Semua orang pasti tahu bahwa sistem kekebalan yang kuat dapat membantu tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit. Namun, untuk memiliki imunitas prima, kamu tidak bisa mengandalkan satu hal saja, lho. Ada beragam faktor yang memengaruhi hal tersebut.

Misalnya, kamu tidak hanya bisa mengatur pola makan sehat saja – tapi tidak rutin berolahraga atau memiliki waktu tidur yang berantakan. Tubuh butuh sinergi dari beragam kebiasaan baik atau gaya hidup sehat agar kekebalan tidak gampang menurun.

Memang ada beberapa kebiasaan sederhana untuk menguatkan imunitas, begitu juga sebaliknya ada hal-hal yang justru bisa melemahkan kekebalan tubuhmu. Lantas, apa saja kebiasaan yang justru bisa menurunkan kekuatan daya tahan tubuh?

Berikut ulasannya.

 

 

Pola Makan Tidak Seimbang

Credit Image - food.detik.com

Diketahui, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa melemahkan imunitas, lho. Seperti, makanan tinggi gula, garam, dan tinggi lemak tidak sehat. Deretan kandungan tersebut bisa menghambat kemampuan sel imunitas ketika menghadapi infeksi virus, bakteri, atau patogen penyebab penyakit.

Efeknya pun bisa langsung terasa dalam waktu singkat setelah mengonsumsi makanan tidak sehat tersebut.

Untuk itu, demi menjaga kekebalan tubuh, pastikan kamu sudah menerapkan pola makan sehari-hari yang bergizi seimbang. Konsumsi karbohidrat dengan lauk protein minim lemak jahat – dan konsumsi juga buah dan sayur.

Dan, hindari pula jenis makanan dan minuman dengan kandungan gula tambahan, makanan cepat saji, makanan dalam kemasan, dan gorengan. Sejumlah jenis kudapan tersebut juga bisa melemahkan imunitas tubuhmu.

 

Kurang Tidur

Kebiasaan susah tidur atau kurang tidur di malam hari bisa membuat daya tahan tubuh menurun. Selain sistem imun jadi tidak optimal, kurang tidur juga dapat meningkatkan kadar hormon stres. Sehingga, tubuh jadi rentan terkena peradangan.

Nah, yang perlu kamu ketahui, kebutuhan tidur setiap orang berbeda. Namun, orang dewasa idealnya tidur tujuh jam setiap hari agar kesehatan tetap prima. Pastikan kamu sudah mencukupi waktu istirahat setiap malamnya, ya.

 

Tidak Rutin Olahraga

Credit Image - nationalgeographic.grid.id

Olahraga teratur terbukti efektif membantu sistem daya tahan tubuh saat melawan infeksi virus, bakteri, atau biang penyakit lainnya. Selain itu, olahraga secara teratur juga dapat membuat orang tidak gampang sakit, menjaga suasana hati tetap baik, dan membantu tidur lebih nyenyak.

Kombinasi manfaat tidur berkualitas tersebut penting untuk memperkuat sistem daya tahan tubuh. Perlu diketahui, orang yang malas bergerak dan tidak rutin berolahraga rentan mengalami kelebihan berat badan, terkena penyakit diabetes tipe 2, hipertensi, dan penyakit berbahaya lainnya.

 

Stres Berlebihan

Penyebab imunitas melemah lainnya, yaitu stres berlebihan. Saat ini, ada banyak sekali penyebab stres, mulai dari yang berkaitan dengan pekerjaan hingga urusan pribadi. Memang, stres merupakan perasaan yang sulit untuk dihindari, namun pastikan kamu tetap mengontrolnya agar kekebalan tidak melemah.

Saat dilanda stres, tubuh akan mengeluarkan hormon yang bisa menekan sistem kekebalan. Kamu bisa mengelola stres dengan berlatih meditasi, tetap terhubung dengan orang terdekat, dan berolahraga secara teratur.

 

Jarang Tertawa

Credit Image - solopos.com

Tahukah kamu bahwa jarang tertawa ternyata bisa menjadi salah satu penyebab menurunnya kekebalan tubuh? Ya, memang tertawa sangat baik untuk kesehatan mental dan fisik. Jadi, jika saat ini kamu sedang kehilangan selera humor, cobalah untuk segera mencari solusi untuk mengatasinya.

Perlu diketahui, tertawa bisa mengendalikan hormon stres di dalam tubuh. Sebuah studi menyebutkan bahwa seseorang yang rutin menonton video humor, maka hormon stresnya bisa menurun, lho. Meski sepele, namun tertawa punya dampak yang besar terhadap kesehatan tubuhmu.

 

Kekurangan Asupan Vitamin dan Mineral

Asupan nutrisi lengkap dapat membantu menjaga kesehatan, termasuk menguatkan kekebalan tubuhmu. Nutrisi tersebut termasuk vitamin dan mineral, mulai dari vitamin B kompleks, vitamin C, hingga mineral berupa zinc.

Jika kamu kekurangan asupan vitamin dan mineral, maka bukan tidak mungkin kekebalan tubuh bisa melemah seiring berjalannya waktu. Untuk memenuhinya, kamu bisa mendapat asupan nutrisi dari makanan sehat.

Selain itu, dianjurkan pula untuk mengonsumsi suplemen multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat  yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent – dengan kandungan vitamin C lebih tinggi yang bisa memberikan perlindungan ekstra, sekaligus memberi sensasi rasa segar sepanjang hari.

Bagimu yang punya masalah lambung sensitif, direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tak mudah lelah – dan pastinya menjaga imunitas tubuh tetap optimal.

Tak hanya membantu menjaga kekebalan saja, namun kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir tubuh mudah lelah.

Untuk memperoleh produk Enervon yang asli, kamu bisa segera mengunjungi kunjungi official store-nya di Tokopedia, ya!

 

Apakah kamu masih gemar melakukan sejumlah kebiasaan di atas? Yuk, segera diatasi karena kekebalan tubuh bisa melemah, lho.

 

 

Featured Image – klikdokter.com