Saat akan melakukan perjalanan jauh dengan pesawat, sangat penting untuk menerapkan beberapa aturan agar kamu tidak mudah jet lag. Sebenarnya jet lag sendiri merupakan kondisi ketika kamu merasa lelah selama perjalanan jauh, dan kamu sering merasa pusing serta lemas ketika sedang merasakan jet lag.

Kamu tidak ingin kan perjalanan liburanmu jadi menyebalkan karena jet lag? Untuk itu, simak tips berikut ini agar kamu terhindar dari jet lag.

1. Duduk di tempat yang paling nyaman

Credit: thepennyhoarder.com

Memilih tempat duduk sebelum melakukan perjalanan jauh sangatlah penting. Hal ini akan membantumu jadi lebih rileks dan terhindar dari jet lag. Sebagian orang merasa nyaman ketika duduk di dekat jendela karena bisa bersandar dan melihat pemandangan, namun lebih sulit keluar ketika kamu ingin pergi ke kamar mandi. Intinya, pilih tempat duduk sesuai dengan rasa nyamanmu ya.

2. Banyak minum

Credit: aol.co.uk

Rasa lelah bisa saja timbul ketika kamu kurang minum atau dehidrasi. Ketika berada di pesawat, pastikan kamu selalu minum air putih yang banyak, namun jangan terlalu berlebihan. Dan ada baiknya kamu membawa botol minum sendiri agar tidak merepotkan pramugari untuk membawakan air minum terus menerus.

3. Tidur yang cukup sebelum berangkat

Credit: earth.com

Jet lag bisa terjadi ketika kamu kurang tidur sebelum melakukan perjalanan jauh. Oleh karena itu, pastikan kamu tidur yang cukup agar lebih siap dan segar saat melakukan perjalanan dengan pesawat. Kurang tidur menjelang travelling akan membuatmu jadi cepat lelah dan merasa pusing.

4. Atur jam sesuai dengan tujuan

Credit: wallpaperflare.com

Beberapa orang merasa kebingungan saat jam yang dipakai berubah karena berada di lokasi baru. Nah, sebaiknya atur jam kamu dengan waktu yang sesuai dengan tujuan, agar tidak merasa bingung saat sudah sampai destinasimu.

5. Dengarkan musik

Credit: metro.co.uk

Jika kamu tidak ingin cepat merasakan jet lag selama perjalanan jauh, maka ada baiknya dengarkan music yang bisa menenangkan otak, misalnya seperti music klasik. Dengan begitu, kamu bisa lebih rileks dan mudah tertidur selama perjalanan sehingga terhindar dari jet lag. Tidur merupakan istirahat terbaik untuk mencegah kelelahan selama berada di perjalanan.

 

Nah, itu dia 5 tips yang bisa kamu terapkan untuk menghindari jet lag. Mudah bukan untuk diterapkan?

 

Featured Image - mamamia.co.au