Menjaga kekebalan tubuh penting dilakukan untuk menghindari risiko tertular berbagai macam penyakit, termasuk Covid-19 dan hepatitis akut misterius. Cara mempertahankan imunitas termasuk mendapatkan istirahat yang cukup – sekaligus menghindari efek begadang yang nyatanya berbahaya.

Efek begadang dapat memengaruhi kinerja kekebalan, sehingga lebih mudah terserang penyakit. Pada prinsipnya, penyakit menular adalah kemampuan daya tahan tubuh terhadap virus yang hinggap. Penurunan imunitas menyebabkan manusia rentan terhadap penularan serta menyebabkan sakit.

Memang, pola tidur juga memegang penting dalam menjaga sistem imunitas. Riset membuktikan bahwa efek begagang membuatmu lebih mudah terinfeksi berbagai macam virus, hingga memperlambat pemulihan ketika kamu sakit.

Berikut informasinya.

 

 

Efek Begadang Bisa Lemahkan Kekebalan, Mengapa Demikian?

Credit Image - health.detik.com

Melansir Mayo Clinic, tubuh melepaskan protein sitokin selama kamu tertidur. Protein tersebut sangat diperlukan ketika kamu sedang mengalami stres, infeksi, maupun peradangan. Kurang tidur bisa mengganggu produksi protein sitokin yang menyebabkan antibodi – dan sel untuk melawan infeksi turut berkurang.

Dengan kata lain, tidur yang cukup adalah kunci penting untuk melawan infeksi menular. Dan dalam jangka panjang, efek begadang juga dapat meningkatkan risiko penyakit berbahaya, seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.

 

Durasi Tidur yang Ideal

Credit Image - cnnindonesia.com

Menurut laman Sleep Foundation, orang dewasa sebaiknya tidur selama tujuh hingga delapan jam semalam demi menjaga kekebalan tubuh. Namun, banyak orang yang tidak bisa memenuhi durasi tidur yang ideal, karena tuntutan pekerjaan. Tetapi, kamu bisa menebus waktu istirahat yang hilang dengan tidur maksimal 20 menit sehari.

Tidur siang selama 30 menit juga terbukti dapat mengurangi stres dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kamu bisa melakukan tidur siang di sela-sela jam istirahat saat bekerja. Namun, tidur terlalu lama juga berisiko bagi kesehatan. Melansir SehatQ, tidur terlalu lama juga bisa menyebabkan berbagai risiko penyakit seperti diabetes, obesitas, sakit kepala, sakit punggung, depresi, hingga kematian. 

 

Cara Lain Mencegah Infeksi Penyakit

Credit Image - happyfresh.id

Dilansir dari Canadian Centre for Occupational Health and Safety, cara paling penting untuk mengurangi penyebaran infeksi adalah mencuci tangan secara teratur dengan sabun dan air mengalir. Selain itu, kamu juga perlu melakukan langkah-langkah lainnya, seperti:

  • Ketika sakit tetap berada di rumah agar tidak menulari orang lain.
  • Gunakan tisu atau lengan untuk menutupi mulut ketika bersin dan batuk. Selain itu, menjauh dari orang lain ketika bersin atau batuk.
  • Cuci tangan setelah batuk, bersin, atau menggunakan tisu.
  • Hindari menyentuh mata, hidung, atau mulut karena virus dapat berpindah dari tangan ke tubuh.
  • Hindari berbagai cangkir, gelas, piring, atau peralatan makan dengan orang lain.
  • Sediakan selalu alat dan bahan sebagai pelindung diri untuk mengurangi kemungkinan tertular oleh penyakit, seperti masker hidung dan cairan antiseptik.
  • Konsumsi makanan bergizi seimbang.

Selain itu, jaga pula kekebalan tubuhmu dengan mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral yang bisa diperoleh dari sumber makanan dan konsumsi multivitamin, seperti Enervon Active – yang punya kandungan lengkap, sekaligus bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat  yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C yang lebih tinggi, serta mampu memberikan perlidungan ekstra terhadap tubuh, sekaligus membuat tubuh terasa segar sepanjang hari!

Untuk kamu yang memiliki masalah lambung sensitif, direkomendasikan untuk minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, multivitamin Enervon-C dan Enervon Active juga dapat menjaga metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya. Dengan manfaat ini, tubuh pun bisa lebih produktif dalam menjalani rutinitas harian.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya!

 

Jadi, efek begadang memang bisa melemahkan kekebalan tubuh. Untuk itu, pastikan kamu menghindari kebiasaan yang satu ini.

 

 

Featured Image – yesdok.com