Hepatitis akut misterius tengah menjadi perhatian masyarakat dunia. Pasalnya penyakit yang satu ini sudah menjangkit banyak anak-anak di berbagai negara, termasuk Indonesia. Hepatitis akut misterius menyebabkan peradangan hati yang parah – dan bisa berisiko kematian.

Sebagian darimu mungkin ingin mengetahui apakah vaksin hepatitis yang sudah ada dapat mencegah dan mengurangi risiko keparahan dari infeksi hepatitis akut misterius. Untuk mengetahui jawabannya, berikut ulasan lengkapnya.

 

 

Kasus Hepatitis Akut Misterius

Credit Image - prodia.co.id

Baru-baru ini, terjadi kasus hepatitis akut di beberapa negara. Kondisi ini menyebabkan peradangan pada hati yang parah. Bahkan, sebagian kasus sampai memerlukan transplantasi hati. 

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes), ditemukan 18 kasus yang diduga hepatitis akut. Dari total 18 kasus, 9 di antaranya masuk status pending classification, 7 discarded, 1 dalam proses verikasi, dan 1 kasus probable.

Sebanyak 7 kasus discarded yaitu 1 orang positif hepatitis A, 1 orang positif hepatitis B, 1 orang positif tifoid, 2 orang demam berdarah dengue, dan 2 orang lainnya berusia di atas 16 tahun.

 

Penyebabnya Masih Belum Diketahui

Kasus hepatitis akut ini menurut data Badan Kesehatan Dunia (WHO) menginfeksi anak-anak berusia 1 bulan sampai 16 tahun. UK Health Security Agency (UKHSA) melaporkan bahwa kasus paling banyak menyerang anak-anak berusia di bawah 5 tahun.

WHO mencatat, virus yang sering menginfeksi hati seperti virus hepatitis A, B, C, D, dan E tidak terdeteksi pada kasus hepatitis akut yang sedang terjadi. Hingga saat ini, peneliti masih mencari tahu penyebab dari hepatitis akut tersebut.

 

Apakah Vaksin Hepatitis Bisa Kurangi Keparahan Hepatitis Akut Misterius?

Credit Image - samitivejhospitals.com

Vaksin hepatitis yang ada saat ini masih belum diketahui manfaatnya terhadap penyakit hepatitis akut yang tengah melanda. Ini karena penyebab hepatitis akut yang berbeda dengan hepatitis yang sudah pernah ada sebelumnya.

Dalam konferensi pers Kemenkes, dr.Mohammad Syahril, Sp.P, MPH, Direktur Utama RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso menjelaskan bahwa vaksinasi hepatitis saat ini ditujukan untuk hepatitis A dan hepatitis B. Sementara itu, untuk hepatitis saat ini masih belum tahu penyebabnya apa, sehingga masih perlu penelitian lebih lanjut untuk menemukan vaksin yang tepat.

Jadi, masih belum diketahui apakah vaksin hepatitis A dan vaksin hepatitis B mampu digunakan untuk kasus hepatitis saat ini.

 

Cara Pencegahan Hepatitis Akut Misterius

Dalam mencegah hepatitis akut misterius, selain menjaga kebersihan diri, pastikan kamu dan keluarga sudah menerapkan hidup sehat yang dapat membantu menjaga kekebalan tubuhnya. Jika imunitas sudah kuat, maka risiko terkena penyakit bisa diminimalisir.

Pastikan kamu dan anak sudah mendapat asupan makanan bergizi seimbang, istirahat yang cukup, dan mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral – misalnya, dengan memberi asupan multivitamin.

Untuk suplemen multivitamin, kamu direkomendasikan untuk meminum Enervon Active yang pastinya punya kandungan kombinasi vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Kandungan vitamin C di dalam Enervon-C dan Enervon Active dapat membantu menjaga kesehatan jantung, sekaligus mendukung fungsi organ tubuh lainnya, ya. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama.

Dan untuk anak-anak, orangtua direkomendasikan memberi Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D – yang dapat memaksimalkan proses tumbuh kembang Si Kecil, bantu memenuhi kebutuhan nutrisi, hingga menjaga daya tahan tubuhnya agar tidak mudah sakit.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya!

 

Meski belum diketahui manfaat vaksin hepatitis yang tersedia, yaitu A dan B pada kasus hepatitis akut misterius yang tengah melanda. Namun, kedua jenis vaksin tersebut tetap disarankan diberikan pada anak-anak. Hal tersebut karena kasus hepatitis akut masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

 

 

Featured Image – klikdokter.com

Source – idntimes.com