukup sering menolak makanan lainnya.

Jangan dibiarkan begitu saja, lho. Anak yang gizi cukup, maka proses pertumbuhannya bisa terganggu.

Jika anak termasuk picky eater, berikut tanda kekurangan gizi yang mesti moms dan dads pantau. Simak selengkapnya di bawah ini!

 

 

Pertumbuhannya Terhenti

Credit Image - pantirapih.or.id

Kekurangan gizi umumnya tidak disebabkan anak yang terlalu memilih makanan. Tapi, kekurangan gizi bisa terjadi akibat kondisi tertentu seperti penyakit celiac yang menyebabkan masalah tubuh dalam mencerna dan menyerap nutrisi.

National Health Service Inggris menuliskan salah satu kondisi yang seharusnya menjadi tanda peringatan bagi orang tua adalah jika anak berhenti tumbuh – dan selama ini ia termasuk picky eater, maka kemungkinan besar dokter anak akan melakukan tes yang diperlukan, moms dan dads. Ketika ke dokter, jangan lupa kasih tahu gimana kebiasaan makan anak, ya.
 

Adanya Perubahan Perilaku

Menurut sebuah artikel di Nurtition and Behavior, studi secara konsisten menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara malnutrisi dan masalah perilaku, lho. Alasannya, nutrisi tidak hanya penting bagi tubuh tapi juga berdampak pada perkembangan kognitif anak.

Si Kecil mungkin tidak menyadari bahwa dirinya mengalami perubahan perilaku, moms dan dads. Untuk itu, jika kamu melihat perilakunya sedikit berbeda, tidak ada salahnya untuk melakukan konsultasi. Nah, perubahan perilaku paling mungkin berasal dari gizi buruk. Perubahan perilaku ini termasuk lamban, rewel, mudah tersinggung bahkan cemas.

 

Tidak Berenergi

Credit Image - alodokter.com

Hal terburuk yang bisa terjadi ketika anakmu termasuk picky eater adalah tak terpenuhinya kebutuhan makronutrien. Kekurangan nutrisi makronutrien penting bisa menyebabkan anak kurang berenergi di sekolah atau saat beraktivitas. Meskipun memang pilih-pilih makanan bukan penyebab mutlak anak tidak berenergi.

Menurut Parenting, anak-anak membutuhkan cukup protein, karbohidrat sehat, lemak, kalsium, zat besi, folat, serat, dan vitamin A dan C untuk mendapatkan energi saat beraktivitas. Jadi, penting sekali buat orangtua terus menawarkan pilihan makanan yang sehat buat anak dan hindari menghukum atau memarahi anak ya, moms dan dads.

 

Kehilangan Selera Makan

Bayi dan balita butuh asupan zat besi yang cukup tinggi. Kalau kekurangan zat besi dan anemia, anak bisa mengalami pertumbuhan terhambat. Menurut Better Health salah satu tanda si kecil kurang mengonsumsi zat besi adalah kehilangan nafsu makannya bahkan mengalami pica yakni puna keinginan makan hal-hal yang tidak dapat dimakan seperti pasir dan kotoran.

Moms dan dads dapat berikan makanan yang kaya akan kandungan zat besi, misalnya, sereal adalah pilihan yang tepat, begitu pula daging merah, kacang-kacangan, buah kering, dan biji-bijian. Lalu, agar Si Kecil yang termasuk picky eater mau makan hidangan sehat, cobalah sajikan beberapa pilihan makanan sehat, ya.

 

Kelebihan Berat Badan

Credit Image - klikdokter.com

Memang, biasanya picky eater cenderung tidak menyebabkan kekurangan nutrisi, bisa terjadi masalah lain yakni kelebihan berat badan. Terutama kalau yang anak mau makan hanya beberapa jenis makanan yang nyatanya mengandung kalori tinggi.

Kelebihan berat badan pada anak yang picky eater kemungkinan karena diet mereka tidak seimbang dan terlalu banyak asupan makanan bergula dan tepung. Ada baiknya moms dan dads, coba bekerja sama dengan dokter anak dan ahli gizi terdaftar untuk mengatasi masalah berat badan pada si kecil.

Untuk mengatasi masalah picky eater agar tidak kekurangan nutrisi, ada baiknya moms dan dads berikan asupan suplemen multivitamin agar kebutuhan vitamin tetap terpenuhi.

Moms dan dads, dapat memberi anak Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D – yang dapat memaksimalkan proses tumbuh kembang Si Kecil, bantu memenuhi kebutuhan nutrisi, hingga menjaga daya tahan tubuhnya agar tidak mudah sakit.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya!

 

Wah, bagaimana, moms dan dads? Apakah Si Kecil termasuk picky eater? Kamu wajib waspadai sejumlah gejala kekurangan gizi di atas agar tumbuh kembang anak tidak terganggu.

 

 

Featured Image – hypeabis.id